Peluang Bisnis Keripik Singkong yang Perlu di Ketahui Pemula
Peluang bisnis keripik singkong - Keripik singkong merupakan makanan ringan yang familiar di masyarakat sekitar. Dari mulai kalangan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai jajanan keripik singkong.Dengan banyak pilihan, rasa gurih, manis atau bahkan pedas memang cocok untuk menemani waktu luang kamu dengan keluarga saat bersantai di rumah.Terlebih saat pandemi dan banyak melakukan aktivitas di rumah saja, pasti keinginan ngemil pun meningkat. Momen inilah yang bisa menjadi alasan mengapa anda harus membuka usaha makanan ringan, yaitu cemilan keripik singkong.

Peluang Bisnis Keripik Singkong

peluang bisnis keripik singkong

1. Tentukan Konsep Bisnis 

Tips pertama adalah menentukan tujuan dalam mengawali usaha keripik singkong anda. Keripik singkong yang kamu buat harus beraneka. Sebelumnya, anda juga harus melakukan tes ke pasar untuk menyurvei/mengetahui selera masyarakat sekitar.Usaha keripik singkong termasuk usaha yang penuh kompetitor/saingan. Oleh karena itu, amda harus mempersiapkan usaha dengan matang, termasuk rasa yang berbeda dari lainnya.

2. Mencari Info Tentang Jenis Singkong

Tips kedua adalah memperbanyak informasi tentang singkong. Karena singkong memiliki jenis yang beragam, maka kamu perlu melakukan observasi manakah jenis yang pas untuk olahan keripik.Ada beberapa singkong memiliki tekstur yang kurang cocok dan yang cocok untuk olahan keripik. Di samping itu, anda juga harus mengetahui supplier yang dapat memberikan singkong dengan kualitas baik.

3. Menyiapkan Kemasan Produk

Tips ketiga adalah mempersiapkan kemasan. Tidak hanya pada manusia, makanan pun akan mendapat nilai plus jika kemasannya bagus dan menarik. Sebelum membeli biasanya konsumen akan melihat kemasannya sebelum menyicipi makanan tersebut.Apabila kamu mengemas keripik singkong sekadarnya, maka kemungkinan besar konsumen pun tidak melirik/tertarik. Apalagi kamu mengabaikan ketahanan isi keripik di dalam kemasan.Sudah pasti orang tidak akan membeli untuk kali kedua. Jadi kemasan tidak hanya menarik konsumen, namun juga harus mampu membuat keripik tetap renyah dan tahan lama.

4. Menyiapkan Modal

Tips keempat yakni menyiapkan modal usaha. Meskipun harga bahan baku singkong rata rata murah, namun anda tetap harus memperhitungkan biaya operasional dll.Siapkan modal usaha sesuai dengan konsep yang anda inginkan. Lalu bagi modal tersebut menjadi 2, sebagai investasi dan produksi.Gunakan modal investasi untuk membeli alat masak, mesin pengemasan dan perlengkapan lainnya. Sedangkan modal produksi  untuk membeli bahan baku habis pakai, seperti singkong, gas elpiji dan lain sebagainya.

5. Mengutamakan Rasa

Tips kelima adalah mengutamakan rasa. Berbisnis di bidang kuliner memang harus mengutamakan rasa agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat. Begitu juga dengan usaha keripik singkong, di mana rasa menjadi syarat utama untuk memulai persaingan yag ketat.Kemasan yang menarik, harga murah tapi rasa tidak enak juga akan mengecewakan para konsumen. Maka dari itu, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memasarkan produk.

6. Membuat Marketing Plan

Tips keenam yakni membuat marketing plan sebelum mulai memasarkannya. Berikut ini contoh pemasaran yang bisa kamu coba, antara lain:
  • Dengan Metode konsinyasi
Metode ini merupakan salah satu cara memasarkan produk jajanan ringa yang cukup familiar. Kamu hanya perlu menitipkan produk olahan anda di toko-toko atau warung-warung terdekat.Beri toko/warung tersebut dengan komisi atau uang tip yang besar, agar mereka semangat dan mau untuk memasarkan produk anda.
  • Memasarkan Melalui Sosial Media
Memasarkan produk melalui sosial media merupakan cara pemasaran yang mudah dan efisien. Anda hanya perlu memamerkan  foto produk dan membaginya di status WA, story IG dan Olshop yang yanda buat.Dan jangan lupa untuk memberi deskripsikan produk, termasuk cara pemesanan. Sehingga konsumen dapat menghubungi anda dengan mudah.
  • Menggunakan Endorsement
Memanfaatkan ketenaran seseorang untuk memasarkan suatu produk sudah tidak asing lagi belakangan ini. Anda bisa mengiklankan produk dengan batuan public figure atau selebgram dengan jumlah follower yang banyak.Pertimbangannya tentu saja agar produk keripik singkong lebih mudah dikenal dan lebih menarik minat konsumen untuk membelinya.

7. Gigih Melakukan Promo

Setelah membuat marketing plan, anda juga harus mulai menjual keripik secara langsung ke masyarakat. Termasuk menggunakan reseller atau agen. Pastikan kamu melakukan pemasaran secara masif dan proaktif.

8. Mencari Partner Usaha

Tips selanjutnya yakni mencari partner/teman kerja usaha yang tepat. Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk memulai usaha keripik singkong.Dengan memiliki partner usaha, pembagian peran dan tugas menjadi lebih mudah dan tidak menyita banyak waktu. Meskipun mempunyai partner usaha rawan terjadi gesekan antara satu sama lain. Akan tetapi kehadiran seorang partner cukup mempermudah pekerjaan, terutama jika terjadi hambatan di tengah jalan.

9. Membuat Varian-

Tips kesembilan adalah membuat keripik singkong aneka rasa. anda juga bisa menambahkan varian rasa yang beda dari lainnya.Jika umumnya, keripik singkong mempunyai varian rasa original, manis dan balado saja, maka anda bisa menambah varian rasa keju, BBQ atau lainnya. Seperti berikut:Keripik Singkong Original, Keripik Singkong Pedas, Keripik Singkong Manis

10. Cari teman Usaha

Mencari teman bisnis adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha, seorang teman atau saudara bisa menjadi orang yang paling cocok untuk Anda pilih. Teman biasanya memiliki peran yang sangat penting, mulai dari mempermudah pekerjaan, memberi solusi, tambahan modal, dan lain-lain.Usahakan pilihlah Teman yang memang sudah Anda percayai sejak dahulu, sehingga usaha keripik singkong yang dimulai bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada yang namanya konflik ataupun kegagalan usaha yang bisa saja terjadi.

11. Peralatan Usaha Keripik Singkong

Alat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha keripik singkong ialah wajan, mesin keripik singkong, kompor dan gas, mesin penghalus bumbu, mesin pengemas, spatula, dan peralatan pendukung lainnya.Siapkan peralatan ini secara lengkap untuk memudahkan produksi pembuatan keripik. anda juga bisa mengunjungi rumah mesin untuk mendapatkan mesin yang berkualitas untuk usaha anda.Demikian itulah ulasan mengenai peluang bisnis keripik singkong yang harus kamu ketahui sebelum memluai usaha keripik singkong, semoga artiken ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *