Berikut Cara Menanam dengan Sabut Kelapa
Cara menanam dengan sabut kelapa dengan teknik yang tepat dan perawatan yang teratur dapat menghasilkan anggrek yang bernilai tinggi. Anggrek dikenal sebagai tanaman hias yang butuh perawatan yang tepat agar menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.Karena kelangkaan spesiesnya, keindahan bunganya, cepat mekar atau tidak, dan kegigihan berbunga, produk dekoratif ini laris di pasaran. Dengan kata lain, tanaman anggrek yang mahal bisa dibuat dari anggrek langka dengan bunga yang indah dan berbunga panjang.Itulah sebabnya tanaman berbunga, dengan lebih dari 20.000 spesies dan sekitar 1.000 spesies persilangan hibrida, seringkali menjadi pilihan pertama untuk dekorasi rumah dan di luar ruangan. Di antara sekian banyak spesies anggrek populer seperti Arachnis, Phalaenopsis dan Phapiopedilim, sebagian besar tumbuh di lingkungan seperti tempurung kelapa. Kebanyakan petani anggrek memilih menanam anggreknya di dalam batok kelapa karena beberapa alasan. Pertama, ayam memiliki kapasitas retensi air yang sangat baik dibandingkan makanan lain, yang menjaga kesegaran dan kelembapan tanaman berbunga, yang merupakan salah satu komoditas terpenting di pasar hortikultura global.Selain itu, kelapa sendiri mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman berbunga indah ini. Alasan mengapa banyak petani memilih pohon kelapa sebagai substrat anggrek juga karena bahan ini mudah didapat. Harga yang ditawarkan oleh penjual sangat terjangkau bahkan untuk para pembudidaya anggrek sekalipun.

Tahapan Budidaya Anggrek dengan Sabut Kelapa

cara menanam dengan sabut kelapaBagi Anda yang berencana mempercantik rumah luar dalam dengan tanaman anggrek atau membuka peluang usaha budidaya anggrek, Anda bisa memilih varietas anggrek dari jenis anggrek Epiphyte. Anggrek jenis ini bisa tumbuh di pohon-pohon di taman seperti pohon jambu biji, pohon rambutan, dll. digantung atau diikat.Anda juga bisa menggantungnya di pot di beranda Anda dengan batok kelapa dan menambahkan arang, serpihan kayu, batu bata, ubin, dll. Selain itu, Anda juga bisa menyimak uraian menanam anggrek dengan sabut kelapa berikut ini.

Seleksi dan Persiapan Kelapa

Pada saat menyiapkan pohon kelapa untuk substrat anggrek, yang terbaik yaitu membeli kelapa yang tua. Selain itu, Anda juga harus merendamnya dalam larutan fungisida sebelum menggabungkannya dengan bibit anggrek tersebut. Kelapa yang berukuran besar harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman Anggrek anda.Setelah dipotong sesuai ukuran atau pot yang diinginkan, Anda juga harus membersihkan batok kelapanya terlebih dahulu. Karena bagian dari pohon kelapa mengandung zat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pembungaan tanaman Anggrek.

Celupkan Batok Kelapa

Saat merendam, seekor ayam harus melalui dua proses perendaman. Rendam pertama menggunakan air bersih sedangkan rendaman kedua menggunakan larutan fungisida. Sabut kelapa yang sudah dibersihkan lalu direndam dalam air selama kurang lebih 6 jam. Kelapa yang sudah direndam kemudian dikeluarkan dari rendaman air  dan dipalu menggunakan palu atau kayu.Proses pemukulan ini bertujuan untuk membuka ikatan antar serat dari sabut itu. Seperti yang sudah disebutkan, sabut kelapa kemudian direndam lagi dalam larutan fungisida. Seperti namanya, tujuan dari prosedur ini adalah untuk mencegah jamur yang dapat memperlambat pertumbuhan tanaman anggrek.Setelah sterilisasi dengan larutan fungisida, kita lanjut ke proses selanjutnya yaitu penirisan dan penjemuran batok kelapa.

Tiriskan dan Keringkan Kelapa

Kelapa yang telah direndam dua kali dengan air dan fungisida tidak boleh bersentuhan langsung dengan tanaman anggrek yang sudah dibeli. Kelapa harus ditiriskan dan dikeringkan terlebih dahulu. Bongkar muat dan bongkar dapat terjadi secara bersamaan.Saat ayam sudah cukup kering tapi juga cukup lembab, Anda bisa membungkusnya dengan anggrek yang dibeli. Biasanya saat tanaman anggrek masih baru, kelapa yang ditumbuhi bunga anggrek diletakkan di pot biasa atau gantung. Jangan lupa letakkan pot di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.Demikian artikel mengenai cara menanam dengan sabut kelapa, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuat atau berbisnis pot sabut kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *