Manfaat Coklat Dan Tips Aman Mengonsumsinya
Manfaat coklat dan tips aman mengonsumsinya - Coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain dijadikan sebagai camilan yang lezat. Coklat dapat memperbaiki mood, nah untuk wanita kalau sedang menstruasi bisa saja dengan menikmati coklat untuk memperbaiki mood lhoo. Akan tetapi, mengonsumsi coklat secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu bagi pecinta coklat harus lebih cermat dan jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi coklat.Coklat sendiriĀ  berasal dari biji kakao yang dimana dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman yang terbuat dari biji kakao ini. Untuk membuat coklat ini tidak terlalu banyak membutuhkan modal, seperti modal jualan bakso bakar yang memerlukan modal yang lumayan besar. Selain itu, coklat juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue, biskuit, es krim, permen dan lainnya yang membutuhkan coklat. Coklat termasuk kaya akan kandungan antioksidan, flavanol, termasuk polifenol dan katekin.Berkat kandungan coklat inilah dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh dengan mengonsumsi coklat ini, berikut ini manfaat mengonsumsi coklat.

Beragam Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat Dan Tips Aman MengonsumsinyaAda beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi coklat untuk kesehatan yang dapat Anda diperoleh, berikut ini:

1. Meningkatkan Mood

Manfaat coklat yang satu tidak perlu diragukan lagi, coklat memang sangat dikenal dapat meningkatkan mood ketikan sedang badmood. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengonsumsi coklat dapat menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan dari tubuh saat stres dan merangsang keotak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa bahagia dengan mengonsumsi coklat ini.Jadi untuk Anda yang sedang badmood bisa mengonsumsi coklat untuk memperbaik mood Anda. Baik dari cara penyajian yang berbeda seperti dijadikan camilan atau minuman.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Sebuah studi menjelaskan bahwa mengonsumsi coklat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek kenyang tanpa makan nasi sekalipun. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan yang bisa memicu berat badan Anda bertambah. Oleh karena itu, mengonsumsi coklat diyakini dapat mengendalikan hawa nafsu makan, sehingga coklat baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga badan agar tetap ideal.Coklat ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi coklat lhoo. Mengonsumsi coklat yang tidak berlebihan juga dapat mengendalikan hafa nafsu makan, jadi jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi coklat agar badan Anda tetap ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Kandungan flavonoid yang ada dalam coklat dapat melancarkan aliran darah pada tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Efek ini menjadikan coklat sebagai salah satu makanan atau camilan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Jadi tak usah ragu lagi untuk mengonsumsi coklat, karena coklat memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.Walaupun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut lagi terkait coklat, yang dimana untuk memastikan efektivitas pada coklat dalam mencegah penyakit stroke.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kandungan flavonoid yang ada dalam coklat, yang tentu saja tidak kalah penting adalah mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, coklat sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat coklat ini, Anda perlu lebih cermat dalam memilih coklat yang baik untuk dikonsumsi.Ada beberapa coklat yang telah diberi gula tambahan untuk mempermanis coklat, hal itu dapat menyebabkan diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan. Anda harus benar-benar memilih coklat yang memiliki kadar gula rendah untuk dikonsumsi dan jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi coklat.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat mengonsumsi coklat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Oleh karena itu, manfaat mengonsumsi coklat ini baik bagi kesehatan tubuh untuk mencegah penumpukkan kolesterol di dalam pembuluh darah. Sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.Akan tetapi, penelitian mengenai manfaat mengonsumsi coklat tersebut baru dilakukan dalam skala yang kecil dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

6. Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Otak

Mengonsumsi coklat juga diketahui dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak yang baik. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang ada dalam coklat yang mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang cepat. Tak hanya itu saja manfaatnya, kandungan epikatein yang ada dalam coklat juga dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan pikun atau demensia.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang ada dalam coklat diyakini dapat mencegah kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Sebuah studi menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi coklat dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Akan tetapi, studi mengenai efek antikanker pada coklat ini masih dibilang terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tips Aman Mengonsumsi Coklat

Meskipun coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, konsumsi coklat secara berlebihan, terutama yang mengandung gula tambahan. Dapat menimbullkan risiko terjadinya masalah kesehatan, berikut ini penjelasannya:
  • Berat badan yang berlebihan atau obesitas
  • Kerusakan pada gigi
  • Munculnya jerawat pada wajah atau memperburuk jerawat yang sudah ada
  • Reaksi alergi
Selain itu juga, coklat mengandung kafein yang bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan efek samping berupa peningkatan detak jantung, sulit tidur, sering buang air kecil, sembelit, sampai migrain. Agar aman dan terhindar dari risiko yang ada pada coklat, Anda dianjurkan untuk lebih cermat dalam mengonsumsi coklat. Berikut ini tips aman mengonsumsi coklat:
  • Pilihlah coklat hitam yang mengandung kakao asli sekitar 70-85 %
  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi coklat susu, karena biasanya telah diberi gula tambahan dan mengandung lemak.
  • Batasi konsumsi coklat setidaknya hanya 20 gram disetiap harinya.
  • Perhatikan nilai gizi yang tertera pada kemasan coklat batang atau bubuk. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *