Berbagai Manfaat Susu Kedelai untuk Diet
Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri di Rumah, Murni dan Tidak Langu -  Lifestyle Liputan6.comApakah susu kedelai bagus saat diet? Ketika kamu sedang menjalani program diet ini, pastinya asupan makanan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilannya. Susu kedelai sendiri bisa kamu manfaatkan menjadi alternatif dari susu sapi. Jenis susu ini dibuat dari kacang kedelai yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat.Susu kedelai terkenal akan kandungan protein yang sangat melimpah. Tidak hanya itu, susu kedelai yang berasal dari tumbuhan mempunyai sifat yang bebas kolesterol dan rendah lemak Tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang tidak dapat mengkonsumsi susu sapi. Lalu, apakah benar susu kedelai dapat membantu turunkan berat badan? Yuk, simak ulasannya berikut ini. Berikut manfaat susu kedelai untuk diet.Turunkan Berat Badan dengan Susu Kedelai Penelitian menunjukkan jika saat mengkonsumsi kedelai meningkat, justru berat badan bisa menurun. Sebagian kandungan kedelai adalah protein namun juga mengandung lemak dan karbohidrat dalam jumlah yang seimbang. Di bawah ini fakta nutrisi untuk 100 gram kedelai rebus:
  • 4,47 gram omega-6
  • 0,6 gram omega-3
  • 5,06 gram lemak tak jenuh
  • 1,98 gram lemak tunggal
  • 1,3 gram lemak jenuh
  • 9 gram lemak
  • 6 gram serat
  • 3 gram gula
  • 9,9 gram karbohidrat
  • 16,6 gram protein
  • 63% air
  • 173 kalori
Kedelai merupakan salah satu pasokan protein nabati yang terbaik. Kandungan protein kedelai yakni 36-56% dari berat. Dalam 172 gram atau satu gelas kedelai rebus mengandung 29 gram protein. Nilai gizi protein dalam kedelai juga tergolong sangat bagus, walaupun kualitasnya tidak banyak protein hewani.Jenis protein utama pada kedelai yaitu conglycinin dan glycinin yang menyusun sebanyak 80% dari jumlah kandungan protein. Protein ini bisa memicu reaksi alergi untuk sebagian orang. Konsumsi protein kedelai sudah dihubungkan dengan sedikit penurunan kadar kolesterol.Lalu, kedelai juga diklasifikasikan menjadi biji minyak dan dipakai guna membuat minyak kedelai. Kandungan lemaknya sekitar 28% dari berat kering khususnya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dengan lemak jenuh yang sedikit. Jenis lemak yang paling dominan pada kedelai merupakan asam linoleat yang bisa mencapai 50% dari jumlah kandungan lemak.Manfaat Susu Kedelai Ada beberapa manfaat susu kedelai selain bisa menurunkan berat badan, diantara yaitu:
  1. Rendah kalori 
Daripada susu sapi, susu kedelai memiliki kalori yang rendah. Manfaat susu kedelai sangat cocok untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan. Minum susu kedelai setiap hari bisa mencegah obesitas yang dihubungkan dengan berbagai penyakit kronis.
  1. Mencegah diabetes 
Kandungan isoflavon pada kedelai diteliti bisa mengurangi resiko diabetes. Isoflavon kedelai bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan adanya kandungan ini, sel-sela bisa merespon lebih banyak akan insulin dan menyerap glukosa  lebih banyak juga.Dalam diabetes tipe 2, sel tubuh akan menyerap lebih sedikit gula yang ada di aliran sarah. Ini menjadikannya beredar dan mengakibatkan kerusakan. Insulin merupakan hormon yang mengelola glukosa atau gula darah yang masuk ke dalam sel guna diubah menjadi energi.

3. Membantu turunkan kolesterol

Manfaat dari susu kedelai selanjutnya yakni membantu menurunkan kadar kolesterol. Protein kedelai bisa membantu turunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kedelai membantu menyeimbangkan LDL tanpa mempengaruhi kolesterol baik. Manfaat susu kedelai juga rendah lemak sehingga bisa menurunkan resiko kolesterol tinggi.

4. Mengurangi resiko kanker payudara

Manfaat susu kedelai juga bisa menurunkan resiko terjadinya kanker payudara, Manfaat ini dapat kamu peroleh berhubungan dengan kandungan protein yang sangat tinggi pada susu kedelai. Tidak perlu cemas, susu masuk golongan aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk seorang pernah mengalami penyakit kanker.Baca Juga : manfaat susu kedelai untuk diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *