Cara Mengolah Batok Kelapa Menjadi Briket yang Berguna
Cara Mengolah Batok Kelapa Menjadi Briket - Bagaimana cara membuat briket dari batok kelapa? Mungkin banyak yang penasaran. Langkah-langkahnya tidak sulit, asalkan sobat Mediatan sudah memiliki alat dan bahannya. Tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Untuk mengetahuinya, simak cara membuat briket kelapa.

Pengertian Briket

Briket adalah bahan bakar untuk menciptakan dan mempertahankan kebakaran batu bara. Briket yang paling umum adalah briket batubara, briket gambut, briket batubara dan briket biomassa. Briket biomassa sering digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.Ketika Sobat Mediatan mendengar kata “briket” mungkin sudah tahu batu bara sebagai bahan baku pembuatannya. Namun seiring berjalannya waktu, briket juga dapat dibuat dari bahan lain, seperti bambu, batok, kulit kacang, serbuk gergaji, batok kelapa bahkan sampah.

Cara Membuat Briket Kelapa

cara mengolah batok kelapa menjadi briketKarena yang digunakan hanya bahan yang dekat dengan sobat Mediatani, langkah pembuatan briket kelapa tidak sulit dan relatif cepat. Jika Anda tertarik, simak poin-poin penjelasan di bawah ini.

1. Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan untuk membuat briket kelapa. Alat dan bahannya adalah batok kelapa yang sudah dicuci mesin batok kelapa, air, serbuk gergaji, kanji dan pipa PVC jika diperlukan. Setelah itu sobat Mediatan bisa langsung mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Pembuatan Bahan Dasar

Bakar serbuk gergaji dan batok kelapa hingga hangus. Giling halus lalu ayak hasil tumbukan dengan skala 50 dan 70 mesh. Titik ini bertujuan untuk membuat serbuk gergaji dan batok kelapa yang halus dan lembut.

3. Pembuatan Adonan

Cara membuat briket batok kelapa selanjutnya adalah dengan membuat pasta dari tepung kanji. Langkah ini tidak sulit, jadi cukup tuangkan tepung kanji ke dalam mangkuk dalam wadah. Tuang air ke dalam mangkuk, lalu aduk kanji hingga tercampur dengan air.

4. Proses Pencampuran

Selanjutnya, campurkan bubuk tempurung kelapa ke dalam adonan kanji. Hasil saringan serbuk gergaji dan tempurung kelapa dengan perbandingan 1 : 9 Tambahkan lem kanji 2,5% dari seluruh campuran serbuk gergaji dan kelapa sambil diaduk.

5. Proses Pencetakan

Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Jika Sobat Mediatani ingin cara lain, kalian bisa memasukkan adonan ke dalam tabung. Cetak sesuai bentuk yang diinginkan dengan tangan Anda sendiri atau dengan alat cetak.

6. Proses Pengeringan

Setelah dicetak, keringkan briket di luar atau di bawah sinar matahari yang hangat agar briket cepat kering. Setelah kering, simpan briket sebelum digunakan atau bahkan dijual. Cara membuat briket kelapa dengan cepat dan mudah.

Keunggulan Briket Kelapa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, briket kelapa dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Batok kelapa bermanfaat, seperti halnya briket kayu. Harganya murah dan tahan lama saat dihisap. Apa manfaat lain dari batang kelapa yang ada?

1. Energi Terbarukan

Intinya produksi briket sabut bisa dilakukan langsung dari sumber daya alam. Briket sabut juga mengandung biomassa karena mengacu pada bahan biologis yang pernah menjadi organisme hidup.

2. Panasnya Maksimal

Berbeda dengan briket arang, briket kelapa menjadi incaran banyak orang karena panasnya bisa mencapai 7000 kal. Jadi briket ini tidak hanya berkalori tinggi, tetapi juga menawarkan manfaat untuk membantu proses memasak hingga benar-benar matang.

3. Tidak Kaya Asap

Jika briket arang menghasilkan banyak asap, briket kelapa tidak menghasilkan asap. Bahkan saat dibakar, asap yang dikeluarkan sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Hal ini tidak mengganggu pernapasan dan tidak menimbulkan polusi udara di sekitar Mediatani Friends. Cara mengolah batok kelapa menjadi briket untuk memaksimalkan fungsi dari kelapa, Manfaat dari briket biasanya digunakan untuk bahan bakar.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *