Cara Membuat Kerupuk Singkong Pedas yang Enak dan Gurih!!
Cara membuat kerupuk singkong pedas - Jaman sekarang sudah banyak modifikasi makanan jadul yang diolah menjadi menjadi cemilan modern yang sangat digemari banaak orang. Salah satunya adalah keripik singkong.Dengan menggunakan bahan yag sesederhana mungkin singkong bisa m,enjadi cemilan yang renyah dan gurih. Berikut ini adalah resep dan cara membuat keripik singkong pedas manisTetapi sebelum saya menjelaskan resep dan cara membuatnya. Saya akan memberi sedikit informasi mengenai singkong untuk anda, silahkan di simak baik – baik penjelasanya ya sob

Apa itu Singkong?

Singkong atau Ubi kayu atau bisa juga disebut ketela pohon merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Singkong merupakan makanan pokok, teruatama yang ada di wilayah tropis seperti Afrika, Amerika Selatan dan Asia.Sementara itu, di Indonesia singkong diolah dan dimodifikasi menjadi aneka makanan bahkan cemilan yang dimasak dengan Teknik di kukus, dierbus, ataupun di goreng. Singkong mengandung polifenol, zinc, magnesium, selenium, vitamin B, fosfor, flavonoid, vitamin A dan berbagam jenis lainya.Selain bisa diolah menjadi ragam makanan yang enak, ternyata singkong memiliki manfaat baik bagi tubuh yang sangat saying sekali jika sobat lewatkan.

Manfaat Singkong

1. Menjadi sumber karbohidrat kompleks dan serat

Singkong diperkaya dengan kandungan karbohidrat komples dan juga serat. Yang dipercaya unutk menjaga saluran cerna, mengurangi peradangan dan mengendalikan kadar guila darah. Jika anda ingin mengendalikan gula darah coba deh sobat konsumsi singkong dengan konsisten.

2. Menambah Energi

Perlu anda ketahui bahwa singkong memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Yaitu sebanyak 110 – 150 kalori. Waw ternyata banyak juga ya sob. Nah oleh sebab itu, sobat bisa memperoleh energi ekstra untuk kebutuhan sehari – hari dengan cara mengonsumsi singkong setiap harinya.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Singkong termasuk salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Jadi jangan khawatir jika anda sering mengongsumsi singkong karena tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh anda naik atau melonjak.

4. Memiliki Kandungan Antikosidan Yang Baik

Singkong mengandung vitamin A, vitamin C dan juga  betakaroten. Vitamin A dan vitamin C adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mengurangi risiko kanker dan juga baik untuk kesehaatan kulit dan mata.Nah itulah sedikit penjelasan mengenai singkong. Gausah lama – lama yuk langsung saja kita menuju ke resep dan cara membuat keripik singkong pedas manis yang bisa anda ikuti dirumah

Cara Membuat Kerupuk Singkong Pedas

cara membuat kerupuk singkong pedas

Bahan – Bahan :

  • 1 kg singkong yang masih segar atau bagus
  • 5 sdm garam
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 5 siung bawang putih
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Tambahan : 

  • 150 gram cabai merah keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 1 ½ sendok teh garam

Cara Membuat Kerupuk Singkong Pedas  :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan dalam membuat keripik singkong pedas manis adalah mengupas kulit singkong , jika sudah kemudian dicuci menggunakan air hingga bersih.
  2. Setelah bersih, potong atau iris singkong tersebut dengan ukuran yang sama, usahakan ketebalan antara satu dengan yang lain nya harus sama, sobat bisa menggunakan mesin keripik singkong jika singkong nya dalam jumlah yang banyak, atau anda bisa mengirisnya menggunakan pisau yang tajam. Sobat bisa mendapatkan mesin keripik singkong dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.
  3. Adapun hal yang perlu sibat siapkan yaitu, campurkan kapur sirih dengan air sebanyak 300 ml, setelah itu aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya masukkan singkong yang sudah anda iris tersebut ke dalam larutan air kapur sirih tersebut selama ½ jam, setelah itu angkat dan tiriskan irisan singkong. Merendam singkong dalam air kapur sirih  ini bertujuan agar singkong terasa lebih renyah, ini adalah hal utama dan juga wajib  yang tidak boleh  dilupakan dalam membuat keripik singkong yang renyah.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, pastikan minyak sudah panas. Kemudian goreng irisan singkong tersebut hingga kering dan matang, baru setelah warna nya agak kekuningan anda angkat.
  6. Setelah itu  haluskan bumbu yang ada di atas, kemudian masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi ke dalam minyak panas, tumis bumbu hingga aromanya wangi, masukkan gula pasir dan aduk kembali hingga merata dan meletup-letup.
  7. Setelah itu masukkan singkong yang telah anda goreng tadi, aduk keripik hingga berbalut bumbu secara merata.
  8. Biarkan keripik singkong pedas manis tadi hingga dingin
  9. Jika sudah dingin sobat bisa mengemasnya atau menyimpanya dalam toples kedap udara.
Agar singkong yang barusaja di goreng tidak berminyak banyak. Sobat perlu menggunakan spinner minyak goreng , agar kadar minyak atau air pada keripik singkong menjadi berkurang. Sehingga keripik menjadi lebih gurih

Tips Membuat Kerupuk Singkong Pedas

hal utama yang menjadi kunci renyah atau tidak nya keripik singkong adalah pada tahap perendaman singkong yang sudah anda iris tadi ke dalam air kapur sirih, air kapur sirih memang memiliki kandungan yang bisa membuat keripik singkong anda menjadi renyah nantinya, jika anda melakukan nya dengan baik, pasti keripik singkong anda akan renyah, anda hanya tinggal menentukan varian rasa nya saja.Untuk rasa atau varian rasa nya bisa anda ganti sesuai dengan keinginan anda, namun resep di atas adalah resep keripik singkong rasa pedas manis, campuran pedas dan rasa manis yang ada akan membuat lidah orang yang memakan nya ketagihan dan ingin lagi dan lagi.Demikianlah penjelasakan resep dan cara membuat kerupuk singkong pedas manis yang dijamin bisa bikin anda nggak berhenti ngemil. Sekian, sekamat mencobaya dan pastikan anda mengikuti step – step tersebut dengan baik dan benar semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *