Cara Membuat Tepung Mocaf dari Singkong
Cara membuat tepung mocaf dari singkong - Cara membuat tepung mocaf dari singkong. Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) merupakan pengganti banyak jajanan yang potensial dengan sumber singkong yang melimpah di negara kita.Tepung ini bisa menggantikan tepung sampai 100% alias tidak perlu tepung lain untuk mengganti tepung. Pengganti yang langka, tapioka cukup mahal. Produksinya yang terbatas membuat bedak tersebut biasanya hanya dijual di toko dan pusat perbelanjaan tertentu.Selain biasa dimakan dengan cara direbus, dipanggang atau digoreng dan dijadikan olahan makanan ringan seperti keripik singkong, singkong bisa disulap menjadi varian tepung. Nah, tapioka kemudian bisa dimanfaatkan untuk membuat olahan kue dan sebagainya.Tepung tapioka atau dikenal juga dengan Modified Cassava Flour (Mocaf) merupakan salah satu jenis tapioka yang memiliki banyak manfaat.Selain karbohidrat, mocaf juga mengandung protein, berbeda dengan tepung sejenis yang menggunakan bahan dasar singkong, yaitu tapioka yang hanya mengandung pati dan karbohidrat.Mocaf ini memiliki keunggulan lain seperti kandungan kalsiumnya yang tinggi. Selain itu, tepung singkong dapat digunakan sebagai pengganti makanan, bahan pembuatan kue untuk usaha menengah guna menekan biaya produksi.Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tepung yang benar-benar bersih tanpa sisa serat kayu pada tapioka. Selain itu kualitas tapioka yang tinggi menentukan hasil kue/permen yang kita produksi. Membuat tapioka atau mocaf tidak terlalu sulit. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Tepung Mocaf dari Singkong

Cara Membuat Tepung Mocaf dari Singkong

1. Persiapan Bahan

Cara terbaik adalah menggunakan umbi muda karena masih mengandung banyak pati. Nah, bagian akar singkong muda ini dicuci bersih dan dikeringkan sebelum dikupas untuk dipisahkan dari kulitnya.

2. Pengupasan Singkong

Singkong yang sudah disortir dan dicuci dipisahkan dari kulitnya dengan pisau atau alat lainnya. Disarankan selama proses pengupasan tidak boleh bersentuhan dengan air agar tidak mengubah warna singkong yang akan diolah.

3. Buat Irisan Tipis

Misalnya ingin membuat keripik singkong, pada tahap pengirisan ini prosesnya kurang lebih sama. Usahakan untuk memotong lembaran setipis mungkin, karena yang terakhir akan mempengaruhi kemampuan untuk mengurangi kadar air selama pengeringan.

4. Perendaman

Rendam irisan singkong dalam air bersih menggunakan wadah seperti ember plastik. Waktu perendaman dapat dilakukan dengan selang waktu sekitar 2×24 jam dan setiap 12 jam disarankan untuk mengganti air rendaman untuk menghindari bau yang tidak sedap.

5. Penjemuran

Setelah direndam selama kurang lebih dua hari dua malam, irisan singkong dapat dipetik, dicuci dengan air mengalir dan dijemur. Untuk langkah selanjutnya, usahakan kadar air bahan di bawah 15% dengan indikasi tekstur keripik rapuh saat disentuh.

6. Penepungan

Jika benar-benar kering maka bedak mulai diproduksi. Proses ini dapat dilakukan dengan mesin atau secara manual dan sesederhana memukul mortir tradisional dengan palu.Anda juga bisa menggunakan mesin penepung, agar hasilnya lebih bagus Anda bisa menggunakan mesin penepung, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

7. Pengayakan

Hasil tumbukannya akan menjadi bubuk, namun ukurannya masih belum seragam. Untuk mencegah mocaf menggumpal, seperti menghasilkan adonan yang tidak rata, pengayakan dapat memisahkan tepung yang kasar dan tidak sehat.

8. Penyimpanan

Seperti tepung lainnya, jangan simpan tepung ini di dekat barang yang berbau karena akan merusak tepung. Simpan di tempat yang sejuk dan tertutup. Meskipun dikatakan dapat disimpan lebih dari 12 bulan, sebaiknya jangan menyimpan bedak ini lebih dari enam bulan untuk menghindari keripik dan perubahan tekstur.Agar lebih praktis dan lebih baik dalam proses pembuatan tepung jagung ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah cara membuat tepung mocaf dari singkong yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *