Jenis-Jenis Coklat Dan Kegunaannya
Jenis-jenis coklat dan kegunaannya - Coklat merupakan hasil dari olahan biji kakao yang sudah di proses menjadi coklat, baik itu dalam bentuk cair atau bubuk coklat. Coklat memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengurangi kemungkinan kulit terbakar akibat dari sinar matahari. Siapa yang tidak suka makanan manis ini? Rasanya hampir semua suka dengan makanan coklat ini. Dengan rasa khas dan bentuk coklat yang mudah dibawa, coklat dapat dinikmati dimanapun dan kapanpun.Bahkan, mengonsumsi coklat disela-sela kesibukan Anda dapat meningkatkan mood lhoo. Kandungan flavonoid yang ada dalam coklat memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Namun, tahukah Anda? Coklat memiliki banyak jenis coklat dan komposisi yang berbeda-beda lhooo. Bukan hanya itu saja, coklat juga mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Apa saja sih jenis-jenis coklat?  berikut ini jenis-jenis coklat dan kegunaannya.

Jenis-Jenis Coklat Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Coklat Dan Kegunaannya

1. Cocoa Powder

Mungkin bagi Anda sudah tidak asing lagi dengan cocoa powder, karena biasanya cocoa powder sering digunakan sebagai pembuatan kue. Coklat cocoa powder ini berbentuk bubuk dan terbuat dari olahan biji kakao yang asli dan tentu saja yang sudah dikeringkan. Karena itu lah, rasa dari coklat ini cenderung asam dan tidak ada rasa manis sama sekali, memang pada dasarnya rasa coklat aslinya tidak manis. Rasa manis itu berasal dari proses penambahan gula atau susu.Jenis coklat cocoa powder ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, karena coklat cocoa powder ini mengandung lemak coklat dan antioksidan. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi coklat, makan sedikit pun sudah kenyang. Untuk membuat semua jenis coklat ini tidak terlalu banyak membutuhkan modal, tidak seperti rincian modal usaha sosis bakar yang membutuhkan banyak modal.

2. Dark Chocolate

Dark chocolate ini merupakan jenis coklat yang sehat untuk dikomsumsi, meskipun rasa coklat yang pahit. Coklat ini mampu meningkatkan mood Anda kalau sedang badmood dan menghasilkan energi. Dark chocolate adalah olahan hasil dari biji kakao yang sudah di proses menjadi dark chocolate. Dark chocolate mengandung kadar pasta coklat yang tinggi, sehingga membuat warnanya gelap dan memiliki rasa yang pahit.

3. Unsweetened Chocolate

Coklat unsweetened chocolate ini dibuat dari hasil fermentasi dan pengeringan biji kakao berupa pasta dan lemak coklat yang sudah diproses. Umumnya, coklat unsweetened chocolate digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jenis coklat lainnya seperti coklat putih. Rasa dari coklat unsweetened chocolate ini cenderung memiliki rasa yang pahit seperti namanya unsweetened chocolate.

4. Milk Chocolate

Siapa sih yang tidak kenal dengan coklat yang satu ini? Rasa coklat yang manis membuat coklat satu ini yang paling banyak digemari semua pecinta coklat. Seperti namanya, milk chocolate mengandung bahan tambahan seperti susu, sehingga membuat rasa milk chocolate yang lebih gurih dan teksturnya yang lumer di mulut. Jenis coklat milk chocolate ini bisa dijadikan sebagai camilan dan dapat dipercaya untuk meningkatkan mood Anda lhoo.

5. Semi-Sweet Chocolate

Sesuai dengan namanya, yaitu semi-sweet chocolate. Coklat ini memiliki tambahan sedikit gula, sehingga coklat semi-sweet chocolate ini memiliki rasa sedikit manis meskipun masih ada rasa agak pahit. Walaupun begitu, semi-sweet chocolate ini sering digunakan sebagai untuk bahan memasak. Contohnya seperti, untuk pembuatan kue sampai dessert.

6. Couverture Chocolate

Buat Anda yang masih asing dengan nama coklat ini, couverture chocolate berasal dari bahasa Prancis. Jangan salah, walaupun coklat ini berasal dari Prancis. Coklat couverture chocolate ini merupakan coklat premium yang sering dijumpai hanya ada di restoran bintang lima saja lhoo. Couverture chocolate biasanya digunakan sebagai lapisan makanan, contohnya seperti kue sampai dessert.

7. Gianduja Chocolate

Nama coklat gianduja chocolate mungkin masih asing bagi telinga Anda. Pada dasarnya coklat gianduja chocolate ini berasal dari Italia. Coklat gianduja chocolate yang terbuat dari perpaduan olahan biji kakao dan 30% hazelnut yang manis. Sehingga membuat rasa coklat gianduja chocolate ini menjadi rasanya terasa spesial. Di indonesia sendiri, coklat gianduja chocolate ini termasuk sangat langka untuk ditemukan lhoo. Jenis coklat gianduja chocolate ini sangat enak dan cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *