Kegunaan Sabut Kelapa untuk Tanaman
Sabut kelapa meiliki banyak manfaat dan banyak digunakan untuk sebagai sarana tanamank Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang kegunaan sabut kelapa untuk tanaman dan perkebunan. Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Kegunaan Sabut Kelapa

kegunaan sabut kelapaPemanfaatan sabut kelapa pada tanaman dan perkebunan merupakan salah satu keunggulan sabut kelapa yang telah diolah dengan mesin sabut dapat atau dapat digunakan. Pengolahan serat sabut berguna bagi tanaman yaitu pengolahan sebagai pupuk tanaman atau media tanaman sebagai pengganti tanah Pemanfaatan jantung bagi tanaman dan tukang kebun sangat bermanfaat bukan! Selain karena pengolahan kelapa menghasilkan uang bagi pengusaha manufaktur, ternyata juga memberikan dampak lingkungan yang signifikan bagi masyarakat. Sama seperti ketika kelapa ditumpuk dan dibiarkan begitu saja, secara alami mengundang serangga seperti nyamuk dan lainnya, bukan?Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu cara merawat pohon kelapa agar lebih bermanfaat bagi tanaman dan tukang kebun!

  Pengolahan sabut kelapa menjadi media pengganti tanah

Pengolahannya sangat sederhana yaitu kita tinggal mencari batok kelapa yang sudah tua, lalu batok kelapanya kita buang dan cuci batoknya, jangan lupa jemur di bawah terik matahari, lalu kita sobek dan potong batok kelapanya. Lalu hancurkan dan masukkan ke dalam pot untuk disimpan dengan tanaman.

  Pengolahan Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat

Tentu kita harus menjemur sabut kelapanya lalu kita menjemur bubuk kelapa mentahnya sepanjang hari untuk mengurangi kadar airnya hingga mencapai 15 persen kadar airnya. Kemudian kita bisa menyaring bubuk kelapa parut untuk membuat bubuk yang sangat halus yang biasa disebut debu. Ayakan sisa berupa tepung kelapa mentah dapat diolah menjadi bahan pembuatan batu bata atau papan serbuk.Debu yang berupa serbuk kelapa yang sangat halus tersebut kemudian dapat ditekan menjadi balok dengan menggunakan mesin press. Tujuannya agar Cocopeat mudah dikemas, didistribusikan dan digunakan sesuai kebutuhan petani. Plastik transparan biasanya digunakan untuk kemasan cocopeat yang kemudian dikumpulkan dalam kantong atau kemasan lainnya.Selain khasiatnya, kini pohon kelapa juga sangat bermanfaat bagi tukang kebun yang sangat membutuhkan pohon kelapa sebagai media tanam di rumah! Selain karena kerang banyak mengandung potasium yang dapat menyuburkan tanaman dan memberikan hasil yang sangat baik, tukang kebun kini dapat dengan mudah mendapatkan hati secara alami dari alam.

Sabut Kelapa untuk Media Tanam

sabut kelapa untuk media tanamSabut kelapa memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan media tanam lainnya dan berikut kegunaan sabut kelapa untuk tanaman:

1. Teksturnya Mirip Tanah

Bentuk dan struktur kelapa yang seperti bumi serta butirannya yang halus memastikan tanaman beradaptasi dengan cara yang sama seperti jika kita menanamnya di tanah. Perbedaan antara sabut kelapa dan media tanam hanya kandungan nutrisinya saja, sabut kelapa tidak mengandung nutrisi seperti tanah. Oleh karena itu untuk menumbuhkan tanaman serabut kelapa, tanaman tidak hanya direndam dalam air tetapi juga dalam larutan nutrisi.

2. Dapat Menyerap Air dengan Baik

Sabut kelapa merupakan media tanam yang memiliki daya tampung air yang cukup tinggi dan dapat menyimpan air lebih banyak dibandingkan dengan yang tersimpan di dalam tanah. Kelapa dapat menyimpan dan menahan air yang sepuluh kali lebih baik dari tanah dan hal ini mestina sangat baik untuk tanaman yang tumbuh dalam sistem hidroponik. Karena mampu menahan air, akar tanaman tidak mudah kering dan dapat dibasahi dengan baik.

3. Ramah Lingkungan

Karena kokas terbuat dari bahan organik, sangat ramah lingkungan dan dapat terurai dengan baik di dalam tanah saat tidak digunakan. Selain itu, kelapa tentunya juga dapat didaur ulang kembali ke lingkungan tanaman baru dengan menggunakan proses tertentu.

4. Lebih Tahan Hama

Beberapa hama seperti hama tanah tidak menyukai sabut kelapa dan ini pasti dapat melindungi tanaman dengan lebih baik dan menjaganya dari serangan hama.

5. Lebih Mudah untuk Pemula

Menanam dengan batok kelapa sangat dianjurkan bagi yang baru mulai belajar cara bercocok tanam secara hidroponik. Karena bentuk dan teksturnya yang bersahaja, ayam kelapa mudah dikelola saat pertama kali menanamnya.Tentunya, jika ingin membuat sabut kelapa anda memerlukan mesin sabut kelapa agar nantinya bisa lebih praktis dan lebih baik. Adapun jika anda memelukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda. Nah itulah penjelasan tentang kegunaan sabut kelapa untuk tanaman. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *