Kriteria Logo yang Baik
 Kriteria Logo yang Baik - Untuk sebagian orang, logo diartikan tidak jauh berbeda dengan gambar atau simbol seperti biasa. Tetapi, keberadaan logo memegang peranan yang sangat penting untuk sebuah perusahaan atau bisnis.Sebuah bisnis tentunya harus bisa membuat logo yang unik dan berkarakter. Logo yang dapat membantu konsumen langsung mengenali perusahaan atau produk Anda. 

Kriteria Logo yang Baik dan Unik Untuk Anda

kriteria logo yang baik 

1. Terlihat Sederhana

Kesederhanaan juga penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan logo yang Anda buat dengan desain yang sederhana akan lebih mudah dikenali oleh konsumen.Itu sebabnya desainer grafis memahami prinsip KISS (Keep It Simple, Stupid). Prinsip ini berfokus pada kesederhanaan dalam membuat logo. Beginilah logo yang Anda rancang nanti akan diingat. 

2. Kriteria Logo yang Baik Yaitu Dapat Berkomunikasi

Alih-alih hanya berfokus pada desain, logo yang Anda buat harus efektif menyampaikan pesan kepada konsumen. Pesannya tentu saja beragam. Misalnya, jika produk yang Anda tawarkan adalah makanan pedas.Maka logo harus berwarna merah. Pemilihan warna secara tidak langsung menyampaikan pesan bahwa produk Anda memiliki cita rasa pedas. 

3. Bersifat Relevan

Desain logo bukan hanya tentang karya seni. Pastikan logo yang Anda desain relevan dengan produk Anda. Jangan sampai membuat konsumen salah paham. Untuk ini, desainer biasanya melakukan riset terlebih dahulu. Seperti inilah desain logo yang tepat. 

4. Kriteria Logo yang Baik Yaitu Mudah Diingat Oleh Orang Lain

Jika Anda mencoba membangun branding yang kuat, segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda harus mudah diingat.Sehingga logo yang Anda rancang tidak hanya menarik, tetapi juga dapat memudahkan orang untuk mengingatnya secara instan meskipun hanya sekali melihatnya. 

5. Bersifat Abadi atau Tahan Lama

Misalnya, Apple menggunakan logo Apple. Semua orang pasti mengenal buah ini bahkan pernah memakannya. Sehingga ketika Apple menggunakan logo ini, tidak sulit bagi orang awam untuk mengenalinya.Berbeda dengan Ferrari yang menggunakan logo kuda sebagai gantinya. Hal ini membuat orang awam sulit untuk mengingatnya, karena kita tahu bahwa Ferrari adalah perusahaan motorsport, tetapi mereka memilih logo dengan kuda yang berderak. 

6. Kriteria Logo yang Baik Yaitu Mudah Untuk Didistribusikan

Logo yang efektif tentunya bisa menonjol di semua media dan aplikasi. Logo Anda harus fungsional. Oleh karena itu saat mendesain logo, format vektor harus digunakan.Tujuannya yaitu untuk memastikan Anda dapat mengubah ukuran pada beberapa skala yang berbeda. Selain itu, desain logo yang akan Anda buat nantinya juga bisa diubah menjadi format horizontal atau vertikal. 

7. Tepat Pada Sasaran

Misalnya, Anda memiliki produk berupa mainan anak. Lebih cocok jika menggunakan font anak-anak dan memiliki pewarnaan yang penuh warna dan ceria.Sebuah desain logo langsung membangkitkan minat anak-anak terhadap produk yang dikandungnya. Namun, jangan lakukan ini jika Anda ingin membuat logo yang berhubungan dengan firma hukum. 

8. Kriteria Logo yang Baik Yaitu Dapat Terlihat Sempurna

Setiap orang harus mencoba untuk setidaknya mendekati kata sempurna itu sendiri. Anda harus menerapkan hal yang sama saat mendesain logo.Logo yang sempurna adalah logo yang tidak perlu lagi ditambahkan, dihapus, atau diubah. Untuk mencapai hal tersebut, desainer biasanya memilih logo yang sederhana. 

9. Memilih Warna dan Font yang Tepat dengan Brand Anda

Logo multi-warna juga membingungkan konsumen dan membuatnya sulit untuk diingat. Untuk melakukan ini, cobalah mendesain logo dengan tidak lebih dari 4 warna.Jika Anda harus menggunakan banyak warna, usahakan untuk memilih kombinasi warna yang logis dan enak dipandang. Font memainkan peran penting dalam desain logo. Setiap font menawarkan gambarnya sendiri. 

10. Kriteria Logo yang Baik Yaitu Tidak Memplagiat Logo Orang Lain

Orisinalitas logo itu sangat penting. Jadi ketika logo Anda sudah siap, orang lain tidak akan mengingat logo lain. Apa yang terlintas di pikiran Anda apabila menemukan gambar dengan apel yang digigit? Tentu saja Anda pasti langsung menyimpukan bahwa gambar tersebut merupakan logo Apple.Ketika sebuah perusahaan menggunakan logo yang hampir sama, orang awam menganggap bahwa merek tersebut adalah tiruan atau plagiarisme. Sekalipun tingkat kesamaannya jelas, masalah dengan hukum bisa saja terjadi.  
Baca juga : Cara Membuat Logo Olshop yang Bisa Membuat Toko Anda Terlihat Keren
  Jadi, itulah beberapa kriteria logo yang baik dan unik. Ketika Anda ingin Membuat logo, jangan lupa untuk memperhatikan kriteria di atas. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *