Olahan Jagung Manis untuk di Hidangkan Bareng Keluarga
Olahan Jagung Manis - Jagung bisa dibuat dari apa? Sebelum menjawab pertanyaan ini, pelajari dulu jagung manis dan berbagai manfaatnya.Jagung manis (Zea mays convar. saccharata var. rugosa) merupakan jenis jagung dengan kadar gula lebih tinggi dibandingkan jagung biasa. Varietas jagung ini juga dikenal di dunia pertanian sebagai jagung manis, jagung manis, dan jagung manis.Berbeda dengan jagung biasa yang tergolong palawija, jagung manis tergolong sayuran karena memiliki umur simpan yang lebih pendek, artinya mudah busuk seperti lalapan.Jagung manis dipanen saat masih muda (matang susu), kurang lebih 18-22 hari setelah proses penyerbukan. Rasa manis tersebut berasal dari mutasi gen yang mengatur pembentukan rantai polisakarida, sehingga biji jagung tidak dapat menghasilkan pati yang cukup.Jagung manis harus dipanen muda, karena bulirnya akan menyusut jika dipanen bersamaan dengan jagung biasa. Karena jagung manis tidak memiliki umur simpan, maka tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Rasa manisnya hanya bertahan maksimal empat hari, sehingga harus segera diolah atau dinikmati.

Kandungan Nutrisi Jagung

Olahan Jagung ManisSitus kesehatan Healthline melaporkan bahwa satu cangkir (164 gram) jagung manis mengandung 177 kalori. 41 gram karbohidrat, 5,4 gram protein, 2,1 gram lemak, 4,6 gram serat, 17 persen vitamin C harian, 24 persen vitamin B1 harian, 19 persen vitamin B9 harian (folat), 11 persen kebutuhan vitamin magnesium harian dan 10 persen kebutuhan kalium harian.Karena kandungan nutrisinya yang cukup baik, jagung manis dapat dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang wajar. Karena tanaman ini bebas gluten, ia juga dapat dikonsumsi oleh pemakan gluten.Apakah jagung manis aman untuk penderita diabetes? Sebagian besar karbohidrat dalam jagung berasal dari pati, yang dapat menaikkan gula darah dalam waktu singkat jika tidak dikonsumsi dalam batas wajar. Namun, jagung manis juga tinggi serat yang bisa membantu menyeimbangkan gula darah.Menurut Bio Wellbeing, jagung manis memiliki indeks glikemik 52. Makanan yang dapat melepaskan glukosa lebih cepat ke aliran darah biasanya memiliki indeks glikemik di atas 70, sehingga jagung manis relatif aman untuk penderita diabetes jika porsinya dibatasi.

Cara Memilih dan Menyimpan Jagung Manis

Bagaimana cara memilih jagung manis yang segar dan benar-benar manis? Bagaimana menjaganya dengan baik? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.
  • Jika memungkinkan, pilihlah jagung manis dengan kulitnya. Pastikan kulit tetap hijau dan tidak mengering.
  • Jika Anda membeli jagung manis tanpa kulit, tekan bijinya dengan jari Anda. Jika bagian dalamnya masih berair, berarti jagung manisnya masih segar.
  • Simpan jagung manis di lemari es agar tetap segar dan manis.
  • Jangan mengupas jagung manis sebelum disimpan di lemari es. Jika sudah dikupas, bungkus dengan plastik sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.
  • Manisnya jagung manis biasanya hanya 4 hari, tidak boleh disimpan terlalu lama.

Inspirasi Olahan Jagung Manis

Jagung manis bisa dibuat jadi apa? Layaknya jagung biasa, sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan cemilan. Sebelum diolah jagung harus di giling terlebih dahulu menggunakan mesin giling jagung. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda coba.
  1. Bakwan Jagung (Bala-bala Jagung)
  2. Bakwan Jagung Malang (Dadar Jagung)
  3. Salad Jagung
  4. Oseng Jagung Manis Sosis
  5. Sup Jagung dan Telur
  6. Sayur Bening Bayam dan Jagung Manis
  7. Sayur Asem Sunda dengan Jagung Manis
  8. Jagung Bakar Pedas Manis Keju
  9. Jagung Susu Keju (Jasuke)
  10. Muffin Jagung Manis
ada banyak banget Olahan Jagung Manis yang bisa anda buat dan bisa anda coba tergantung selera dan bahan yang anda miliki.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *