Cara Mengemas Sayuran agar Tahan Lama dan Tetap Segar
Cara mengemas sayuran agar tahan lama - Saat ini, pemerintah masih membatasi pergerakan masyarakat untuk pembelian dan penjualan secara online, termasuk untuk membeli sayuran.Namun, sebagian besar pedagang masih belum mengetahui cara mengemas sayur agar sayur bisa sampai ke pelanggan paling lama. Sebenarnya ada banyak metode pengiriman yang bisa disesuaikan untuk makanan segar. Jika Anda ingin tahu, lihat informasi di bawah ini.

Perhatikan Ini Sebelum Mengirim Sayuran

1. Mengecek Kualitas Barang Sebelum Dikirim

Tentu saja, Anda tidak ingin pelanggan kecewa dengan produk yang tidak baru saat diterima. Jadi selalu periksa kualitas sayuran saat Anda menerimanya dari pemasok atau dari kebun Anda sendiri.Sayuran dengan kualitas tertentu berwarna cerah dan tidak layu. Jika Anda mendapatkan sayuran busuk, pisahkan sebelum sayuran lain terkontaminasi. Selama ini, segera kirim bahan makanan segar asalkan masih segar.

2. Gunakan Kemasan yang Tepat

Tentu saja, Anda ingin menghindari pengiriman sayuran dari wadah basah. Kelembaban dalam kemasan dapat menjadi faktor utama dalam kerusakan bahan makanan mentah.Untuk menghindari hal ini, Anda harus mengirimkan sayuran sesuai dengan metode pengemasan yang benar agar tetap segar dalam waktu lama:
  • Pertama, Anda menggunakan cling film untuk menutupi sayuran. Jika Anda ingin menggunakan kotaknya, rekatkan setiap sisinya untuk menjaga suhu dan keamanan.
  • Sementara itu, siapkan sendiri bahan makanan segar sesuai jenisnya, seperti sawi di satu wadah plastik dan bayam di wadah lain.
  • Selain itu, peti kayu sangat cocok untuk mengangkut sayuran keras. Kemudian gunakan wadah plastik untuk sayuran kecil dan rapuh.
  • Tambahkan busa sepon saat mengemas sayuran lunak atau renyah dan mudah “dihancurkan” seperti terong. Kemudian tambahkan plastik agar suhu tetap dingin.
  • Ingatlah untuk menggunakan koran jika ingin membungkus sayuran. Ini karena bisa membuatnya lebih basah.

3. Mencari Tahu Ketahanan Sayur

Sama seperti mengemas sayuran agar tahan lebih lama, Anda perlu mengetahui berapa lama mereka bertahan dalam wadah pengiriman. Hal ini dilakukan untuk kualitas.Sementara kalau mengirim sayuran cukup memperhatikan waktu saja. Oleh karena itu, pastikan kemasan yang digunakan aman dan menjaga kesegaran produk.Bahan makanan mentah disimpan dalam kemasan makanan kedap udara dan dapat disimpan selama kurang lebih 24-36 jam. Maka dari itu, selalu gunakan jasa pengiriman yang tercepat, apalagi jika ingin kirim ke luar kota.

Cara Mengemas Sayuran agar Tahan Lama

Cara Mengemas Sayuran agar Tahan LamaSama seperti mengirim bunga, mengirim sayuran juga dianggap sebagai hal yang rumit. Namun pengiriman sayuran bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Tanpa Menggunakan Kemasan

Saat ini, sebagian besar sayuran yang dijual tidak dikemas. Saat pengiriman, Anda dapat menggunakan kotak kardus atau kotak polistiren dengan tambahan es untuk pendinginan.

2. Menggunakan Film Plastik

Sayuran juga bisa dibungkus dengan bahan yang disebut cling film agar tetap segar. Keuntungan bentuk kemasan ini adalah tampilan luarnya bersih dan mewah.Selain itu, dapat mengurangi penguapan yang berlebihan. Sehingga Anda dapat memperpanjang kesegaran dan melindungi sayuran dari kontaminasi silang.

3. Menggunakan Styrofoam Dilapisi Film Plastik

Dengan cara ini, sayuran akan tersusun rata dan diletakkan di atas foam tray. Kemudian dibungkus dengan film plastik.Keunggulan dari bentuk kemasan ini adalah terlihat lebih bersih dan mewah. Selain itu, mengurangi penguapan yang berlebihan untuk memperpanjang kesegaran sayuran, melindungi sayuran dari kerusakan fisik akibat tekanan, dan melindungi sayuran dari kontaminasi silang.

4. Menggunakan Kantong Plastik

Sayur yang akan dimasukkan ke dalam kantong plastik berjenis PP atau PE. Biasanya, kantung ini akan diberi lubang pada beberapa bagian permukaannya untuk memperoleh sirkulasi udara yang baik.Manfaat dalam pengemasan bentuk ini, dapat mengurangi penguapan yang berlebihan. Selain itu, memperpanjang kesegaran sayur dan mengurangi kontaminasi silang.

5. Menggunakan Vacuum Plastik

Plastik jenis ini dapat digunakan untuk membungkus sayur yang telah dipersiapkan secara khusus. Hal ini maksudnya, agar sayur yang dikirim harus melalui proses pengupasan, pencucian, pemotongan, sampai siap untuk diolah.Sayur yang telah diproses, akan dimasukkan ke dalam vacuum plastik. Selanjutnya, pada vacuum udara dalam plastik menjadi habis atau hampa. Anda bisa menggunakan vacuum sealer dengan harga terjangkau tapi berkualitas hanya di rumah mesin.Manfaat dari kemasan berbentuk ini, sayur yang dikemas siap diolah sehingga dapat mengurangi food waste. Hal ini berarti dapat mengurangi masalah sampah rumah tangga dari sayuran.Selain itu, menghemat waktu bagi konsumen karena sayur akan siap untuk dimasak. Jadi Anda tidak perlu memakan waktu lebih untuk melakukan pembersihan atau pengupasan.Demikianlah informasi menarik terkait cara packing sayuran agar awet. Semoga apa yang telah tersampaikan bisa memberikan manfaat bagi Anda untuk menemukan ide packing sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *