Manfaat Minyak Atsiri Cengkeh Untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Atsiri Cengkeh Untuk Kesehatan- Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia yang biasa terdapat pada bumbu dapur dan obat herbal. Tak hanya diolah dengan cara dijemur atau ditumbuk, cengkih juga bisa diolah menjadi minyak dengan berbagai manfaat. Secara umum, minyak cengkih berwarna pucat. Namun berdasarkan beberapa hasil screening, minyak cengkih dapat berwarna kuning muda dan memiliki bau yang menyengat.

Manfaat Minyak Atsiri Cengkeh

manfaat minyak atsiri cengkeh

1. Mengatasi Masalah Kulit

Minyak cengkeh bisa menjadi obat alami untuk kulit kering. Penggunaannya sangat sederhana, oleskan minyak pada kulit yang kering, lalu bersihkan dengan kain bersih. Minyak ini juga banyak ditemukan pada produk perawatan kulit untuk mengurangi bekas luka, mengatasi bengkak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mengatasi Sakit Perut

Ternyata, minyak cengkih efektif meredakan sakit perut. Minyak ini mengandung eugenol yang dikatakan dapat mengatasi ketidaknyamanan pencernaan. Selain itu, minyak cengkeh bisa dipakai buat mengobati perut kembung, cegukan, dan mabuk perjalanan. Untuk mengkonsumsinya, jangan ditelan mentah-mentah ya. Sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak cengkih ke dalam air rebusan, aduk hingga rata lalu minum.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak cengkeh tak jarang dipakai menjadi bahan dasar pembuatan balsem. Lantaran cengkeh mengandung bahan aktif yg membantu memperlancar sirkulasi darah & mengurangi rasa sakit dalam tubuh. Lantaran manfaat tersebut, minyak cengkeh bisa meredakan ketegangan dampak sakit kepala.Sedangkan bila digunakan sebagai campuran aromaterapi, minyak cengkeh tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah, tetapi juga dapat merangsang otak lebih lanjut. Secara efektif, pikiran Anda menjadi lebih fokus dan tubuh Anda lebih energik.

4. Mempertahankan Rambut Yang Kuat

Apakah Anda memiliki masalah dengan rambut Anda? Anda bisa menggunakan minyak cengkeh untuk membantu mengatasinya. Nah, minyak ini konon bisa mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Jika dioleskan secara teratur, minyak cengkeh dikatakan dapat mengembalikan kilau rambut kusam.Untuk menerima manfaat tadi, Anda mampu mencampurkan minyak cengkeh menggunakan minyak zaitun. Setelah keramas menggunakan sampo, oleskan adonan ke 2 minyak tadi ke btg rambut dan kemasan menggunakan handuk yg dibasahi air hangat. Biarkan selama 20 mnt dan bilas sampai higienis menggunakan air dingin.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Penggunaan minyak cengkeh juga dikaitkan dengan kanker. Dalam sebuah penelitian in vitro, yaitu pengujian menggunakan sel dalam tabung reaksi, ditemukan bahwa minyak cengkeh dapat menjadi racun bagi sel kanker. Dalam penelitian tabung reaksi lainnya, para peneliti menemukan bahwa minyak cengkeh menghentikan pertumbuhan beberapa sel kanker, termasuk kanker payudara, serviks, dan usus besar.

6. Memiliki Efek Antibakteri

Minyak cengkeh memiliki efek antibakteri yang dapat mengobati infeksi bakteri dan jamur tertentu. Hal ini telah dibuktikan dalam studi infeksi Candida albicans. Kandungan eugenol minyak cengkeh telah terbukti dapat membunuh jamur, baik dalam kultur maupun pada model tikus.

7. Sebagai Pereda Nyeri

Berkat komponen yang dikandungnya, minyak cengkih dapat meredakan berbagai jenis nyeri. Minyak ini memiliki sifat pereda nyeri yang dapat membantu mengatasi sakit gigi dan nyeri sendi. Selain itu, minyak ini efektif untuk mengurangi nyeri punggung pada wanita pasca melahirkan.Menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati nyeri sangatlah mudah. Gosokkan saja minyak cengkih ke bagian tubuh yang sakit. Atau kompres bagian tubuh yang sakit dengan kain bersih yang dibasahi minyak cengkeh.

8. Mengontrol Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Manfaat minyak cengkeh tentu saja baik untuk penderita diabetes. Kandungan nigeriasin pada cengkeh diketahui dapat meningkatkan penyerapan gula darah dalam tubuh.

9. Baik Untuk Kesehatan Hati

Eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh dianggap memiliki sifat menyehatkan hati. Penelitian pada hewan dengan penyakit hati berlemak menemukan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko stres oksidatif. Sayangnya, penelitian tentang manfaat minyak cengkeh selama ini masih terbatas pada manusia. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keefektifannya.

10. Merawat Tulang

Distrofi tulang, kelainan tulang yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Beberapa senyawa dalam cengkeh telah terbukti membantu menjaga massa tulang. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak cengkih yang kaya akan eugenol dapat memperbaiki osteoporosis, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.Demikian penjelasan tentang manfaat minyak atsiri cengkeh untuk kesehatan. Jangan lupa gunakan mesin penyulingan terbaik di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *