Cara Membuat Keripik Pepaya yang Renyah
Cara membuat keripik pepaya - Cara membuat keripik pepaya. Keripik buah dan sayuran sedang populer saat ini, dan buah pepaya adalah salah satunya. Buah kaya vitamin ini lebih sering dikonsumsi langsung daripada diolah.Namun tahukah kamu bahwa ada cara lain untuk menikmati buah pepaya, yaitu dengan membuatnya menjadi kentang goreng, penasaran? Kali ini saya akan memberi tahu Anda cara melakukannya.Pepaya merupakan buah dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin dan nutrisi pada buah latin bernama carica papaya ini sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Selain harganya yang relatif murah, makan buah pepaya merupakan cara mudah untuk memberikan nutrisi pada tubuh.Mereka jarang berpikir untuk mengubah buah berkadar air tinggi ini menjadi keripik. Kentang goreng identik dengan pepaya yang renyah dan juicy. Namun, semua itu bisa dijawab dengan alat penggoreng vakum yang mengubah buah-buahan manis dan oranye itu menjadi keripik ubi yang renyah dan manis.Meskipun keripik pepaya masih belum begitu populer, rasanya tidak kalah enak dengan olahan buah pepaya lainnya seperti manisan pepaya, es krim campur, serbat, rujak buah dan lain-lain. Bahkan, di sini Anda bisa merasakan renyah dan manisnya salah satu olahan pepaya.

Cara Membuat Keripik Pepaya

Cara membuat keripik pepayaBerikut cara mudah membuat cemilan keripik dengan bahan utama pepaya.

Bahan:

  • 1 pepaya muda

Untuk bumbu halusnya sendiri yaitu:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok ketumbar
  • 5 buah hazelnut

Untuk bahan adonannya yaitu:

  • 100 gram tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 1 telur
  • 1 sendok makan santan1 sendok garam
  • 1 sendok kaldu bubuk
  •  air secukupnya

Mesin-Mesin yang Digunakan

Untuk membuat keripik buah, pepaya atau buah lainnya dibutuhkan bantuan mesin yang berfungsi untuk menggoreng, meniriskan minyak dan mengemasnya. Tanpa bantuan mesin tersebut, mengolah keripik buah melalui deep fry justru membuat buah menjadi empuk dan tidak renyah. Mesin berikut digunakan untuk menghasilkan buah:

1. Mesin Vacuum Frying

Mesin penggoreng vakum (vacuum fryer), mesin ini membuat keripik buah dengan menggunakan sistem penggoreng vakum untuk membuat keripik buah dan sayur berkualitas tinggi.Mesin ini menggunakan kompor LPG untuk pemanasan dan sistem sirkulasi vakum dengan bantuan pompa air. Ada juga lampu di dalam tabung di dalam mesin sehingga Anda bisa melihat hasil olahan keripik.

2. Mesin Spinner (Peniris Minyak)

Mesin spinner (peniris minyak) adalah mesin yang mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan minyak keripik setelah digoreng dengan vacuum fryer.Tentunya sebelum memulai membuat keripik pepaya ini, Anda harus memiliki alat mesin peniris minyak ini terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin peniris minyak itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

3. Mesin pengemas

Mesin pengemas untuk mengemas buah jadi.

Cara Membuat Keripik Buah Pepaya

Saat pertama kali mendengar tentang keripik buah pepaya, Anda mungkin bertanya-tanya tentang kandungan dalam makanan ringan ini. Segera informasikan, bahwa bahan untuk membuat keripik buah pepaya cukup dengan buah pepaya segar tanpa bahan tambahan lain selain minyak goreng.Mengapa? Anda bisa membuat keripik buah pepaya tanpa tepung, perasa, telur atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat keripik. Karena cara membuat keripik buah cukup dengan membuang kandungan air pada buah dengan vacuum fryer. Ok langsung saja kita ke pembahasan cara membuat keripik pepaya agar semua pertanyaan anda terjawab :

Bahan:

  • Pilih bahannya berupa buah pepaya segar. Pilih buah pepaya yang berdaging merah, baik Pepaya Bangkok atau California. Jangan gunakan pepaya yang terlalu matang, karena hasil akhirnya akan jelek dan sulit kering.
  • Minyak goreng

Langkah Membuat:

  1. Kupas pepaya pilihan Anda.
  2. Buang bijinya sepenuhnya.
  3. Cuci pepaya dengan air bersih.
  4. Potong-potong pepaya lebih lanjut, bentuk dengan ketebalan sekitar 5 mm sesuai selera.
  5. Irisan buah pepaya kemudian disimpan dalam freezer selama 24 jam.
  6. Siapkan penggorengan kosong dan isi dengan minyak goreng sesuai kapasitas mesin.
  7. Tambahkan irisan pepaya yang sudah didinginkan dan tumis dengan api kecil sekitar 85 derajat Celcius agar tidak gosong dan Anda mendapatkan keripik pepaya yang enak.
  8. Periksa keripik pepaya di penggorengan vakum, angkat dan tiriskan saat kering.
  9. Siapkan spinner untuk memisahkan minyak.
  10. Keripik pepaya siap disantap atau dikemas.
Agar lebih praktis dan lebih baik dalam memulai pembuatan keripik pepaya ini, Anda harus mempunyai mesin peniris minyak yang ini. Nah, itulah cara membuat keripik pepaya yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *