Cara Buat Minyak Sereh Dengan Mudah
Cara Buat Minyak Sereh Dengan Mudah- Sereh merupakan salah satu tumbuhan tropis dan rempah-rempah yang digunakan untuk menambah cita rasa pada minuman dan makanan, dan juga dapat hadir dalam berbagai bentuk seperti sebagai teh yang dapat diminum, diolah menjadi minyak yang dapat digunakan untuk menenangkan tubuh.

Cara Membuat Minyak Sereh

Cara Buat Minyak Sereh Bahan:
  1. Sereh
  2. Air Es
Alat:
  1. pisau dan talenan
  2. Kolam berukuran sedang
  3. Sebuah botol kaca kecil
  4. panci
  5. Selang kecil yang panjang
Langkah pembuatan:
  1. Potong serai yang sudah dipanen menjadi potongan-potongan sekitar 5 cm. Untuk hasil yang tahan lama, Anda bisa menjemur serai yang sudah dipanen selama kurang lebih 3-4 jam. Tujuannya agar serai tidak mudah busuk.
  2. Kemudian bor lubang di wajan. Pastikan Sobat, lubangnya cukup besar untuk tabung, yang akan diperkenalkan nanti sebagai cara membuat minyak atsiri lemon. Lubang di kanan dan kiri sesuai dengan diameter seluruh selang.
  3. Kemudian, tuangkan air ke dalam panci. Isi dengan air, hanya setengah dari panci, lalu tutupi dengan separator, yang biasanya digunakan untuk menutupi makanan.
  4. Tambahkan sereh cincang ke dalam panci yang sudah penuh air. Keseluruhan membuatnya biasanya mengukus makanan.
  5. Selain itu, jangan lupa tutup panci dengan rapat agar uap serai tidak hilang. Pastikan juga tutup ketel berlubang dan dipasang atau dilengkapi dengan selang.
  6. Siapkan kolam yang berlubang di kanan dan kirinya, lalu masukkan selang ke ujung kanan kolam dan keluarkan ujung kirinya.
  7. Jika beberapa selang masuk ke kolam, letakkan es batu yang sudah disiapkan di kolam.
  8. Siapkan juga botol kaca dan masukkan ujung selang ke dalam botol.
  9. Tunggu beberapa saat, maka minyak serai akan menetes dan mengalir ke dalam botol dengan sendirinya.

Kandungan Minyak Sereh

Konsentrasi serai terutama minyak atsirinya dapat mengatasi nyeri dengan kandungan Citronellal (30-45%), Geraniol (65-90%), Citronellol (11-15%), Geranyl Acetate (3-8%), Citronelil . Asetat. (2-4%), citral, kavicol, eugenol, elemol, cadinol, cadinene, vanillin, limonene, camphene. Dan juga, komponen kimia dalam minyak serai wangi ini cukup kompleks lho sobat.

Manfaat Minyak Sereh

Cara Buat Minyak Sereh

1. Mencegah Peradangan

Setelah dilakukan penelitian, ternyata dapat mengatasi peradangan kulit. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak atsiri serai memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada tikus dengan infeksi jamur. Peradangan kronis diperkirakan menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker.

2. Meredakan Masalah Perut dan Mual

Sereh sendiri digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa masalah umum seperti : B. Masalah pencernaan mulai dari sakit perut hingga sakit maag. Ini juga merupakan bahan umum yang digunakan dalam teh herbal dan suplemen untuk mengobati mual.

3. Mengatasi Diare

Sereh dapat membantu memperlambat diare secara alami, menurut sebuah studi tahun 2006. Dan ketika Anda menggunakan minyak serai tropis di perut Anda, Anda dapat mengandalkannya untuk meredakan sakit perut akibat diare.

4. Detoksifikasi

Minyak atsiri lemon memiliki khasiat yang dapat merangsang keringat dan buang air kecil serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minum 1-2 tetes minyak ini dicampur madu, lemon dan air hangat dapat mempercepat pemecahan lemak berlebih, sodium, asam urat dan racun.

5. Merilekskan Otot

Minyak sereh sebenarnya dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang mengurangi kejang otot, nyeri, kejang, dan pembengkakan. Alternatifnya, Anda bisa mencoba memijat minyak ini dan mencampurnya dengan minyak pembawa (zaitun, jojoba, almond, dll.) di bagian yang sakit atau area perut untuk meredakan kejang PMS pada wanita.

6. Pembersih dapur

Minyak esensial wangi ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang kuat, sehingga dapat membantu membersihkan dapur, kamar mandi, atau permukaan di sekitar rumah tanpa bahan kimia. Senyawa dalam minyak ini, termasuk methyl isoeugenol, efektif mengurangi patogen bawaan makanan, bahkan bakteri berbahaya.Itulah cara pembuatan minyak sereh, bahan-bahannya, manfaat minyak sereh, peluang dan peluang bisnisnya. Jangan lupa gunakan produk mesin berkualitas di pabrik terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *