Apa Akad dan Resepsi Nikah yuk Simak
Akad nikah dan resepsi adalah dua acara yang biasanya terjadi dalam pernikahan di beberapa budaya dan tradisi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

Akad NikahApa Akad dan Resepsi Nikah

Akad nikah adalah upacara resmi di mana pasangan pengantin secara sah dan hukum menyetujui pernikahan. Ini adalah inti dari pernikahan dan sering kali dilakukan secara sederhana di hadapan saksi-saksi, seperti keluarga dan teman dekat.

1. Final Checking

Sebelum acara dimulai, keluarga calon pengantin wanita dan keluarga calon pengantin pria dipastikan sudah berada di tempat acara akad berlangsung dan siap untuk memulai acara.

2. Pembukaan

MC membuka acara dengan mengucapkan salam dan jika dalam agama Islam mengucapkan bismillah dan surat Al-Fatihah. MC kemudian menyebutkan nama pihak keluarga atau yang memiliki hajat pernikahan serta nama kedua mempelai.

3. Sambutan keluarga Calon Pengantin Pria

Acara sambutan perwakilan dari keluarga calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita.

4. Sambutan Balasan

Sambutan balasan dari keluarga calon pengantin wanita kepada calon pengantin pria yang diwakilkan oleh salah satu keluarga calon pengantin wanita.

5. Acara serah Terima

Setelah acara sambutan, selanjutnya adalah acara serah terima dengan cara berjabat tangan dengan simbol bahwa kedua keluarga saling menerima calon pengantin wanita dan calon pengantin pria.

6. Seserahan

Biasanya acara seserahan dilakukan oleh ibu calon pengantin pria yang menyerahkan seserahan secara simbolis kepada ibu calon pengantin wanita.

7. Penerimaan Calon Pengantin Pria

Keluarga calon pengantin wanita menerima pengantin pria secara simbolis dengan mengalungkan bunga melati dan membawanya ke tempat pelaksanaan akad nikah.

9. Doa Nikah

Setelah ijab kabul berjalan lancar, penghulu akan memimpin doa akad nikah. Selain penghulu, doa nikah dapat dibacakan oleh pemuka agama khusus.

10. Serah Terima Mahar

Acara penyerahan mahar dan pemasangan cincin dilanjutkan dengan penyerahan buku nikah dari penghulu kepada kedua mempelai.

11. Nasihat Pernikahan

Nasihat pernikahan biasanya dilakukan oleh penghulu atau seorang penasihat pernikahan yang telah dipilih keluarga atau orang yang menjadi panutan.

12. Sungkeman

Sebelum acara sungkeman berlangsung, MC meminta kedua orang tua untuk duduk di tempat yang telah disediakan.

13. Sesi Foto Bersama

Sesi foto bersama dan bersalaman dengan para tamu yang hadir dalam acara akad nikah menandai akhir dari rangkaian acara. 

Resepsi Nikah

Resepsi pernikahan adalah acara perayaan yang biasanya dilakukan setelah akad nikah. Ini adalah kesempatan untuk merayakan pernikahan dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman.

1. Acara Hiburan

Acara hiburan biasanya dimulai sekitar 30–45 menit sebelum acara resepsi dimulai.Biasanya acara hiburan dapat diisi sesuai dengan keinginan kedua mempelai, misalnya dalam budaya Jawa diisi dengan pertunjukan musik gamelan atau tarian Jawa.Dalam pernikahan Islami dapat diisi dengan nasyid, atau dalam pernikahan internasional dapat diisi dengan pertunjukan musik.

2. Acara Pembukaan

Pembukaan acara dibuka oleh MC. Biasanya MC juga akan memberikan ucapan selamat, terima kasih, dan rasa syukur karena sebelumnya akad nikah telah berlangsung dengan lancar.

3. Kirab Pengantin

Ditandai dengan masuknya seluruh rombongan ke dalam ruangan resepsi pernikahan. Musik dan tari mengiringi rombongan hingga mempelai duduk di pelaminan.

4. Sambutan

Sambutan disampaikan oleh perwakilan keluarga mempelai wanita ataupun keluarga mempelai pria.

5. Doa

Sebaiknya pengantin telah menentukan orang yang dapat membantu dalam memimpin doa. Perlu dicatat bahwa adat dan tradisi pernikahan dapat bervariasi di berbagai budaya dan agama. Beberapa budaya mungkin memiliki acara yang berbeda atau variasi dalam urutan dan pelaksanaan acara pernikahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *