Cara Membuat Arang Batok Kelapa tanpa Asap yang Berkualitas
Cara membuat arang batok kelapa tanpa asap - Batok kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang berbentuk endokrin, keras, dan dilapisi sabut kelapa. Bagian kelapa ini biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar, dan briket tempurung kelapa.Batok kelapa yang diolah dapat menghasilkan nilai tambah yang sangat berharga. Batok kelapa memiliki potensi yang besar dan praktis dalam penggunaannya. Bentuk batok kelapa yang bulat dan keras memudahkan para pengrajin batok kelapa untuk membuat kerajinan tangan.Saat ini yang menjadi pusat perhatian dan pemanfaatan terbesar dari batok kelapa adalah sebagai penyimpan energi.

Cara Membuat Arang Batok Kelapa tanpa Asap

Briket tempurung kelapa merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang memiliki banyak keunggulan saat digunakan. Beberapa keuntungan menggunakan briket batok kelapa adalah hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan.Briket tempurung kelapa bersifat mudah terbakar, tahan lama dan menghasilkan energi panas yang tinggi, sehingga jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa lebih hemat.Pengolahan briket ini tidak menambahkan bahan kimia sehingga pada saat digunakan tidak mengeluarkan asap dan abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, Anda tidak perlu khawatir dengan noda hitam, karena briket tidak meninggalkan noda pada peralatannya.

Bahan Pembuatan Briket Kelapa:

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan:

  • Mesin bubuk arang / diskmill
  • Printer briket
  • Mesin pengaduk adonan
  • Briket oven

Cara Membuat Briket Batok Kelapa

cara membuat arang batok kelapa tanpa asap1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dibuat arang dengan arang manual menggunakan tong kemudian dibakar dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang. Arang ini juga dapat menggunakan proses pirolisis, dimana batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup kemudian dikondensasikan secepatnya untuk mendapatkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang telah dihasilkan melalui sistem pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Jika sudah melalui proses peremukan arang, maka wadah pengayakan dapat menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini kemudian diguncang dengan air dan lem pati. Saat proses pengadukan ini bisa ditambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa.

5. Proses Cetak Briket Arang Batok Kelapa

Jika semua bahan sudah tercampur rata, maka lakukan proses printing menggunakan print.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah dicetak menggunakan oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini dapat menggunakan bantuan sinar matahari. Briket batok kelapa ini siap untuk dikemas dan dipasarkan.Membuat briket dari batok kelapa cukup dan sederhana. Anda bisa mencoba cara membuat briket dari bahan batok kelapa ini. Anda juga bisa menggunakan mesin briket arang agar lebih mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin briket arang dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.Hasil memasaknya juga memuaskan dengan menghasilkan cita rasa makanan yang enak yang menguntungkan baik bagi ibu rumah tangga, warung makan, restoran maupun pengguna industri.

Keunggulan Briket Batok Kelapa

  • Briket batok kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu:
  • Lebih murah dan ekonomis.
  • Tidak ada resiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor LPG.
  • Panas yang tinggi dan terus menerus sangat baik untuk pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak menimbulkan suara apa pun dan tidak terlalu waspada, sehingga tidak merusak peralatan memasak.
  • Ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.
  • Sumber briket dari batok kelapa sudah tua.
Demikian penjelasan tentang cara membuat arang batok kelapa tanpa asap. Apabila ada kesalahan dalam artikel ini mohon di maafkan. Dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *