Tips Menyimpan Daging di Kulkas
Tips Menyimpan Daging di Kulkas- Jika tidak ingin langsung diolah setelah dibeli, daging segar dan olahan daging seperti sosis dan daging yang diawetkan sebaiknya disimpan di lemari es. Lantas bagaimana cara menyimpan daging di lemari es yang benar?

Tips Menyimpan Daging di Kulkas

tips menyimpan daging

1. Bungkus Daging Sebelum Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Jangan lupa siapkan plastik atau alumunium foil atau wadah makanan kedap udara untuk membungkus daging. Lapisan atas menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan nilai gizi daging hingga berbulan-bulan. Selain itu, paparan suhu dingin secara langsung juga dapat menyebabkan luka bakar atau terbentuknya kristal es yang menurunkan kualitas daging. Oleh karena itu, kemasan kedap udara penting untuk menjaga kualitas daging di dalam kulkas.

2. Jangan Cuci Daging

Cara menyimpan daging di kulkas yang perlu diketahui adalah jangan mencuci daging dengan air sebelum memasukkannya. Menurut pernyataan dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of European Food Safety Authority (EFSA) (2016), air justru memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan makanan basi.

3. Bersihkan Kulkas

Aspek kebersihan ini berkaitan dengan lemari es dan daging yang ingin disimpan. Jangan lupa untuk membersihkan lemari es dari tumpahan atau kotoran agar tidak terbentuk bau yang tidak sedap. Ini juga membawa risiko kontaminasi pada daging yang disimpan. Cara lain untuk menjaga kebersihan adalah dengan memisahkan daging matang dari daging mentah saat disimpan di lemari es.

4. Perhatikan Kondisi Daging

Penting untuk memperhatikan kondisi daging sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menyimpan daging di dalam kulkas. Potong daging selagi masih segar sebelum disimpan.Jika Anda membeli daging kemasan, ikuti petunjuk penyimpanan yang tercetak pada kemasannya. Periksa tanggal kedaluwarsa sebelum menangani daging kemasan. Segera buang jika kadaluarsa atau busuk.

5. Atur Suhu Kulkas

Jika Anda berencana untuk menyimpan makanan, perhatikan angka pada termometer kulkas atau gunakan termometer kaca jika Anda memilikinya. Sebelum menyimpan makanan di lemari es, pastikan suhu di dalam lemari es di bawah 4 °C. Daging mentah bisa disimpan di lemari es selama beberapa hari. Namun, jika Anda tidak segera menyiapkan daging, sebaiknya simpan di dalam freezer hingga beku. Menyimpan daging dalam freezer pada suhu -18°C tidak membunuh mikroba.Namun, suhu dingin menghentikan pertumbuhan mikroba dan memperlambat aktivitas enzim, yang dapat memengaruhi kualitas daging. Jika Anda bertanya-tanya tentang suhunya, Anda bisa menggunakan es krim vegan di dalam freezer sebagai patokan. Jika tekstur es krim melunak setelah disimpan semalaman, berarti suhu beku kurang dingin. Jangan membuka dan menutup pintu lemari es terlalu sering saat menyimpan daging, karena dapat meningkatkan suhu lemari es.

6. Menerapkan Sistem First-in, First-out (FIFO).

Dengan sistem first-in, first-out (FIFO), Anda menempatkan makanan yang sudah disimpan di bagian depan atau atas lemari es. Cara menyimpan daging di lemari es ini akan membantu Anda mengetahui bahan mana yang harus diambil terlebih dahulu. Menerapkan sistem FIFO bisa lebih mudah jika Anda memberi label pada kemasan daging. Tulis tanggal dan jam pembelian pada setiap kemasan daging agar tidak ketinggalan tanggal kadaluarsanya.

7. Jangan Bekukan Lagi

Selain itu, pastikan Anda tidak mengabaikan kondisi daging setelah dikeluarkan. Proses daging dingin segera setelah dikumpulkan untuk menghindari sisa makanan yang perlu dibekukan kembali. Membekukan daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan menyebabkannya cepat rusak.Sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, bagilah porsinya sehingga Anda hanya perlu mengeluarkan daging beku saat memasak dan mencairkannya jika perlu. Menyimpan daging di dalam kulkas penting untuk menjaga kesegarannya. Pasalnya, penyimpanan daging yang tidak tepat mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat memicu pembusukan makanan.Demikian penjelasan tentang ctips menyimpan daging. Jangan lupa gunakan produk vacum terbaik yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *