Jenis Jenis Video Sesuai Format Dan Tujuannya
Jenis jenis video- Video didefinisikan sebagai teknologi untuk menangkap, menyimpan, dan memproses gambar bergerak. Sejak saat itu, berbagai kemajuan telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan video.Salah satunya adalah semakin banyaknya format video dan perbedaannya. Anda biasanya dapat melihat perbedaan dalam format ini pada nama file yang diakhiri dengan .AVI, .3gp, .mpeg, dll.Lebih lanjut, video adalah teknologi yang digunakan untuk menangkap, menyimpan, memproses, mengirim, dan mengatur ulang gambar bergerak. Yang biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik atau media digital.Video digital sendiri adalah jenis sistem perekaman video yang beroperasi pada sistem digital daripada penyajian video analog. Biasanya, video digital direkam pada kaset dan kemudian didistribusikan melalui cakram optik seperti VCD dan DVD.

Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan

1. Video Dengan Tujuan Cerita

Video jenis ini adalah video yang pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah cerita. Misalnya program televisi (sinetron). Video yang ini banyak diminati dan juga paling banyak ditemui setiap hari. Dan hampir semua orang pernah menonton video jenis ini.

2. Video Dengan Tujuan Dokumentor

Video jenis ini mengabadikan suatu peristiwa yang kita anggap penting untuk direkam dan yang nantinya akan dijadikan data atau dokumen.Pasti banyak dari kita yang sering berhadapan dengan suatu peristiwa yang kita anggap penting dalam hidup. Misalnya momen wisuda, jalan-jalan bersama kerabat, dll.

3. Video Dengan Tujuan Berita

Tujuan dari video ini adalah untuk menyebarkan berita ke banyak orang. Biasanya ibu-ibu menonton jenis video ini. Video yang berisi peristiwa yang dapat disebarluaskan. Video bermanfaat jika isi video berita ini bukan hoax dan menyajikan berita yang cocok untuk diketahui oleh banyak orang.

4. Video Dengan Tujuan Pembelajaran

Video ini berisi materi edukasi untuk memudahkan proses belajar mengajar bagi siswa. Video ini juga sangat efektif karena dapat diputar ulang. Pada video ini sangat berguna bagi siswa. Karena video pendidikan tidak mungkin membosankan dan menggairahkan siswa.

5. Video Dengan Tujuan Presentasi

Video dengan ide atau ide yang ingin Anda sampaikan kepada seseorang atau kelompok dan organisasi. Video ini bertujuan untuk mengkomunikasikan dan mengajukan ide dalam pertemuan atau diskusi dengan teman dan organisasi.

Jenis Jenis Video Berdasarkan Format

1. AVI

paman Microsoft pertama kali meluncurkan AVI atau Audio Video Interlaced pada tahun 1992. Format video ini didukung oleh hampir semua pemain. Ukuran file yang biasanya besar membuat pendaftaran PPN menjadi kurang efisien.

2. MKV

MKV atau Matroska Video Container adalah format video standar yang gratis dan terbuka. MKV memiliki banyak keunggulan, termasuk membuat menu dan bab untuk DVD. Meskipun MKV dianggap format yang paling fleksibel saat ini, masih belum didukung secara universal.

3. MPEG 1

format ini banyak digunakan dalam industri. Kualitas gambar yang direkam setara dengan VHS dengan suara CD.

4. MP

MP adalah versi terbaru dari MPEG. Format ini sering digunakan bersama dengan H.263/H.26 untuk video dan AAC untuk audio.

5. ASF

Seperti namanya, Advance Streaming Format banyak digunakan dalam layanan streaming video Internet.

6. MOV

MOV banyak digunakan di pemain Quick Time. MOV adalah format yang paling umum digunakan untuk mengirim file video melalui Internet.

7. 3GP

3GP atau Proyek Kemitraan Generasi ke-3 adalah format video yang paling umum digunakan untuk keperluan multimedia. Ukuran file lebih kecil dan kualitasnya lebih buruk daripada MP.Bagi kalian yang sedang mencari jasa video jogja kalian bisa cek di web punca.id  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *