Cara Promosi Bisnis Kuliner, Bisa Datangkan Cuan dan Pembeli Loyal
Cara promosi bisnis kuliner, Siapa sih yang tidak suka jajan? Pasti ada makanan dan minuman di sekitar kita.Menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, setidaknya ada 11,7 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner yang dijual secara online pada tahun 2020.Data pelaku UMKM di sektor kuliner tentu sangat dinamis atau bisa lebih banyak lagi di sektor tersebut. Tentu banyak pelaku UMKM yang harus bersaing di bidang kuliner. Apalagi produk kuliner yang ditawarkan antar pelaku UMKM masih sama.Selain produk berkualitas, UKM harus menerapkan cara promosi bisnis kuliner yang menarik. Hal ini harus dilakukan agar calon pembeli tertarik untuk mencobanya. Saat ini, pelaku UMKM dapat menggunakan banyak cara untuk mempromosikan produk.Dengan dana yang maksimal, keuntungan bisnis sudah terlihat. Strategi promosi penjualan ini dapat diterapkan berdasarkan peningkatan penjualan untuk menjaga loyalitas pembeli.Lalu bagaimana promosi itu bisa dilakukan? Promosi seperti apa yang terbaik untuk bisnis kuliner ini?

Jenis-Jenis Cara Promosi

Di bawah ini adalah jenis-jenis promosi yang cocok untuk UMKM di industri kuliner.

1. Berikan Diskon

Cara Promosi Bisnis KulinerSiapa yang tidak suka diskon? Strategi promosi penjualan dalam bentuk diskon adalah salah satu yang paling umum. Pada umumnya calon pembeli lebih tertarik dengan produk yang didiskon. Selain itu, calon pembeli merasa nyaman dengan penawaran diskon.Diskon yang bisa diberikan seperti "beli satu gratis satu", "diskon 10% untuk semua produk", "diskon 20% beli dua bahan makanan" dan lain-lain.

2. Buat Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Calon pembeli memperhatikan kemasan produk sebelum membelinya. Calon pembeli cenderung membeli bahan makanan berdasarkan tampilan kemasannya. Jangan lupa kemasan makanan atau minumannya menarik dan mudah dibawa kemana-mana.Sebaiknya gunakan juga warna yang eye catching atau menarik konsumen untuk mengkonsumsi produk kuliner. Misalnya penggunaan warna merah dan kuning yang identik dengan fast food.

3. Perhatikan Penampilan Produk

Cara Promosi Bisnis KulinerStrategi periklanan selanjutnya adalah mengunggah gambar produk ke web. Pastikan makanan dan minuman Anda memiliki kualitas terbaik dan membangkitkan rasa ingin tahu calon pembeli.Begitu pembeli yang penasaran mengetahui tentang produk kuliner, mereka tertarik untuk membelinya. Pastikan setiap gambar produk yang Anda upload mengandung kata kunci yang terkenal/sering dicari agar calon pembeli mudah menemukannya.

4. Memasang Iklan

Iklan juga merupakan salah satu strategi promosi yang dapat menarik calon pembeli. Padahal gambar dan video produknya enak.Iklan yang dipasang dapat ditambahkan dengan tagline yang unik. Berkat slogannya yang unik, produk kuliner yang ditawarkan lebih diingat dan lebih dikenal oleh masyarakat. Iklan kampanye dapat dipasang melalui Google Ads dan Facebook Ads.Google Ads dalam iklan mempromosikan produk kuliner menggunakan kategori dan kriteria tertentu, seperti usia, sumber pendapatan, atau demografi.

5. Sediakan Layanan Pesan Antar/Delivery

Sebagai aturan, calon pembeli masih mempercayai layanan pengiriman. Tentu saja, jasa pesan antar sangat diminati dalam bisnis kuliner. Jika jasa pengiriman ditawarkan secara mandiri, berikan diskon biaya pengiriman agar menjangkau lebih banyak calon pembeli.Namun jika sumber daya manusia (SDM) tidak diperlukan, maka dapat dipilih jasa pengiriman pihak ketiga seperti ojek online atau lainnya.

6. Promosi Lewat Jalur Endorsment

Mengingat era digital saat ini, endorsement merupakan jenis periklanan yang sangat penting. Dukungan dan pemasaran digital memanfaatkan media sosial.Untuk kampanye rujukan, mereka bekerja sama dengan influencer atau orang dengan banyak pengikut untuk mengunggah konten produk.  Pastikan Anda melakukan riset terhadap influencer yang berfokus pada konten kuliner.Riset yang perlu diperhatikan adalah engagement atau interaksi antara influencer dengan followersnya, segmentasi followers influencer berdasarkan produk dan pricing/tarif influencer dalam campaign yang sedang berlangsung.Faktor caption dan desain gambar yang unik juga mempengaruhi antusiasme followers para influencer tersebut. Nantinya, konten yang diunggah oleh para influencer tersebut terlihat dan dapat menarik perhatian para followers untuk membeli produk kuliner yang diusulkan.Itulah beberapa cara promosi makanan paling ampuh yang bisa Anda coba. Apakah kamu mau mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *