Cara Membuat Humus Daun Bambu Yang Mudah
Cara Membuat Humus Daun Bambu Yang Mudah- Tanaman bambu merupakan tanaman yang tersebar luas di Indonesia, khususnya di daerah saya, yang biasanya banyak ditemukan di tepi sawah atau sungai. Penggunaan bambu sendiri masih sangat sedikit, salah satunya daun bambu yang memiliki banyak manfaat. Daun bambu yang jatuh dari obat dipisahkan dan dikeringkan, ternyata bisa diolah menjadi hummus, caranya sangat sederhana dan tidak memakan banyak waktu, hanya 30 hari.

Pengertian Tanah Humus

cara membuat humus daun bambuHumus adalah tanah yang sangat subur yang terbentuk dari daun dan batang pohon yang membusuk di daerah hutan hujan tropis yang rimbun. Humus adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah membusuk menjadi organisme tanah, yang berwarna hitam kecokelatan dan dalam keadaan stabil. Humus secara kimiawi didefinisikan sebagai kelompok organik makromolekul yang menyimpan banyak senyawa seperti asam karboksilat, hidroksida alifatik, dan fenol.

Pengertian Tanaman Bambu

Bambu merupakan tumbuhan hutan yang tidak berkayu. Bambu tumbuh sangat subur di wilayah Indonesia, baik dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Bambu hidup di tempat yang kering dan tidak tergenang air. Bambu dikenal sebagai tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk apa saja, artinya komponen tumbuhan tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia.Misalnya akar bambu dapat digunakan untuk kerajinan tangan, batang bambu dapat digunakan pada bangunan arsitektural, dan kecambah dapat digunakan untuk nutrisi manusia. Diantara sekian banyak manfaat bambu, ada satu komponen bambu yang sering diabaikan yaitu daun bambu. Kita sering melihat daun-daun bambu berserakan seperti sampah.Banyak orang menganggapnya tidak berguna. Daun bambu sebenarnya tidak bisa dimakan atau cocok untuk arsitektur bangunan, tapi jangan salah, daun bambu bisa dijadikan humus untuk tumbuhan.

Cara Membuat Humus Daun Bambu

Alat Yang Diperlukan

  • Penjepit atau drum seperti ini. B. stasiun penanganan
  • alat semprot
  • alat kalkulator
  • Sarung tangan
  • sekop

Bahan Yang Digunakan

  • daun bambu
  • pembagi em4
  • Air

Langkah Pembuatan Humus

  1. Kumpulkan daun bambu terlebih dahulu (tidak perlu dicuci, bisa dicuci jika mau repot)
  2. Potong semua daun bambu yang terkumpul. Jika ingin lebih praktis, bisa menggunakan kompos.
  3. Siapkan EM4 disintegrator dan campurkan dengan air secukupnya (bisa beli di toko pertanian, bisa buat sendiri)
  4. Semprotkan potongan daun bambu dengan EM4, lalu aduk hingga merata.
  5. Kemudian, masukkan ke dalam tong dan tutup (bukan logam jika memungkinkan)
  6. Campur sehari sekali dan aduk rata (kalau tidak sempat bisa juga campur 2-3 hari sekali, yang penting merata)
  7. Dalam 1 bulan (ditambah 1 minggu lagi agar lebih optimal)
  8. Setelah 37 hari, humus daun bambu siap digunakan.
Anda bisa menaburkan humus bambu langsung pada tanaman kesayangan Anda. Cara pakainya, ditaburkan di tanah, lalu diramu atau dibajak biar lebih enak, yang penting merata dan menyatu dengan tanah. Namun jika ingin memeliharanya, pastikan tanah humus tersebut disimpan di tempat yang teduh dan kering.

Manfaat Humus Daun Bambu

  • Sebagai pemasok nutrisi dasar dan asam untuk kepentingan tanaman.
  • Mempromosikan perkembangan organisme tanah.
  • Bertindak sebagai agen penyangga, yang berarti dapat mencegah reaksi tanah yang tiba-tiba atau perubahan pH tanah.
  • Merangsang sistem akar tanaman di dalam tanah untuk berkembang lebih baik
  • Membantu meningkatkan aktivitas biologis tanah.
  • Mencegah pencucian unsur hara tanaman sehingga unsur hara tersebut tidak hilang. Perbaikan agregat tanah untuk membuat tanah lebih detail juga
  • Membantu memperbaiki kondisi fisik tanah
  • Dapat meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap air

Ciri Humus Daun Bambu Sudah Jadi

Hal yang membuat hummus yang berhasil kami gunakan dari daun bambu adalah mudah hancur dan lunak. Saat kita pegang pasti terasa dingin, tidak seperti pertama kali kita memasukkannya ke dalam drum. Bentuknya yang hancur dan lunak membuatnya lebih mudah terurai dan komponen yang ada lebih mudah diserap tanaman. Dan itu harus ditambahkan untuk hasil yang maksimal, jadi kita harus memilah daun bambu tadi atau menyaringnya.Pada bagian yang agak kasar bisa kita pecahkan lagi hingga terlihat benar-benar lembek dan remuk atau tambahkan daun bambu bila perlu untuk menyiapkan campuran media tanam untuk musim tanam selanjutnya. Mengenai cara pengaplikasiannya, kita hanya perlu mengadopsi tanah pucuk daun bambu dengan bahan tanaman lain dalam jumlah yang sama disesuaikan dengan jenis tanaman dan ukurannya. Atau kita juga bisa menambahkannya di sekitar tanaman utama dengan menggali lingkaran terlebih dahulu.Demikian penjelasan tentang cara membuat humus daun bambu. Jangan lupa gunakan mesin pencacah kompos terbaik hanya di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *