Cara Membuat Keripik Kaca Dari Singkong
Keripik kaca adalah olahan makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar yang berbeda beda yaitu singkong, tepung tapioka, tepung maizena yang dicampur dengan air serta dipanaskan hingga kental.Kemudian adonan keripik dijemur, terdapat pengusaha keripik kaca lainnya yang biasa menggunakan cara terbuka sebagai mengeringkan adonan.Keripik kaca yang terbuat dari singkong yang akan dipotong secara tipis-tipis seperti kaca, tetapi apabila olahan keripik kaca ini dari tepung biasanya akan dibuat olahan aci terlebih dahalu.Sesuai namanya yauitu keripik kaca singkong, bahan dasar dari beledag atau keripik kaca singkong tentunya adalah singkong.Warga Desa Awiluar mengolah ketela atau singkong  dengan cara mengiris singkong dengan sangat-sangat tipis.Sehingga ketika dijadikan olahan keripik tampilannya dapat menyerupai serpihan kaca atau beling tipis.Dan pada umumnya, beledag atau keripik kaca singkong disajikan dalam beberapa rasa, pedas, asin dan original.Jadi, kalau di Ciamis dan sekitarnya, sebenarnya camilan keripik  ini sudah dikenal cukup lama, tetapi baru sempat terkenal baru baru ini.Camilan keripik kaca ini menjadi viral beberapa waktu lalu setelah beberapa orang mengunggah video cara pembuatan serta rasanya yang unik di dunia maya sekitar waktu awal masa pandemi lalu.Banyak netizen yang menngira bahwa keripik ini bukan makanan, melainkan sebuah plastik atau kaca tipis yang dipotong-potong kecil kemudian dimasak.Itulah mengapa kemudian beledag singkong lebih sering disebut sebagai keripik kaca, keripik beling, ataupun kripca yaitu (singkatan dari keripik kaca).Bahan yang biasa digunakan hampir 90 persen ialah singkong, sisanya anda hanya membutuhkan air dan juga bumbu-bumbu untuk di pengolahan proses terakhir.Keripik Kaca Dari SingkongCara Membuat keripik kaca dari singkongHal pertama, anda cukup menyiapkan beberapa singkong terlebih dulu. Untuk mendapatkan 1 kg keripik kaca mentah anda memerlukan sekitar 5 kg singkong.Mungkin Bunda dirumah bingung bagaimana bisa singkong itu berkurang atau menyusut amat banyak. Berikut penjelesannya:
  1. Pembersihan atau proses pengelupasan kulit, massa singkong menjadi (90%)
  2. Pencucian singkong serta pemerasan (80%)
  3. Pencetakan singkong (70%)
  4. Pengeringan (50%)
Setelah singkong kering, singkong akan dipotong dengan menggunakan gunting dengan bentuk persegi, segitiga atau juga sesuai selera bunda dirumah.Cara Membuat Keripik Kaca Dari SingkongBahan-bahan:
  • 1 kg singkong yang telah dikupas.
  • Secukupnya
  • Sejumput garam.
  • Bumbu halus(cabai+bawang putih dan merah)
  • Sedikit minyak goreng
  • Gula pasir sesuai selera
Cara Bikin Keripik Kaca Pedas:
  1. Parut singkong kemudian kita tambahkan ke dalam wadah, lalu tambahkan sedikit air dan garam meja sesuai selera hingga adonan mengental dengan menggunakan api sedang
  2. Kemudian pipihkan setipis mungkin pada bawah sinar matahari hingga kurang lebih 2 hari. Tergantung panas dan suhu matahari saat itu kering
  3. Setelah keripik kering, potong sesuai selera anda. Kemudian goreng bumbu halus dengan diberi sedikit minyak, kemudian tambahkan penyedap sedikit rasa, gula pasir serta aduk hingga rata agar keripik kaca tidak hancur. Keripik kaca yang renyah siap untuk dimakan bareng keluarga tercinta.
Catatan :
  • Cara membuat keripik kaca juga cukup mudah prosesnya, ternyata. Prosesnya juga tidak begitu ribet, cukup dibersihkan serta dikeringkan di bawah sinar matahari secara langsung. Tapi, mungkin waktu pembuatannya yang butuh beberapa hari.
  • Saat proses mengeringkan keripik kaca, pastikan keripik kaca ini tidak keras.
  • Saat memipihkan keripik kaca, usahakan untuk terus menggilingnya hingga benar-benar tipis sehingga rasanya gurih dan renyah. Jika terlalu tebal, keripik kaca anda akan keras bahkan setelah anda menggoreng dan membukanya rasanya sangat tidak pas.
  • anda dapat mengolah keripik dengan cara digoreng menggunakan mesin vacuum frying
  • Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa harga keripik kaca relatif lebih mahal dari pada olahan keripik singkong lainnya.
baca juga:Cara Membuat Keripik Kaca Dari Tepung Kanj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *