Analisis Usaha Briket Arang Batok Kelapa Serta Pembuatan Briket Arang
Analisis Usaha Briket. Batok atau sabut kelapa sering dibuang di pasar tradisional. Padahal, tempurung kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk diolah menjadi batu bara. Usaha briket arang tempurung kelapa merupakan sebuah ide yang dapat dikatakan sederhana dan mudah diimplementasikan.Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak untuk menganalisa bisnis briket arang batok kelapa, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk segera memulai bisnis briket arang batok kelapa ini. Anda harus mempersiapkan sejak awal dengan tekad yang kuat dan pola pikir yang tangguh. Seorang entrepreneur harus memiliki mental yang tangguh untuk gigih.

Analisis Usaha Briket

Konsumen

Target pasar yang bisa Anda bidik untuk analisis usaha briket arang tempurung kelapa Anda adalah kalangan menengah ke bawah, terutama yang tinggal di daerah terpencil. Selain itu, Anda juga bisa mendekati para pedagang kuliner yang belakangan ini mulai menggunakan bahan bakar alternatif berupa briket arang untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap minyak tanah dan elpiji yang harganya semakin hari semakin meningkat.

Informasi Perusahaan

Pada dasarnya biobriket atau lebih dikenal dengan briket arang termasuk dalam biofuel padat yang diperoleh dari sisa-sisa bahan organik yang mengalami proses kompresi dengan gaya tekan tertentu. Biasanya, bioenergi ini berasal dari limbah industri pertanian seperti tempurung kelapa, cangkang kelapa sawit, serbuk gergaji, atau sisa bungkil pengepresan biji-bijian.

Keuntungan Bisnis

Mencermati bisnis briket dari segi bahan baku, ketersediaan batok kelapa di Indonesia sangat baik. Bahkan di daerah terpencil, limbah tempurung kelapa mudah ditemukan. Selain itu pembuatan briket arang juga tidak terlalu sulit sehingga hampir semua orang bisa membuatnya dengan teknik yang cukup sederhana. Hal ini membuat harga jual briket arang relatif murah di pasaran, sehingga memungkinkan semua lapisan masyarakat saat ini mampu mencukupi kebutuhan bahan bakar sehari-hari.

Kurangnya Bisnis

Selama ini masih terdapat kekurangan permintaan di pasar nasional yaitu sekitar 20% permintaan lokal dan sisanya (80%) didominasi oleh permintaan pasar ekspor. Minimnya kerjasama dan penjualan di pasar lokal menyebabkan briket arang tempurung kelapa kurang dikenal oleh masyarakat luas, sehingga tidak heran jika briket arang semakin banyak dijumpai di masyarakat terpencil yang daerahnya tidak rutin disuplai bahan bakar atau kayu bakar. . GPL harus dikonsumsi.

Strategi Pemasaran

Hingga saat ini sebagian besar pelaku industri briket arang tempurung kelapa lebih banyak berfokus pada pasar ekspor untuk memasarkan produknya. Pengusaha memilih strategi pemasaran ini karena permintaan di pasar luar negeri cukup tinggi setiap tahunnya, mencapai 80 persen. Beberapa negara tujuan ekspor briket tempurung kelapa yang potensial antara lain negara-negara Timur Tengah, Jepang, Australia, Korea, dll.Pengusaha harus mempertimbangkan bahwa jawaban atas permintaan pasar ekspor adalah menjaga kualitas produk yang ditawarkan. Salah satunya memastikan bahan baku briket batok kelapa benar-benar bebas dari serabut batok kelapa sehingga kualitas api yang dihasilkan sempurna. Selain memenuhi permintaan pasar ekspor, Anda juga bisa membuka sistem keagenan untuk mengoptimalkan pemasaran lokal.Strategi ini sangat efektif dalam memperluas pemasaran lokal dan nasional, membawa produk bahan bakar alternatif ke seluruh lapisan masyarakat, dari masyarakat pedesaan yang kesulitan mengakses bahan bakar hingga masyarakat kelas menengah ke atas di perkotaan.

Kunci Kesuksesan

Dalam menjalankan perusahaan energi alternatif, seperti B. briket arang tempurung kelapa, yang terpenting adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen semakin loyal terhadap bahan bakar alternatif yang ditawarkan. Kembangkan juga energi dan keterampilan terbarukan Anda agar dapat mengoptimalkan produktivitas bisnis Anda agar dapat terus berkembang sejalan dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Pembuatan Briket Arang Batok Kelapa

pembuatan briket dari tempurung kelapa

Peralatan :

  • Penggunaan peralatan  dalam pembuatan arang (drum),
  • Penggiling
  • Ayakan
  • Mesin cetak briket
  • Timbangan

Bahan-bahan:

  • Tempurung kelapa
  • Tanah liat atau tepung kanji
  • Air.

Proses pembuatan :

  1. kepengarangan Sabut/batot kelapa diubah menjadi arang dengan cara dibakar dengan tangan.
  2. Penghancuran Pemotongan kayu biasa dilakukan dengan gerinda atau dengan tangan.
  3. proses investigasi. Setelah digerus, tujuan penyaringan adalah untuk menghasilkan arang tempurung kelapa seperti pasir yang lebih lembut dan halus. Arang tempurung kelapa disaring melalui ayakan 50 mesh.
  4. Campuran media. Setelah arang disaring dari briket/batok kelapa, campurkan dengan tanah liat/kanji (tapioka) dan air dengan perbandingan 9 :1:4.
  5. Mencetak pada briket arang. Setelah bahan batu bara tercampur rata, kita masukkan bahan batu bara yang bagus ke dalam briket dan tekan.
  6. Pengering Proses pengeringan menggunakan oven dengan suhu 65°C selama 3 dan 2 jam (hingga kelembaban 7,01%  7,64%) atau menggunakan sinar matahari. Briket arang yang terbuat dari batok kelapa dikemas dan dipasarkan.

Peluang Usaha Briket Arang

Kalau bisa langsung proses produksinya sendiri di perusahaan arang batok kelapa ini sehingga tidak perlu membayar pekerja. Kemudian, jika proses produksi dan penjualan berjalan sesuai rencana, Anda bisa mulai merekrut hanya sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan Anda.Dalam proses distribusi atau penjualan, Anda harus bisa memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di sekitar Anda. Apakah mungkin melakukan penjualan secara manual? Jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan media lain seperti radio, media cetak atau internet. Hingga saat ini, internet telah menyusup ke beberapa kalangan, sehingga mungkin lebih cocok sebagai sarana pemasaran. Dengan adanya internet anda seperti memiliki usaha atau bisnis sendiri dengan traffic yang jauh lebih banyak dari pada manual. Ada kemungkinan lebih banyak yang akan dijual.Selain itu, lebih baik lagi jika Anda bisa berkolaborasi dengan rekan atau perusahaan lain yang mendukung bisnis arang batok kelapa Anda. Potensi pasar ekspor briket arang tempurung kelapa masih tinggi. Di Eropa, batu bara dibutuhkan untuk memanggang daging. Di Timur Tengah, arang lebih sering digunakan untuk “merokok” atau hookah. Pada saat yang sama, briket arang digunakan untuk memasak di restoran Asia seperti Jepang dan Korea Selatan.Tentunya untuk membuat briket, gunakanlah mesin briket arang agar hasilnya lebih maksimal. Untuk briket aneka bahan, gunakanlah mesin briket arang ini agar bisa mengolah berbagai macam briket. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *