Manfaat Kopra Putih Yang Perlu Anda Ketahui
Manfaat Kopra Putih- Kopra adalah daging kelapa yang dikeringkan baik secara alami di bawah sinar matahari maupun diasapi dengan menggunakan sistem pengeringan asap. Kopra merupakan turunan kelapa yang sangat penting dalam produksi minyak kelapa dan berbagai turunannya.

Ciri Ciri Kopra

manfaat kopra putih
  • Permukaannya berwarna coklat, putih atau hitam.
  • Ukurannya tidak sama.
  • Ada yang permukaannya pecah, halus, hingga berlubang.
  • Terkadang baunya seperti asap. Bentuk daging buahnya mirip dengan kelapa tua, namun lebih kering dan lebih keriput.

Daerah Penghasil Kopra Terbesar

Sebagai salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia, banyak kota di Indonesia yang menjadi sentra kelapa. Banyak turunan berbeda dibuat dari kelapa ini. Salah satunya adalah kopra.Berikut adalah wilayah-wilayah Indonesia sebagai sentra produksi kopra.

1. Halmahera

Tak hanya terkenal sebagai penghasil rempah, Halmahera juga merupakan penghasil kopra terbesar di Indonesia. Pulau ini memiliki banyak perkebunan kelapa yang sangat luas.

2. Manado

Tak hanya terkenal dengan seafoodnya yang lezat, Manado juga merupakan pusat tembaga terbesar di Indonesia. Bahkan, Manado juga diekspor ke berbagai negara.

3. Yogyakarta

Tanaman kelapa juga banyak tumbuh di Yogyakarta, khususnya di Kulon Progo. Kini kota ini menjadi pusat kopra di wilayah Jawa Tengah.

4. Banten

Banten yang tidak mau ketinggalan sebagai pusat tembaga terbesar di sebelah barat pulau Jawa.

Manfaat Kopra Bagi Kesehatan

1. Menjaga Stabilitas Gula Darah

Kadar trigliserida rantai sedang dapat membantu meningkatkan sensitivitas produksi insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu menyeimbangkan gula darah dalam tubuh.

2. Mencegah Osteoporosis

Minyak ini juga dapat membantu Anda menyerap magnesium dan kalsium dengan lebih baik untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang Anda.

3. Menghilangkan Parasit Dari Tubuh

Kandungan antioksidannya yang tinggi berguna untuk melawan berbagai radikal bebas dan parasit yang merusak tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika digunakan dengan benar, minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Lemak jenuh juga dapat mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik, sehingga mengurangi penyakit jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak jenuhnya dapat membantu tubuh membakar lemak lebih cepat dengan berolahraga.

Contoh Produk Turunan Kopra

1. Minyak Goreng

Selain minyak kelapa sawit, serpih kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku minyak goreng. Minyak goreng kelapa kini sudah banyak tersedia di pasaran.

2. Mentega

Turunan kelapa kering ini juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan mentega, yang banyak digunakan dalam berbagai industri makanan.

3. Kosmetik

Kandungan antioksidan pada minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik, bermanfaat untuk melembutkan dan menutrisi kulit dan rambut.

4. Sabun

Minyak kelapa merupakan bahan dasar pembuatan sabun. Kandungan vitamin dan mineralnya tak hanya membersihkan kulit, tapi juga menutrisinya.

5. Pakan Ternak

Bungkil kelapa atau tempurung kopra masih tinggi lemak dan protein. Kue ini bisa dijadikan pakan ternak, kambing dan babi. Bahkan, bungkil kelapa ini banyak diekspor ke berbagai negara seperti Vietnam, India dan lain-lain.

Peluang Pemasaran Kopra di Pasar Lokal

Sebagai negara yang subur, tanaman kelapa sangat mudah tumbuh di negara ini. Padahal, minyak kelapa saat ini menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia. Kopra atau daging kelapa yang dikeringkan telah menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Saat ini sebagian besar hasil produksi kopra dan turunannya dijual untuk kebutuhan berbagai industri, karena dianggap lebih menguntungkan.Berdasarkan potensi tersebut, kini banyak pelaku usaha dan pemerintah yang memberikan berbagai macam pembinaan dan pemberdayaan. Melalui pemberdayaan membantu petani kelapa untuk menghasilkan kopra yang berkualitas sehingga produksinya lebih berkualitas.

Harga Kopra di Pasaran

Harga rata-rata kopra tidak sama di setiap daerah di Indonesia. Banyak hal yang mempengaruhi perbedaan harga. Salah satunya kualitas dan mutu kopra itu sendiri, misalnya harga kopra di Maluku lebih murah dibandingkan di Sulawesi. Selain itu, proses sortasi kopra juga berdampak besar terhadap perbedaan harga di pasaran. Berikut pilihan harga kopra di pasaran September 2022.
  • Lampung Rp 8000/kg.
  • Manado Rp 10.000/kg.
  • Jakarta Rp 12.500/kg.
  • Sulawesi Tengah Rp 12.500/kg.
  • Sulawesi Utara Rp 13.000 per kilo.
  • Kepulauan Riau Rp 15.000/kg.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang kopra dan potensinya yang sangat besar, terutama dari segi ekonomi, yang banyak diminati di berbagai industri baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jangan lupa gunakan oven kopra putih berkualitas yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *