Olahan Dari Biji Kakao Yang Mengahasilkan Macam-Macam Produk
Olahan dari biji kakao yang menghasilkan macam-macam produk - Kakao atau theobroma cacao l adalah pohon budidaya yang ada di perkebunan, yang berasal dari Amerika Selatan. Tetapi, sekarang sudah banyak yang menanam biji kakao di berbagai kawasan tropika. Tanaman kakao ini merupakan tanaman dimana biji kakao yang merupakan bahan utama yang akan digunakan untuk pembuatan makanan dan minuman yang berbahan baku dari coklat.Di Indonesia termasuk produsen kakao yang paling terbesar ketiga di dunia setelah negara Pantai Gading dan Ghana. Indonesia termasuk menjadi satu-satunya negara benua Asia yang menjadi salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Jumlah produksi kakao yang ada di Indonesia cenderung mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Data jumlah terakhir yang diperoleh dari pihak FAO, Indonesia berhasil memproduksi kakao sebanyak 659.776 ton pada tahun 2017.Untuk Anda yang memiliki tanaman kakao di rumah, bisa untuk dimanfaatkan menjadi berbagai produk olahan dari biji kakao ini. Atau Anda bisa menjualnya pada pengusaha yang membutuhkan biji kakao. Berikut ini merupakan macam-macam hasil produksi dari biji kakao.

Hasil Olahan Dari Biji Kakao

Olahan Dari Biji Kakao Yang Mengahasilkan Macam-Macam Produk

1. Biji Kakao

Hal utama yang diperoleh dari kakao adalah biji kakao, biji kakao ini dari buah tanaman kakao yang dijadikan sebagai bahan utama untuk makanan atau minuman yang membutuhkan bahan baku olahan coklat. Biji kakao yang kering dalam bentuk fisik sebagai biji kakao yang basah. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia nomor 2323 tahun 2008, biji kakao digolongkan menjadi jenis biji yang mulia dan lindak. Usaha biji kakao bisa dijalankan di rumah, seperti halnya jualan sosis bakar rumahan.

2. Pasta Coklat

Pasta coklat, cocoa liquor, cocoa mask atau yang biasa dikenal dengan sebutan chocolate paste. Chocolate mass merupakan hasil olahan dari biji kakao yang sudah di proses menjadi bentuk cair atau pasta hasil dari esktraksi biji kakao setelah melalui tahapan proses pelumatan yang lama. Hasil olahan biji kakao ini digunakan sebagai untukbahan pembuatan kue atau minuman. Kakao massa atau cocoa liquor merupakan produk kakao yang berbentuk pasta dimana yang diperoleh dari kakao nib atau keping biji kakao. Proses ini melalui penggilingan tanpa menghilangkan kandungan lemaknya.

3. Minyak Kakao atau Cocoa  Butter

Biji kakao bisa di proses menjadi minyak, mentega atau minyak kakao merupakan lemak coklat nabati yang berwarna pucat kuning hasil dari pengekstrakan biji kakao yang dimana memiliki sifat cair pada suhu di bawah titik bekunya dan sifat yang tidak mudah larut dalam air. Lemak atau minyak yang di dapat dari olahan biji kakao diolah menjadi bahan untuk pembuatan kue. Seperti mentega, coklat, dan margarin coklat, olahan ini untuk dijadikan sebagai industri kimia dan farmasi seperti obat-obatan atau kosmetik.

4. Cocoa Cake

Hasil dari pengepresan pasta coklat atau cocoa liquor yang sudah menjadi bubuk kasar disebut cacao cake. Hasil olahan ini dijadikan sebagai produk untuk digunakan pembuatan berbagai macam kue contohnya brownies. Brownies umumnya menggunakan dari cocoa cake ini, karena untuk menghasilkan warna coklat dan rasa coklat yang nikmat.

5. Bubuk Kakao atau Bubuk Coklat

Bubuk coklat atau cocoa powder yang berasal dari inti biji  kakao pengempaan yang bertujuan untuk memisahkan lemak dan ampas yang dimana ampas bungkil, kemudian dihaluskan. Bungkil atau ampas kemudian di keringkan dan digiling sampai halus, sehingga terbentuk menjadi tepung coklat atau bubuk coklat. Kakao bubukatau cocoa powder  merupakan produk yang berbentuk bubuk yang dihasilkan dari pengurangan pada lemak yang terkandung pada kakao massa atau cocoa liqour dan menjadi pencetakan keik kakao. Olahan hasil dari biji kakao ini merupakan produk terkahir dalam olahan biji kakao yang hasilnya paling halus. Produk olahan ini digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan kue atau minuman. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *