Apa Itu Logo dan Jenis – Jenisnya
Apa Itu Logo dan Jenis - Jenisnya. Logo adalah identitas visual untuk suatu entitas yang memiliki kriteria spesifik tertentu, seperti bentuk, filosofi, dan warna. Namun, apa arti sebenarnya dari logo tersebut? Dan fungsi dan kriteria apa yang harus diterapkan oleh logo yang efektif?Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail dan mendalam tentang pengertian logo. Berikut ulasan tentang

Apa Itu Logo?

Pada dasarnya kata logo sendiri diserap dari bahasa Yunani Kuno yaitu Logos yang berarti pikiran, roh, ucapan, akal dan ucapan.Kata logo sebenarnya berasal dari kata logotype yang awalnya digunakan antara tahun 1810 dan 1840, dan berarti menulis nama suatu entitas yang dibentuk secara khusus dengan huruf atau dengan menggunakan tipografi tertentu.Jadi logo ini awalnya dibuat hanya dengan satu elemen tulisan saja. Dalam perkembangannya, logo dibuat lebih kreatif dengan menggabungkan beberapa elemen, seperti gambar, sketsa, dll.Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep logo adalah sebuah prasasti, sketsa atau gambar yang mengandung arti tertentu dan dapat mewakili identitas suatu jenis entitas, misalnya organisasi, organisasi, perusahaan. , wilayah, negara atau produk, seperti yang dijelaskan di halaman Wikipedia.Biasanya sebuah logo mengandung filosofi dan kerangka dasar tertentu berupa konsep untuk menciptakan etos kemandirian.Selain itu, setiap bentuk logo juga perlu memiliki ciri khas tertentu untuk membedakan satu logo dengan logo lainnya, baik bentuk maupun warnanya.Logo yang digunakan akan menggambarkan kualitas seperti yang dilambangkan, seperti pendekatan perusahaan terhadap budaya, penempatan posisi kunci, atau aspirasi perusahaan itu sendiri.Singkatnya, konsep logo adalah alat deskripsi harga diri di mana semua nilainya dapat menciptakan citra dan kredibilitas yang baik.Logo akan memungkinkan orang untuk mengingat dan mengenali suatu jenis entitas tanpa harus membaca deskripsi atau menjelaskan entitas tersebut.Jika Anda kesulitan membuat atau mendesain logo yang akan Anda gunakan untuk perusahaan atau bisnis Anda, Anda dapat menyewa seorang freelancer yang menjual jasa desain logo di Indonesia.

Jenis Jesis Logo

1. Letter Mark

Pengertian logo letter mark atau logo monogram adalah jenis logo yang mewakili nama suatu usaha atau merek dengan menggunakan inisial nama merek tersebut.Biasanya logo jenis ini hanya menggunakan dua sampai empat huruf tergantung mereknya, sehingga lebih mudah diingat oleh masyarakat. Beberapa contohnya adalah logo CNN, HP, HBO, IBM, NASA, dll.

2. Wordmark

Definisi logo wordmark hampir seperti logo letter mark, khususnya hanya menggunakan huruf untuk mewakili bisnis. Bedanya, kata merek dagang akan menggunakan nama lengkap merek atau perusahaan tanpa singkatan.Logo jenis ini sering digunakan jika nama perusahaan, nama produk tidak terlalu panjang, sederhana dan unik. Beberapa contohnya adalah logo Facebook, Disney, Coca-Cola, dll.
Baca Juga: Cara Membuat Logo secara Online dan Tentunya Gampang

3. Merek Dagang Visual

Definisi Tanda visual atau jenis logo adalah logo yang menggunakan simbol yang dihiasi dengan grafik tertentu untuk menggambarkan merek dagang.Bentuk logo atau simbol akan selalu melekat dan harus menunjukkan identitas produk atau merek tersebut. Beberapa contohnya adalah logo Apple, Nike, Twitter, dll.

4. Logo Abstrak

Pengertian logo abstrak sebenarnya hampir sama dengan logo bergambar, karena selalu menggunakan gambar tertentu. Bedanya, logo jenis ini memiliki bentuk geometris yang acak.Jenis logo ini juga seringkali sangat efektif karena dapat mewakili keseluruhan perusahaan dalam satu gambar. Beberapa contohnya adalah logo Pepsi, Adidas, BP, dll.

5. Logo Maskot

Definisi Logo maskot adalah jenis simbol yang dirancang dengan satu karakter untuk menggambarkan merek atau bisnis. Biasanya logo jenis ini mengandung unsur-unsur dengan warna cerah ceria yang dianggap sebagai merek dagang atau maskot perusahaan.Logo jenis ini dibuat untuk menarik minat anak-anak dan keluarga, misalnya logo KFC dengan maskot Kolonel Sanders, Kool-Aid dengan maskot pria Kool-Aid, Alfamart dengan maskot maskot paman, lebah albi, dll.

6. Logo kombinasi

Pengertian logo gabungan adalah jenis logo yang menggabungkan berbagai jenis simbol lettermark atau wordmark dengan simbol abstrak, maskot, atau simbol.Teks yang terdapat pada logo ini biasanya akan dipadukan dengan baik untuk menciptakan sebuah logo yang menarik. Beberapa contohnya adalah logo Burger King, Lacoste, Doritos dll.

7. Logo Iconic

Logo lambang adalah jenis logo yang memiliki huruf dan dilingkupi lambang atau simbol, badge, stempel dan menjadi inti dari simbol tersebut.Biasanya logo ini biasa digunakan oleh beberapa organisasi seperti sekolah, komunitas, organisasi, industri otomotif atau instansi pemerintah. Beberapa contohnya adalah logo BMW, Harley Davidson, Starbucks, dll.Demikianlah pembahasan mengenai kunci sukses bisnis dari saya. Anda dapat menggunakan Jasa Desain Logo dari Punca.id untuk membantu promosi produk Anda.Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mencapai tujuan kalian kedepanya. Manfaatkan media sosisl dengan sebaik baiknya, karena banyak hal menarik di dalamnya. Tentu pintar pintar memilih informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *