Cara Ternak Bebek Petelur Modern untuk Pemula
Cara ternak bebek petelur modern - Meningkatnya transaksi jual beli online di Medan (Sumatera Utara) turut membantu pemasaran produk bebek di Medan. Pasar bebek masih terbuka lebar karena belum bisa memenuhi permintaan konsumen. Dalam acara ini kami akan menjelaskan kepada anda yang tertarik dengan usaha ini, bagaimana cara beternak itik petelur modern. Ini termasuk:
  • Pembuatan kandang bebek.
  • Pemilihan bibit bebek.
  • Beri makanĀ  bebek petelur.
  • proses pemanenan.

Ternak Bebek Petelur Secara Modern

Cara Ternak Bebek Petelur Modern untuk PemulaMasyarakat Indonesia semakin menuntut pemeliharaan itik bertelur. Usaha ini merupakan salah satu alternatif produksi telur untuk beternak unggas yang cukup menguntungkan. Ada beberapa keuntungan beternak bebek dibanding ayam. Selain produktivitas telur yang tinggi, harga telur itik lebih mahal daripada ayam ras karena dijual dengan harga per butir.Namun perlu diingat bahwa beternak itik tidak semudah beternak ayam ras. Panduan berkembang dapat ditemukan di majalah dan online, tetapi kesuksesan membutuhkan pengalaman dan tekad dalam pelaksanaannya.

1. Pembuatan Kandang Bebek

Ada beberapa miskonsepsi di masyarakat yaitu setiap kandang bebek harus menyediakan kolam sebagai tempat bermain. Ini biasanya pendapat orang tua yang memiliki cara tradisional memelihara itik di negara tersebut. Dan jika orang dalam kota ingin beternak itik? Ketersediaan lahan memang sangat terbatas. Solusinya adalah peternakan bebek modern dengan kandang pos dan sistem baterai.Ternak Bebek Kandang PostalDahulu bebek/itik biasanya dilepasliarkan atau digiring di sawah, namun saat ini sudah tidak perlu lagi dilepasliarkan. Sekarang itik dipelihara dalam kandang yang dilapisi jerami, tanah kering atau semen, tanpa kolam. Meskipun metode konservasi ini merupakan pemborosan nutrisi, namun sebanding dengan peningkatan produksi yang signifikan. Kandang bisa dibuat dari bahan murah yang banyak digunakan di peternakan, seperti Bambu.Ternak Bebek Sistem BateraiBeternak itik di kandang merupakan salah satu cara menjemur ayam petelur. Pada umumnya proses pemeliharaan dilakukan secara intensif. Sistem ini menggunakan sangkar kawat atau bambu tunggal. Masing-masing kandang tersebut diisi dengan potensi itik petelur, seperti peternakan ayam petelur. Di sini itik-itik dipelihara dalam sel isolasi setiap hari dan diberi pakan untuk menghasilkan telur tanpa adanya genangan air.

2. Pemilihan Bibit Bebek

Pemilihan benih juga berpengaruh penting terhadap produksi telur itik. Dalam usaha produksi telur ini sebaiknya dipilih bibit itik petelur unggul dengan aktivitas bertelur yang tinggi. Beberapa itik petelur yang populer di Indonesia yaitu ebek Mojosari, bebek Alabio, bebek Tegal, bebek Rambon, dan Bebek Hybrid.

3. Pemberian Pakan Bebek Petelur

Pakan merupakan biaya produksi terbesar dari biaya itik ini, sekitar 75% dari total biaya produksi. Peternak biasanya menggunakan konsentrat untuk meningkatkan produksi telur itik. Namun, beberapa peternak membuat campuran pakan petelur sendiri dari campuran berbagai bahan yang banyak tersedia di daerah mereka.Pada umumnya bahan pangan konsentrat ini terdiri dari sumber energi yaitu jagung yang sudah digiling menggunakan mesin giling sekam, bekatul, bekatul, singkong, singkong, beras dan grosbean. Sedangkan sumber protein antara lain bungkil kedelai, bungkil kelapa, potongan ikan, kerang, lambung BSF, kulit udang/kaptonasi, serta daging bekicot dan bekicot Irlandia. Sumber mineral bebek bisa berupa kerikil kapur atau kerang. Jika bahan baku yang dibutuhkan untuk campuran pakan sulit didapat, disarankan untuk menggunakan konsentrat telur ayam.

4. Proses Pemanenan

Proses panen telur bebek/itik juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
  1. Telur fertil.
  2. Telur konsumsi.
Telur fertil adalah telur fertil, biasanya telur ini digunakan untuk menetaskan anak ayam/DOD dan harga jualnya lebih tinggi sekitar Rp 3000/pcs. Sedangkan telur untuk konsumsi, seperti namanya untuk dikonsumsi atau diolah menjadi makanan, biasanya dijual sekitar Rp2.000/butir.Tata cara ternak bebek penghasil telur tetas dan konsumsi:
  1. Untuk efisiensi perusahaan harus dibuat pemisahan yang jelas.
  2. Tanduk jantan tidak diperlukan untuk menghasilkan telur konsumen.
  3. Jika ingin menghasilkan telur tetas diperlukan itik jantan dengan perbandingan 1 jantan maksimal 8-10 betina, tidak dalam kelompok yang terlalu besar (40-50 ekor itik per kandang).
  4. Kawin alami untuk kandang kelompok atau penyemprotan untuk kandang baterai.
Itulah cara ternak bebek petelur modern dan memberi pakan dengan jagung yang sudah digiling menggunakan mesin giling sekam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *