Cara Membuat Kopi Hijau untuk Diet yang Mudah dan Sederhana
Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet – Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang, dikarenakan proses pemanggangan biji kopi dapat menggurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang penuh tanpa terkurangi oleh proses pemanggangan.Biji kopi hijau ini juga memiliki tingkat asam klorogenet yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa. Asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan untuk tubuh.Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr.Oz di tahun 2012. Dalam acara itu dikatakan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan.Hal tersebut awalnya dipraktikkan di kawasan Laut Merah dimana ketika itu masyarakat disana mengkonsumsi kopi dengan biji yang belum sampai dipanggang.Karena memang pada waktu itu belum ditemukan adanya cara memanggang kopi. Tetapi biji kopi yang tidak dipanggang seperti ini ternyata memiliki khasiat dalam membantu menurunkan berat badan.

Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet

Sisi positif dan negatif kopi hijau layaknya dua sisi mata uang yang tak bisa terlepaskan. Untuk menghindari sisi negatif dan memperoleh manfaatnya, perhatikan porsi konsumsinya.Konsumsilah dengan bijak dan tidak berlebihan. Cara menyeduh kopi hijau untuk diet dengan benar tidaklah sulit, bahkan dapat dibuat sendiri di rumah. Kopi hijau dipasaran dapat ditemukan dalam beberapa jenis, masih berbentuk biji, bubuk hingga kapsul.Jika tidak ingin repot dalam mengolah, dapat memilih kopi hijau bubuk atau kapsul yang banyak dijual diberbagai supermarket atau minimarket. Atau anda bisa menggunakan mesin kopi agar lebih mudah, anda bisa mendapatkan harga mesin kopi dengan terjangkau hanya di rumah mesin.Terdapat beberapa brand penjual kopi hijau ini seperti kopi hijau nescafe, bromo atau kopi ijo tulungagung. Harganya cukup bervariasi sekitar 40K hingga 90K per pack. Berikut cara membuat kopi hijau untuk diet:
  1. Sediakan 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air untuk merebus, takaran merebus ini 1:3. Jadi bila ingin membuat 2 gelas kopi hijau maka dibutuhkan air 6 gelas dan begitu seterusnya.
  2. Sediakan panci bersih untuk merebus kopi, tuangkan 3 gelas air dan tambahkan 1 gelas kopi hijau tersebut.
  3. Nyalakan kompor dan masak kopi sambil sesekali diaduk secara perlahan agar kopi merata. Setelah mendidih kecilkan api dan rebus kembali selama 12 menit, tetap aduk rebusan kopi hijaunya.
  4. Kemudian matikan api dan saring kopi, green coffee telah tersedia. Agar lebih nikmat dapat ditambahkan ekstra seperti madu. Tunggu hingga dingin untuk meminumnya.

Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh

cara membuat kopi hijau untuk dietCara membuat kopi hijau untuk diet telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan. Menurut bidang studi ilmiah, Kafein dan asam klorogenat yang terkandung di dalamya memberikan banyak manfaat.Meskipun beberapa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain senyawa ini. Pada Kesehatan sangatlah baik dan berkhasiat untuk membuat tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Di antarannya yaitu :

1. Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena adanya asam klorogenat. Hal ini bukan karena bukti, berdasarkan penelitian BMC Complementary and Alternative Medicine pada Maret 2006.Membuktikan bahwa suplemen harian ekstra biji kopi hijau dapat mengurangi lemak dan berat badan yang diuji cobakan pada tikus. Senyawa utama yang mempengaruhi adalah kafein dan asam klorogenat tadi.

2. Menggurangi Darah Tinggi

Dilakukan percobaan di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.Selama itu, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood

Telah dilakaukan uji coba pada bulan bulan februari 2006, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.Peneliti itu berusulkan bahwa asupan optimal dalam  kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Setiap kopi memiliki kandungan antioksidan, hanya saja dengan kadar yang berbeda-beda. Green coffee mempunyai antioksidan yang tinggi, dan antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh serta memperkuat daya tahan tubuh.Berdasarkan penelitian pada Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and food chemistry, telah menyebutkan bahwa antioksidan pada kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker. Secara otomatis peminumnya akan terhindar dari sel kanker nantinya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kopi hijau diolah dengan proses roasting, bukan disangrai. Pengolahan dengan proses roasting pada kopi dapat menjaga kadar asam chlorogent yang ada dalam biji kopi agar tetap utuh selama proses pengeringan biji kopi.Kopi hijau memiliki Kandungan asam chlorogent inilah yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dengan efektif.

6. Mencegah Kanker

Kopi ini memiliki juga ada kandungan antioksidan yang tinggi. Zat asam chlorogent yang ada pada kopi hijau juga sangat efektif dalam menangkal radikal bebas.

7. Mengurangi Kolesterol Jahat

Pola makan yang tidak teratur serta terlalu banyak makan makanan yang berminyak seperti santan, gorengan atau makanan berlemak lainnya dapat membuat kolestrol jahat pada tubuh.Kadar kolesterol terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang membahayakan. Cara mengurangi kadar kolesterol jahat ini dapat menggunakan kopi hijau.Demikian penjelasan mengenai cara membuat kopi hijau untuk diet yang bisa anda buat sendiri di rumah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *