Jenis Pakan Ternak dan Nutrisinya Seperti Apa Saja?
Jenis pakan hewan ternak yang adalah salah satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan saat hendak memutuskan beternak. Pakan yang baik dan tepat tentunya akan menentukan kualitas hewan ternak yang kamu punya ke depannya.Hal itu akan berimbas pada hasil yang kamu inginkan, yaitu mempunyai hewan ternak yang sehat dan unggul. Produk-produknya juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi seperti daging dan telur.Itu berarti memilih pakan untuk ternak tidak bisa sembarangan karena juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang dimiliki. Lalu seperti apa jenisnya dan apa saja nutrisi yang dikandungnya? Yuk, tanpa berlama-lama, mari kita simak bersama!

Jenis Pakan Hewan Ternak dan Nutrisinya

jenis pakan ternakSecara umum ada 5 jenis pakan ternak, yaitu pakan kasar, pakan penguat, pakan fermentasi, vitamin, dan mineral

1. Kasar

Jenis pakan pertama adalah pakan kasar. Dinamakan demikian karena pakan ini mempunyai volume yang besar tetapi beratnya rendah. Pakan ini bisa didapatkan dari hijauan seperti rumput, daun leguminis, dan sisa hasil panen berupa jerami.Untuk kandungan nutrisinya adalah hijauan dari rumput mempunyai kandungan serat kasar sekitar 18% namun kandungan energinya rendah.Daun leguminis dan kacang-kacangan mengandung protein kasar sebanyak 20%. Sementara jeramk hanya sekitar 3-4% bahan kering.Pakan kasar sangat diperlukan terutama bagi hewan memanah biak untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu.Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin pencacah rumput dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

2. Penguat

Atau juga pakan konsentrat. Pakan ini mempunyai kandungan serat kasar yang rendah, yaitu di bawah 18%. Konsentrat sendiri adalah bahan pakan yang diberikan bersamaan dengan bahan pakan lainnya untuk meningkatkan kandungan gizi.Kandungan nutrisi utamanya berupa energi dan protein. Terdapat dua jenis konsentrat, yaitu konsentrat untuk sumber energi dan untuk sumber protein.Untuk sumber energi kadar protein yang dimiliki kurang dari 20% sedangkan sumber protein kasar proteinnya di atas 20%. Konsentrat bisa didapatkan dari hewan dan tumbuhan.

3. Fermentasi

Jenis pakan hewan ternak selanjutnya adalah fermentasi. Merujuk pada namanya pakan ini dibuat dengan menggunakan metode fermentasi.Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pengawetan kandungan gizi pada pakan hijauan atau bahan pakan lainnya supaya tetap dapat disimpan dalam waktu lama, dengan jumlah nutrisi yang tepat. Melalui pakan fermentasi ini akan didapatkan hewan ternak yang berkualitas baik yang berdampak ke nilai jual.

4. Mineral

Tidak hanya pada manusia, hewan ternak pun membutuhkan mineral terutama pada hewan ternak perah. Mineral sendiri berupa zat anorganik seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfat, natrium, dan magnesium yang berfungsi membantu pembentukan enzim dan vitamin untuk pembentukan bobot hewan yang sesuai.Karena itu sangat penting bagi kamu peternak untuk mengetahui kandungan mineral dalam pakan demi hewan ternak kamu.

5. Vitamin

Terakhir adalah vitamin yang sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan serta menjaga fungsi alami sistem tubuh hewan ternak.Vitamin untuk hewan ternak terbagi dua, yaitu vitamin larut seperti B kompleks, B6, B12, C, biotin, kholin, inondol, dan Niacin. Sedangkan vitamin lainnya adalah larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.Pemberian vitamin ini sangat penting untuk hewan ternak, dan tidak boleh diabaikan. Sebab, hal itu dapat menyebabkan ternak menjadi lemah, sakit-sakitan, dan bahkan mati.Itulah jenis pakan hewan ternak beserta nutrisinya yang perlu kamu ketahui ketika memutuskan hendak beternak. Jangan sampai kamu salah dalam memberi pakan yang tepat karena tentunya itu akan merugikan kamu ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *