Penggunaan Sebagai Media Tanam Hidroponik
Penggunaan sebagai media tanam – Arang sering disebut sebagai bahan untuk membuat api. Tapi  arang batok kelapa memiliki banyak manfaat bagi tumbuhan? Mungkin banyak orang yang belum menyadari betapa banyak manfaat yang dimiliki arang jenis ini. Pada artikel ini kami akan menjelaskan berbagai manfaat arang tempurung kelapa untuk tanaman.Salah satu cara budidaya yang sangat penting dalam pemuliaan tanaman adalah pemupukan. Pemupukan melayani kebutuhan tanaman untuk pengembangan nutrisi yang benar. Jenis pupuk dibedakan menjadi pupuk anorganik (kimia) dan pupuk organik, dimana sebagian besar petani di Indonesia masih menggunakan pupuk kimia untuk pemupukan.Penggunaan pupuk kimia yang kaya unsur hara secara terus menerus menyebabkan beberapa kerugian, antara lain penipisan unsur hara tanah, polusi dan kerusakan kondisi alam. Pilihan pemupukan lain yang dapat meningkatkan nutrisi dan memperbaiki sifat fisik, biologi dan kimia tanah adalah penggunaan pupuk organik.Pemberian arang tempurung kelapa ke dalam tanah bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah karena arang memiliki kemampuan untuk memperbaiki sirkulasi air dan udara dalam tanah, menjaga kestabilan kelembaban dalam tanah, dan juga dapat meningkatkan pH sehingga mendorong pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Manfaat Arang Batok Kelapa untuk Tanaman

Manfaat Arang Batok Kelapa untuk TanamanSebelum dibuat arang kelapa harus di pisahkan dari batoknya menggunakan mesin pengupas batok kelapa. Di bawah ini kami jelaskan beberapa manfaat arang tempurung kelapa untuk tanaman di rumah. Manfaat ini meliputi:

1. Membantu Meningkatkan pH pada Tanah

Arang tempurung kelapa ternyata memiliki manfaat untuk menaikkan pH tanah. Bagi yang belum tahu, pH tanah adalah keasaman tanah. Tanah dengan pH di bawah 7 secara alami bersifat asam.Sebaliknya, tanah dengan pH di atas 7 bersifat basa. PH ideal untuk penanaman adalah 7 atau netral. Arang dapat digunakan untuk menaikkan pH tanah masam karena pH arang yang berasal dari tempurung kelapa sekitar 8,5-9.

2. Membuat Tanah Menjadi Gembur

Manfaat lain dari arang tempurung kelapa adalah dapat menggemburkan tanah. Hal ini menyebabkan banyak orang menyiapkan batubara jenis ini sebagai campuran di lingkungan penanaman.Batubara jenis ini dapat digunakan untuk menggemburkan tanah karena memiliki porositas yang tinggi dan juga sifat yang lunak. Agar tanaman tetap subur, gunakan karbon jenis ini sebagai campuran dalam media tanam.

3. Dapat Mencegah Tanaman dari Penyakit

Ada beberapa mikroba di dalam tanah yang dapat menyebabkan penyakit tanaman. Namun jika Sobat menggunakan arang dari tempurung kelapa sebagai media pembibitan, maka mikroba tersebut dapat segera diisolasi.Karbon dari tempurung kelapa mengikat mikroba patogen ini sedemikian rupa sehingga tanaman tidak dapat mengikatnya. Selain itu, arang jenis ini juga bisa mengikat racun lain. Hal ini membuat tanaman sehat dan mampu berkembang.

4. Membantu Tanaman dalam Mengikat Zat Hara

Dengan menambahkan arang dari batok kelapa ke tanaman, ini membantu mengunci nutrisi. Dengan cara ini, unsur hara tidak hilang dan larut di udara saat tanaman disiram.Selain itu, arang jenis ini juga dapat menjadi tempat berkembangnya mikroba yang baik bagi tanaman. Nantinya, mikroba tersebut dapat membantu tanaman mengolah bahan organik menjadi nutrisi tanaman agar lebih subur.

5. Membantu Menjaga Sirkulasi Udara

Untuk tumbuh sehat dan subur, tanaman membutuhkan sirkulasi udara yang lancar. Sirkulasi udara berguna untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida pada tumbuhan. Proses pertukaran biasanya terjadi di akar.Karena adanya karbon dari tempurung kelapa, proses sirkulasi dan pertukaran berjalan lancar. Dengan cara ini, kebutuhan oksigen tanaman terpenuhi secara optimal.

6. Dapat Memperbaiki Tanah

Ternyata arang yang terbuat dari batok kelapa juga bisa membantu memulihkan tanah yang tercemar bahan kimia. Cara memperbaiki tanah adalah dengan mencampurkan sebanyak mungkin karbon ke dalam tanah yang rusak.Itulah beberapa manfaat arang batok kelapa untuk tanaman, Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *