Makanan Terbuat dari Kelapa yang Gurih dan Enak
Makanan terbuat dari kelapa - Berbicara tentang makanan atau jajanan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Setiap daerah memiliki makanan khas yang unik dan lezat. Tidak mengherankan bila mengingat Indonesia pada umumnya kaya akan sumber daya alam seperti rempah-rempah.Di Indonesia, bahan yang sederhana bisa menjadi masakan yang enak, seperti parutan kelapa. Banyak hidangan lezat yang bisa dibuat dari serpihan kelapa. Sebelum kelapa dijadikan olahan kelapa harus dikupas dulu menggunakan mesin pengupas kelapa. Berikut olahan yang terbuat dari kelapa.

Makanan Terbuat dari Kelapa

1. Klepon Biasa

Bahan-bahan: - 200 gr tepung ketan putih - 190-200 ml air hangatdan pasta pandan - Secukupnya gula Jawa serut halusBahan kelapa parut: - 50 gr kelapa parut kering - 10 ml santan kara - Sejumput garam - 40 ml air panas - Campur jadi satu semua bahan dan kukus selama 10 menit atau masukkan microwave 50 detikCara membuat:1. Campur tepung ketan dan air panas dengan pasta pandan, aduk rata atau uleni dengan tangan. Hentikan penambahan air jika adonan sudah terasa lembek/bisa bergesekan 2. Ambil sedikit adonan, gulung dan buat lubang lalu tambahkan gula merah dan gulung kembali 3. Masak dalam air mendidih, jika sudah mengapung, diamkan kurang lebih 3 menit agar bagian dalamnya juga matang. 4. Angkat dan segera gulingkan kelapa kering yang sudah dikukus sebelumnya 5. Siap disajikan.

2. Klepon Pelangi

Bahan-bahan: - 1/4 tepung ketan - Pasta pandan, kuning, merah, ungu secukupnya - Santan secukupnya - Garam secukupnya - Kelapa agak muda diparut, tambahkan garam lalu dikukus sebentar, angkat dan taburin gula pasir sedikit dan sisihkan - Gula merah untuk isian sesuai seleraCara membuat:1. Campur semua bahan kecuali kelapa parut dan gula merah sampai rata. 2. Bagi adonan menjadi empat bagian, masukkan mie masing-masing warna 3. Ambil sedikit adonan, lingkari lubang di tengahnya, tuang gula merah dan gulung lagi hingga adonan habis. 4. Kemudian rebus air hingga mendidih, masukkan adonan klepon, masak hingga mengapung, angkat dan masukkan klepon ke dalam kelapa parut, aduk hingga kelapa merata. 5. Sajikan.

3. Kue Putu

Makanan yang Terbuat dari Kelapa Parut Sederhana dan EnakBahan-bahan: - 1 kg beras - 1 butir kelapa - Air kelapa - Gula merah - Garam - PandanCara membuat:1. Rendam beras hingga ringan dan tiriskan. Kemudian giling menjadi tepung (selep) 2. Bersihkan kelapa dari tempurungnya, parut kelapa, beri garam dan kukus 3. Gulung bola-bola tepung beras menjadi bola-bola seukuran bola bisbol dan kukus (tutup dengan handuk agar air tidak jatuh di atas tepung). Tempatkan wajan di bawah kukusan 4. Gulung bola-bola tepung yang sudah matang 5. Taburkan air kelapa di atas tepung yang sudah dikukus dan diparut hingga teksturnya agak remah. 6. Campur tepung terigu dengan kelapa kukus dan siap di press 7. Cetak dengan cetakan atau foil Putu Ayu. Masukkan tepung ke dalam cetakan, lalu gula dan tepung dan tekan sedikit 8. Siapkan panci kukusan, masukkan pandan ke dalam air kukusan. Rebus selama kurang lebih 30 menit sampai matang. Angkat dan siap disajikan.

4. Dadar Gulung

Bahan kulit: - 250 gr tepung terigu medium - 2 butir telur - 1/2 sdt garam - 500 ml santan - 1 sdt pasta pandanBahan unti: - 1/2 butir kelapa parut - 150 gr gula jawa, sisir - 1 sdt garam - 2 lembar daun pandan - 100 ml airCara membuat:1. Kulit: Campur semua bahan sampai menjadi pasta cair. Buat omelet tipis 2. unti: Campur semua bahan dalam panci. Blender sampai halus di atas api sedang, aduk terus 3. Penyelesaian: Ambil telur dadar. Masukkan 1 sendok makan hingga. Lipat bentuk amplop. Anda melakukan ini sampai adonan habis 4. Siap untuk dimakan.Itulah beberapa makanan yang terbuat dari kelapa, apabila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *