Cara Pembuatan Minyak Zaitun Dan Manfaatnya Bagi Rambut.
Nutrisi yang terkandung diminyak zaitun membuat banyak orang selalu menyimpan stok minyak zaitun untuk disimpan di rumah. Minyak nabati yang dihasilkan dari bahan alami ini memiliki banyak nutrisi yang bisa diekstrak langsung melalui proses-proses pengolahan yang baik.Cara pembuatan minyak zaitun yaitu proses mengekstrak minyak dan memisahkannya dari bagian sari buah zaitun.Ada lagi Minyak yang bagus untuk rambut yaitu minyak kelapa dan cara membuat minyak kelapa asli ini pun sangat mudah.

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

cara pembuatan minyak zaitun

Menghindari Rambut Bercabang.

Apakah Anda memiliki rambut yang kasar, bercabang dan sulit untuk diatur, minyak zaitun juga bisa menjadi senjata yang tepat  dan bagus untuk melawannya! Pijat kulit bagian kepalamu dengan minyak zaitun yang hangat, biarkan minyak meresap selama satu jam, lalu bersihkan dengan air lalu gunakan shampoo dan conditioner seperti biasa.

Menghilangkan Ketombe.

Pasti orang memiliki masalah sama untuk rambut yaitu ketombe yang sangat mengganggu? Anda bisa manfaatkan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan ketombe. Gunakan bahan ini dengan cara dioles dibagian rambut dan diratakan dengan menggunakan sisir. Jika perlu, tambah perasan air jeruk lemon agar hasilnya lebih maksimal. Bilas dengan air bersih lalu keramas.

Rambut Lebih Kuat.

Apakah rambut kamu sering  patah-patah dan rontok? Kamu bisa Atasi masalah ini dengan minyak zaitun. Karena minyak ini mampu membantu membuat rambut lebih kuat hingga ke akar. Hasilnya akan lebih maksimal dam bagus jika kamu menambahkan ataupun mencampur dengan kuning telur.

Melembapkan Rambut.

Olive oil adalah solusi  bagus bagi kamu yang memiliki rambut ‘kasar’ dan kering. Usapkan minyak zaitun ke atas rambutmu secara merata, tunggu hingga 10 sampai 15 menit, lalu bilas sampai tuntas memakai shampoo. Khasiatnya akan langsung bisa terasa.

Merawat Rambut Rusak

Rambut rusak dan bercabang pasti hampir dialami oleh setiap orang. Apalagi  kamu yang sering mewarnai rambut dan gonta-ganti gaya rambut. Minyak zaitun dapat membantu membuat rambutmu menjadi sehat dan subur kembali dan meminimalisir rambut yang bercabang. 

Cara Pembuatan Minyak Zaitun Yang Bagus Untuk Rambut.

 

Cara Pembuatan Minyak Zaitun,Proses pemilihan buah zaitun segar

Cara membuat minyak zaitun ini bisa didapatkan dari buah yang mantang maupun mentah. Buah zaitun yang masih mentah akan menghasilkan minyak berwarna kehijauan, sedangkan warna minyak dari yang sudah matang cenderung  memiliki warna keemasan. Meski begitu,   titik didih dan rasa cita minyak yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda. Namun, nutrisi dari buah yang matang lebih bagus dan baik dari pengolahan buah zaitun yang mentah.Sejak dipetik, buah zaitun sebaiknya diolah dalam waktu 2 – 3 hari agar tidak mengurangi kualitas nutrisi dalam buah. Buah zaitun mentah akan dicuci bersih dan melakukan seleksi untuk mendapatkan hasil terbaik dan berkualitas. Buah yang menciut,busuk, atau terlalu lembek sebaiknya tidak bisa ikut diolah.

Cara Pembuatan Minyak Zaitun,Proses Penggilingan Buah Zaitun

Buah zaitun ini memiliki tekstur biji buah yang keras sehingga biasanya harus dipisahkan dahulu antara daging dan bijinya. Jika ingin menghaluskan dan menggiling buah zaitun dalam jumlah yang lebih sedikit, langkah ini juga menjaga alat atau mesin yang dipakai jadi lebih awet dan bertahan lama .Buah zaitun bisa dihancurkan dan bisa juga diblender hingga menghasilkan pasta lalu ditambahkan dengan air yang panas dengan perbandingan 1:5 untuk air dengan pasta. Air panas tidak harus yang mendidih, tapi sebaiknya berupa air yang sudah dimurnikan atau dibersihkan dari sumber air keran.

Cara Pembuatan Minyak Zaitun,Proses Penyaringan Dan Ekstraksi Minyak

Adonan pasta yang sudah dicampur air tadi bisa terus lalu digiling dan menjadi adonan halus. Jika sudah dicampurkan bahan tadi, pasta zaitun bisa Anda aduk-aduk cepat dengan gerakan memutar. Lama-kelamaan, akan muncul minyak yang dihasilkan oleh bulir buah yang sudah hancur tadi. Proses ini juga bisa disebut sebagai proses malaxing.Untuk mendapatkan menghasilkan ekstrak minyak zaitun yang jernih dan berkualitas, gunakan kain mesh yang gunanya menyaring pasta zaitun tadi. Jika tidak ada kain mesh, bisa menggunakan pilihan alternatif seperti penggunaan kain katun atau kain lainnya yang berbahan tipis, asalkan bersih dan belum pernah digunakan untuk yang lain. Tutupi pasta dengan balutan kain tersebut secara sempurna, lalu letakkan pemberat diatas pasta untuk menekan pasta tersebut.Biarkan proses ini hingga memakan waktu 30 menit lalu tekan-tekan menggunakan tangan setiap 5 atau 10 menit sekali. Hal ini akan membuat ekstrak minyak keluar dari pasta zaitun dengan lebih cepat.

Cara Pembuatan Minyak Zaitun,Proses Pisahkan Minyak Dari Sari Buah

Pasta zaitun yang didapatkan atau dihasilkan dari rangkaian proses pembuatan minyak zaitun ini akan terdiri dari cairan buah, minyak, dan air. Namun, adanya perbedaan massa jenis akan membuat minyak terpisah sendiri dari bagian pasta. Minyak yang sudah terpisah dari pasta bisa langsung disedot. Jika dibuat untuk skala rumah tangga, bisa gunakan suntikan keci atau pipet untuk pemisahnya.

Cara Pembuatan Minyak Zaitun,Proses Penyimpanan Minyak Zaitun

Agar minyak zaitun bisa lebih awet dan tahan lama, sebaiknya siapkan botol atau wadah yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan untuk menyimpan minyak zaitun. Jika memungkinkan, bisa lakukan sterilisasi agar kandungan minyak zaitun tidak terkontaminasi dengan bakteri-bakteri. Gunakan botol kaca yang buram untuk mengurangi paparan dari sinar matahari yang bisa merusak nutrisi yang ada diminyak zaitun, lalu tutup dengan rapat.Nah, itulah cara-cara membuat minyak zaitun yang dilakukan dari  awal proses pengolahan buah hingga ekstraksi minyak akhir. Jika sudah mendapatkan sari minyak zaitun yang berkualitas dan bagus, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan dalam sehari-hari di rumah, . 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *