Cara Mengolah Kacang Mete yang Masih Mentah Agar Renyah
Cara mengolah kacang mete yang masih mentah - Kacang mete adalah salah satu kacang yang menjadi favorit banyak orang. Nggak heran, rasanya yang gurih dan renyah memang akan membuat suasana berkumpul bersama keluarga lebih berwarna dengan didampingi camilan seperti kacang mete.Kacang mete ini bisa diolah dengan dipanggang atau digoreng. Keduanya sama-sama enak, tergantung pada selera masing-masing. Jika kamu tidak memiliki oven, kamu bisa mengolah kacang mete dengan teknik goreng. Meski tidak pakai oven, tidak akan mengurangi cita rasa kacang mete.Kendati begitu, saat menggoreng kacang mete kamu tetap perlu berhati-hati. Jika menggoreng tanpa teknik yang benar, kacang mete akan mudah gosong, rasanya pahit, serta jauh dari tekstur renyah.

Cara Mengolah Kacang Mete yang Masih Mentah

Nah, ternyata menggoreng kacang mete susah-susah gampang nih. Kamu harus berhati-hati agar kacang mete tidak terasa pahit dan tidak mudah gosong. Berikut ada beberapa tips menggoreng kacang mete agar gurih dan renyah.

1. Pilih Kacang Mete Yang Berkualitas

Teliti sebelum membeli ya, beli kacang mete yang mempunyai kualitas yang bagus, mempunyai bentuk utuh, tidak berjamur, tidak berbau tengik, tidak berlubang-lubang dan mempunyai warna yang putih kecokelatan. Jika kamu belum ingin langsung menggoreng, kamu bisa simpan kacang mete di wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas.

2. Rendam Kacang Mete dengan Air Garam

Air hangat dan air garam bertujuan untuk menghilangkan getah yang menempel pada kacang mete, jadi mete tidak akan terasa pahit.

3. Gunakan Minyak Goreng dengan Jumlah Banyak

Agar kacang metenya matang merata dan sempurna, kamu harus ikutin tips nomor tiga ini ya. Selain itu, saat proses penggorengan, gunakan api sedang dan tetap diaduk perlahan agar tidak mudah gosong.

4. Tiriskan Kacang Mete yang Sudah Matang

Jangan lupa ya, langsung diangkat, ditiriskan dan diangin-anginkan, jauhkan dari segala panas. Hal ini dikarenakan setelah diangkat dari penggorengan, panas dari kacang mete masih berlangsung dalam mematangkan kacang mete.

5. Simpan Kacang Mete dalam Wadah

Untuk menjaga kerenyahan kacang mete, simpan dalam wadah kedap udara ya. Jadi kamu bisa menikmati dan nyemil-nyemil sesuai yang kamu mau, tanpa khawatir kacang metenya melempem.

Cara Menggoreng Kacang Mete

cara mengolah kacang mete yang masih mentahMenggoreng kacang mete atau mede memang memerlukan kehati-hatian dalam menggorengnya. Karena biasanya kalau tidak tahu cara menggorengnya akan gosong dan rasanya pahit. Sebenarnya sangat mudah caranya dan bahan bumbunya juga sangat sederhana.

Bahan dan Bumbu

  • 1 kg kacang mete mentah yang sudah dikupas, bisa menggunakan alat pengupas mete agar hasil lebih maksimal dan mudah, alat pengupas mete bisa di dapatkan di rumahmesin.com dengan harga yang terjangkau.
  • 3 siung bawang putih, yang telah dihaluskan/parut
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdt garam
  • 50 ml air
  • Minyak goreng

Cara Menggoreng Kacang Mete

  1. Siapkan wadah/tempat yang berisi air hangat. Banyaknya air sampai dapat merendam seluruh kacang mete.
  2. Masukkan garam sebanyak tiga sendok makan ke dalam wadah. Aduklah sampai garam larut.
  3. Masukkan kacang mete. Pastikan semua terendam. Diamkan selama 3-5 menit.
  4. Kemudian, aduk pelan dengan tangan. Lama kelamaan air akan berubah menjadi keruh dan kehitaman. Itu artinya, getah yang menempel pada kacang mete mulai terlepas.
  5. Buang air bekas rendamannya. Kemudian ulangi proses perendaman satu kali lagi. Lalu bilas dengan air bersih.
  6. Agar rasa kacang mete gurih, dapat menggoreng dengan menggunakan bumbu. Bumbunya terdiri atas bawang putih dan garam yang dilumat sampai halus.
  7. Sisihkan terlebih dahulu bumbu yang telah disiapkan. Goreng kacang di atas minyak panas dengan api sedang selama 1-2 menit. Minyak goreng harus cukup banyak sehingga semua kacang mete terendam.
  8. Kemudian masukkan bumbu, lalu aduk perlahan. Sebentar saja, dan tidak perlu terlalu sering karena nanti bisa membuat kacang mete menjadi terbelah.
  9. Angkat kacang mete setelah berubah warna (terlihat kecoklatan).
  10. Tiriskan, lalu letakkan di atas kertas bersih atau tisu agar minyak terserap.
  11. Diamkan beberapa saat sampai tidak panas lagi (dingin). Singkirkan bumbu-bumbu yang mengering.
  12. Agar kacang mete terus terjaga kerenyahannya, simpanlah di wadah yang kedap udara.
Demikian itulah ulasan mengenai cara mengolah kacang mete yang masih mentah yang bisa kamu coba dan tiru di rumah, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *