Foto Produk agar Menarik dengan Kamera HP
Foto Produk agar Menarik - Tahukah Anda bahwa 90% pembeli mengatakan bahwa foto produk sangat memengaruhi keputusan pembelian mereka? Kalau belum, setidaknya sekarang sudah tahu kan? Melihat data tersebut, sudah menjadi keharusan bagi pemilik bisnis online untuk mempercantik foto produk yang akan dijual.Jika Anda tidak tahu caranya, jangan khawatir! Kami menyiapkan beberapa cara foto produk agar menarik untuk dijual secara online. Sebelum itu, ketahuilah apa artinya fotografi produk berikut ini.

Apa Itu Fotografi Produk?

Fotografi produk adalah kategori fotografi produk untuk tujuan komersial. Fotografi produk dilakukan untuk menampilkan produk secara menarik agar pembeli tertarik untuk membeli produk yang dipajang.Biasanya dalam fotografi produk, produk ditempatkan pada posisi tertentu untuk difoto, seperti foto produk makanan dan minuman. Namun demikian, dimungkinkan juga untuk memotret produk yang melibatkan model, seperti fotografi produk pakaian.Dalam fotografi, ada berbagai teknik seperti long exposure, motion blur, macro, shadow dan masih banyak lagi. Penggunaan teknik ini juga bergantung pada konsep foto produk yang akan diambil. Namun, sebagian besar foto produk diambil di studio, jadi tidak diperlukan teknik fotografi yang rumit.

Tips Foto Produk agar Menarik dengan HP 

Saat ini, banyak foto produk yang hanya diambil dengan kamera handphone. Alat ini mudah digunakan, namun Anda tetap harus mengikuti langkah-langkah yang benar untuk foto produk agar menarik di bawah ini.

1. Cari referensi foto produk sebagai inspirasi

Langkah pertama adalah mencari inspirasi. Ini bisa dilakukan dengan melihat-lihat gambar produk yang mirip dengan apa yang Anda jual di internet. Itu bisa berasal dari Google, Instagram, Pinterest, atau foto produk dari merek favorit Anda.Setelah menjelajah, Anda pasti akan menemukan beberapa contoh foto produk yang bagus. Dari situ, Anda bisa meniru, misalnya mendapatkan angle, konsep, hingga atribut yang digunakan. Tapi ingat, jangan sama persis, modifikasi referensi sesuai kebutuhanmu.

2. Tentukan tema/konsep foto

Tidak hanya mencari referensi, Anda juga perlu menentukan subjek atau konsep foto sendiri. Selain bukan sebagai acuan, langkah ini juga sangat penting untuk menunjukkan keunikan produk Anda.Selain itu, Anda juga bisa menentukan kesan foto tersebut, seperti elegan, ceria, penuh warna, hitam putih, dll.

3. Siapkan tempat dan background foto

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempat khusus untuk fotografi produk. Menyiapkan lokasi pemotretan penting agar Anda dapat fokus pada pekerjaan Anda, sehingga tidak perlu khawatir menambahkan alat dan aksesori untuk digunakan.Saat memberikan lokasi, pastikan untuk memilih lokasi dengan pencahayaan yang baik. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan background agar produk terlihat jelas. Biasanya latar belakang yang digunakan berwarna putih murni, namun tidak jarang menggunakan latar belakang berwarna untuk menciptakan kontras yang lebih besar.

4. Gunakan model atau properti lain yang mendukung

Cara selanjutnya adalah membuat gambar produk menjadi lebih menarik dengan menambahkan atribut pendukung atau menyewa jasa modeling. Sehingga foto produk tidak monoton dan produk terlihat atraktif atau menarik.Misalnya, untuk foto produk paket kopi, Anda bisa menambahkan kopi seduh ke dalam cangkir untuk tambahan semangat. Atau mungkin dengan bubuk kopi dan biji kopi.

5. Gunakan alat bantu kamera

Meski hanya menggunakan ponsel, bukan berarti tidak bisa berkreasi. Gunakan peralatan kamera seperti tripod, lampu, dan lensa tambahan untuk meningkatkan kualitas foto produk yang dihasilkan.Alat-alat ini opsional karena dapat memodifikasinya saat foto selesai. Namun, jika Anda memiliki perangkat ini, lebih baik menggunakannya karena juga akan memudahkan pengeditan foto.

6. Atur pencahayaan

Satu hal yang perlu diingat saat memotret adalah pencahayaan. Pertama, pilih area dengan pencahayaan yang baik. Jika tidak, maka harus memberikan lebih banyak cahaya agar produk memiliki pencahayaan yang baik.Selain cahaya buatan, Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari. Nah, lighting seperti ini bisa dilakukan dengan konsep sunset atau produk matahari terbenam untuk produk kecantikan.
Baca Juga : Cara Mengedit Foto Aesthetic Agar Terlihat Keren

7.  Setting kamera

Langkah selanjutnya adalah mengatur pengaturan kamera. Ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil akhir foto. Misalnya, sesuaikan resolusi gambar, kualitas gambar (HDR), gunakan lampu kilat, kunci fokus sebelum menekan tombol rana.Self-locking focus ini penting agar gambar yang dihasilkan tidak buram. Perhatikan juga jeda antara rana dan bidikan. Jika menggunakan model dan penundaannya lama, minta model untuk tidak bergerak selama jeda untuk menghindari buram.

8. Ambil gambar dalam beberapa angle,pose, dan posisi

Disini kita sudah memasuki tahap syuting. Saat memotret produk, jangan pernah menerima hanya satu hasil. Coba ambil beberapa foto dengan posisi, sudut, atau pose yang berbeda. Hal ini agar Anda tidak mengulangi proses pengambilan gambar jika kurang memuaskan.

9. Gunakan editing tools

Setelah pemotretan selesai, saatnya memilih foto terbaik yang Anda ambil. Maka jangan langsung puas. Anda dapat meningkatkan kualitas dengan melakukan modifikasi. Misalnya dengan meningkatkan kontras, kecerahan, pencahayaan, saturasi, ketajaman, dll.Untuk fitur ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pengedit foto, seperti PicsArt, Photoshop, dll. Atau juga dapat menggunakan editor foto bawaan ponsel Anda. Selain mengedit kualitas gambar, Anda juga bisa menambahkan elemen untuk menyempurnakan hasil foto.Misalnya dengan menambahkan teks, animasi, efek, dll. Sekarang, melakukan ini biasanya hanya dapat dilakukan melalui aplikasi, karena editor foto bawaan HP biasanya hanya menawarkan pengeditan berkualitas.

10. Tambahkan watermark   

Langkah terakhir adalah menambahkan watermark. Ini sangat penting jika ada banyak pesaing dalam bisnis Anda. Menambahkan watermark dapat mencegah foto Anda dicuri dan digunakan oleh perusahaan lain tanpa izin. Anda tidak ingin foto yang telah Anda kerjakan dengan susah payah hilang, bukan?
Baca Juga : Cara Mengedit Foto Aesthetic Agar Terlihat Keren
Di sini dibahas tips mengambil foto produk agar menarik untuk dijual online hanya dengan handphone. Memotret produk bukanlah hal yang mudah. Anda harus belajar keras untuk membuat foto produk yang menarik.Namun, jangan menyerah! Selama Anda terus meningkatkan keterampilan fotografi, Anda pasti akan sampai pada titik di mana tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan foto yang bagus. kamu dapat menggunakan jasa foto produk jogja untuk katalog maupun dokumentasi produk bisnis anda! di Punca Digital. Klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *