Cara Membuat Briket Cangkang Sawit Ramah Lingkungan
Cara Membuat Briket Cangkang Sawit - Perubahan modern di mana berbagai jenis kelapa sawit digunakan tidak hanya sebagai sumber produksi minyak. Tapi itu juga mendaur ulang banyak limbah produksi . Apa yang diabaikan begitu saja ternyata bisa diolah menjadi bahan baku yang bernilai rupiah tinggi, ramah lingkungan dan sekaligus tidak beracun.Sebut saja salah satunya adalah pembuatan cangkang atau tempurung dari kelapa sawit menjadi briket arang. Memiliki cangkang keras yang mengandung kombinasi elemen. Ini termasuk kadar air, intensitas abu rendah, volatilitas tinggi dan kandungan karbon aktif sedang, yang menjadikannya bahan baku yang efisien.Agar lebih jelas, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat cangkang sawit sebagai briket arang secara kompleks. Sebagai penangkal rasa penasaran tersebut, pastikan untuk membaca ulasan berikut ini selengkapnya.

Cangkang sawit sebagai briket arang

Membuat Briket Cangkang SawitPada dasarnya briket arang merupakan bahan bakar alternatif yang menggunakan kayu dan kulit kayu sebagai sumber utama. Diharapkan briket ini dapat menggantikan sumber daya alam lama yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bahan briketnya sendiri digiling terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan kanji dan dibentuk menjadi bentuk-bentuk khusus sesuai kebutuhan.Proses yang terus menerus pasti akan mempengaruhi kualitas manfaat briket arang sekam. Banyaknya manfaat sabut kelapa sawit sebagai briket arang secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut:

Aman dan Ekonomis

Keuntungan pertama dari briket arang sekam sawit adalah penggunaannya yang ekonomis. Bahan alternatif ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berhemat untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Penghematan penggunaan bahan baku berdampak kuat pada anggaran dan keberlanjutan. Harganya murah, tapi kualitasnya pasti bisa diandalkan.

Lebih Aman

Memilih Briket Karbon Cangkang Sawit sebagai bahan bakar utama untuk memenuhi kebutuhan berarti Anda telah terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Terutama kecelakaan kebakaran atau risiko ledakan pipa. Karena dengan menggunakan briket arang ini maka keamanan anda lebih terjamin.

Ramah Lingkungan

Keunggulan daur ulang limbah produksi dari cangkang sawit juga ramah lingkungan. Hal ini karena pelepah lontar mengandung unsur yang kaya manfaat. Diantaranya mulai dari kandungan abu yang minimal yaitu sekitar 2-3%. Jadi bekas luka bakar itu meninggalkan lebih sedikit abu. Berisi intensitas kadar air (dalam kelembaban analitik), yaitu 7-8%. Selain itu, juga mengandung karbon aktif (karbon padat) yang hampir murni dengan intensitas 20-22%. Hal yang sama juga terjadi pada proporsi zat terbang (tingkat penguapan) yang tergolong cukup tinggi yaitu sekitar 69-70%. Semua elemen ini menjadikan cangkang sawit sebagai media bahan bakar ekologis yang paling penting.

Membuat Briket Cangkang Sawit

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan arang dari cangkang kelapa sawit!Alat dan Bahan :
  • Cangkang kelapa sawit
  • Larutan alkali (NaOH)
  • Tempat pembakaran
  • Tepung kanji
  • Air
  • Pinggan panas
  • Mesin penggiling
  • Mesin pencetak briket
  • dan jika anda mau membuat biket anda harus memiliki mesin pembuat biket
Langkah-langkah :
  1. Bersihkan kelapa sawit dari kotoran yang dapat mempengaruhi kualitasnya. Kemudian rendam kulitnya dalam larutan alkali selama sekitar 1 jam. Hal ini untuk memastikan cangkang benar-benar bersih sehingga batubara yang dihasilkan berkualitas tinggi.
  2. Setelah satu jam digunakan, keluarkan kulit telapak tangan dari rendaman. Kemudian tiriskan dan udara di tempat terbuka hingga kering. Sekarang saatnya membakar cangkang pohon palem. Siapkan oven logam yang tidak tahan, lalu masukkan sabut kelapa ke dalamnya. Jangan lupa untuk menutup kembali wadah pembakaran dengan rapat.
  3. Panaskan kompor dengan api besar selama 4 jam. Kulit batang kelapa sawit kini berubah menjadi arang. Proses pembakaran dapat dihentikan bila arang tidak lagi mengeluarkan asap.
  4. Saat proses pembuatan selesai, keluarkan wadah pembakaran dari oven. Lalu taruh di tempat yang aman. Biarkan selama beberapa waktu agar arang menjadi dingin.
  5. Siapkan bahan perekat untuk merekatkan serbuk arang kelapa sawit menjadi briket. Caranya campur kanji dengan air secukupnya lalu aduk hingga rata. Pastikan tekstur lem ini cukup kental dan tidak terlalu encer. Kemudian panaskan lem kanji di atas hot plate hingga membentuk gel yang lengket.
 Itulah beberapa ulasan mengenai cara membuat briket cangkang sawit ramah lingkungan dan aman bila digunakan untuk keperluan mememasak.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi¬†RumahMesin¬†untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *