Cara Membuat Serundeng Kelapa yang Sederhana

Cara Membuat Serundeng Kelapa - Serundeng kelapa merupakan makanan asli Indonesia yang terbuat dari kelapa parut kering yang diolah dengan bumbu-bumbu khas, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan rempah-rempah lainnya.

Serundeng kelapa biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan berat seperti nasi atau lontong, namun kini juga banyak dijadikan sebagai camilan yang enak dan gurih.

Bagi Anda yang ingin membuat serundeng kelapa sendiri di rumah, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba.

Cara Membuat Serundeng Kelapa

Cara Membuat Serundeng Kelapa yang Sederhana

Persiapkan bahan-bahan

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin membuat serundeng kelapa adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Kelapa parut kering sebanyak 500 gram.
  • Bawang putih sebanyak 5 siung.
  • Bawang merah sebanyak 3 butir.
  • Cabai merah sebanyak 5 buah (bisa disesuaikan dengan selera).
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan.
  • Garam secukupnya.
  • Air matang secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Goreng Kelapa Parut Kering

Tentunya sebelum mengolah serundeng dari  kelapa ini, bahan utamanya yang dibutuhkan yaitu kelapa yang sudah diparut, tidak usah khawatir Anda bisa menggunakan mesin pemarut kelapa yang sangat mudah untuk digunakan untuk memarut kelapa.

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasak kelapa parut kering. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan masukkan kelapa parut kering.

Aduk-aduk hingga kelapa parut kering berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan terasa renyah. Setelah itu, angkat kelapa parut kering dan tiriskan.

Tumis Bawang Putih, Bawang Merah, dan Cabai

Setelah kelapa parut kering matang, selanjutnya tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai dalam wajan yang sama. Tumis hingga harum dan bawang merah agak layu. Kemudian tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan Kelapa Parut Kering

Setelah bumbu-bumbu matang, tambahkan kelapa parut kering yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan kelapa parut kering. Tambahkan air secukupnya agar serundeng tidak terlalu kering. Aduk-aduk lagi hingga rata.

Panggang Serundeng Kelapa

Setelah kelapa parut kering dan bumbu tercampur rata, langkah terakhir adalah memanggang serundeng kelapa. Tuangkan serundeng kelapa ke atas loyang yang sudah dioles minyak. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit. Jangan lupa untuk sering diaduk agar serundeng tidak gosong.

Serundeng kelapa siap disajikan

Setelah dipanggang, serundeng kelapa siap disajikan. Serundeng kelapa ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan dimakan sebagai camilan atau sebagai pelengkap hidangan nasi atau lontong. Selamat mencoba!

Cara Membuat Serundeng Kelapa:
  1. Panaskan wajan dengan api kecil, kemudian masukkan kelapa parut kasar dan terus aduk hingga kelapa menjadi kering dan agak kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  2. Haluskan kemiri, bawang putih, dan bawang merah dengan blender atau ulekan hingga halus.
  3. Tumis serai dan daun jeruk dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan, hingga harum. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, jahe, kunyit, cabai merah, dan cabai rawit. Tumis hingga bumbu matang dan harum.
  4. Masukkan kelapa parut yang sudah dihaluskan tadi, aduk rata hingga bumbu merata pada kelapa.
  5. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
  6. Masak serundeng kelapa dengan api kecil, terus aduk hingga kelapa kering dan bumbu meresap, sekitar 20-25 menit.
  7. Angkat serundeng kelapa dan biarkan dingin.
  8. Simpan dalam wadah kedap udara agar serundeng kelapa tetap renyah.

Itulah beberapa cara sederhana dalam membuat serundeng kelapa. Selain cara di atas, ada juga varian serundeng kelapa dengan bahan tambahan seperti kacang tanah, ikan teri, atau udang.

Namun, dasar pembuatan serundeng kelapa tetap sama yaitu menggoreng kelapa parut kering dan mencampurkannya dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Selamat mencoba membuat serundeng kelapa di rumah dan nikmati kelezatannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *