Manfaat Cocofiber dan Contoh Produk dari Cocofiber
Saat ini, kelapa banyak dipilih sebagai penutup bedeng tanam karena lebih aman dan jauh lebih baik daripada koral. Cocofiber juga bisa membuat tanaman terlihat lebih rapi dan bersih, serta memiliki banyak manfaat lainnya. Jaring serabut kelapa

Manfaat dan Kelebihan Cocofiber

Serabut kelapa umumnya bermanfaat dalam pertanian dan hortikultura dengan penyerap industri. Dalam bidang pertanian dan hortikultura, cocfiber bermanfaat sebagai media tanam dan sebagai media tanam hidroponik pengganti tanah.Kandungan nutrisi kelapa rendah, sehingga harus ditambahkan bahan lain dalam media tanam sebagai pengganti tanah. Kompos tambahan atau pupuk organik lainnya dan kulit kayu merupakan campuran alternatif dalam media tanam yang baik.Serat alami memiliki pH antara 5,8 dan 6, sehingga sedikit asam. Namun, untuk beberapa tanaman populer, kisaran pH ini merupakan kisaran pH optimal selama pertumbuhan, dengan pH dasar tanaman adalah 5,5-6,5.Tentu saja kelapa tetap berperan yaitu Trichoderma sp yang bersimbiosis dengan kelapa dan cendawan patogen Pythium sp. Trichoderma sp tidak ditemukan pada koleksi steril. Salah satu cara untuk mensterilkan serat Trichoderma sp adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida.Beberapa serabut kelapa tidak terurai seluruhnya oleh batok kelapa, sehingga masih dapat menggunakan nitrogen di udara. Situasi ini memicu persaingan antara kotiledon dan tanaman yang tumpang tindih ketika kadar nitrogen tidak mencukupi.manfaat cocofiberNah berikut adalah manfaat dan kelebihan dari cocofiber:
  1. Mengandung 18% potasium, fosfor, magnesium, kalsium, sodium dan beberapa konsentrasi mineral lain yang sangat baik untuk pertumbuhan menanam.
  2. Strukturnya lebih ringan dan tidak mengeraskan media tanam.
  3. Mengandung keasaman (pH) antara 5,5 dan 6,5.
  4. Ini memiliki udara yang baik dan dapat menyimpan cadangan udara bagi tanaman.
  5. Lebih mudah menyirami tanaman tanpa mengkhawatirkan media tanamnya mengalir ke daerah tersebut.
  6. Tidak mengandung bakteri dan jamur, tidak berlumut atau tidak berubah kekuningan
  7. Lebih aman, lebih hijau, dan lebih sedikit polusi.
  8. Dapat menyerap cairan, minyak dan kotoran hewan.
  9. Dapat digunakan sebagai sumber pupuk KCL, gambut dan media tanam sphagnum dll
  10. Media tumbuh yang baik untuk tanaman jamur.

Contoh Produk dari Cocofiber

1. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut Kelapa adalah kombinasi kelapa dan karet lateks, yang menghasilkan produk berkualitas tinggi, karena kasur ini tidak lagi menggunakan pegas, dimana kasur kelapa dan karet lentur dan lembut alami karena proses pengeritingan serat. . kokoroKeunggulan matras ini juga anti bakteri, anti air (air atau basah bayi atau susu bayi), mudah dibersihkan dan cepat kering, sehingga dijamin sehat untuk bayi dan anak.

2. Matras Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa ini sangat cocok sebagai kasur sehat untuk orang yang rentan sakit punggung. Sangat baik menggunakan produk matras ini. Sangat lentur namun tidak mudah melar, aman bagi orang yang mengkonsumsi obat sakit punggung. jaring kelapa cocomesh kelapaMatras kelapa ini juga cocok untuk tempat tidur bayi, karena matras penyerap baunya tetap nyaman meski dipijat berulang kali. Kasur ini juga dapat digunakan sebagai sandwich atau dicampur menjadi kasur pegas berkualitas tinggi.

3. Jok Mobil Sabut Kelapa

Produsen mobil terkemuka dunia seperti Mercedes Benz, Volkswagen Porche dan Opel di Eropa justru menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil mereka. Sabut kelapa masih digunakan di kursi pesawat hingga saat ini.Keunggulan sabut sebagai pengisi jok mobil adalah memiliki fleksibilitas yang sangat baik, tahan lama dan sedikit mencemari (integritas biologis).Tentunya apabila ingin mengurai sabut kelapa, anda bisa mengurai sabut kelapa dahulu agar nantinya dapat menghasilkan serat dan gabus. Dengan cara ini, anda harus memiliki alat pengurai sabut kelapa. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *