Cocopeat untuk Hidroponik Karena Terbuat dari Serbuk Serabut Kelapa
Cocopeat untuk hidroponik - Dalam bidang pertanian, tidak hanya tanah saja yang dapat diperhitungkan sebagai media tanam. Ada media tanam lainnya, Cocopeat salah satunya. Cocopeat termasuk dalam media tanam hidroponik organik karena terbuat dari serbuk sabut kelapa.Serbuk kelapa mudah ditemukan di seluruh rumah, sehingga tidak jarang melihat metode penanaman ini digunakan di setiap rumah. Karena cocopeat adalah bubuk, keberadaannya dapat dicapai dengan menggunakan kelapa yang digiling halus terlebih dahulu. Salah satu keuntungan menggunakan cocopeat sebagai media tanam hidroponik adalah tahan air dan mengandung cukup banyak unsur kimia.Cocopeat memiliki pH antara 5,0 dan 6,8, yang membuatnya sangat baik untuk menanam tanaman apapun. Media tanam hidroponik ini biasanya dicampur terlebih dahulu dengan bahan lain seperti kerang bakar dengan perbandingan 50:50: 50, yang tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan aerasi lingkungan tanam.Ini dapat menawarkan banyak manfaat. Cocok untuk digunakan dengan tanah atau sendiri. Cocopeat juga sering digunakan sebagai pengganti tanah. Cocopeat memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Selain itu juga memiliki pori-pori yang memudahkan ventilasi dan masuknya sinar matahari. Kapang Trichoderma, sejenis enzim yang berasal dari cendawan, dapat mengurangi penyakit tanah. Hal ini memungkinkan Cocopea menjaga tanah tetap gembur dan subur.Meskipun diiklankan sebagai media tanam alternatif yang berkualitas sebaik tanah, namun kekurangan unsur hara tanah. Oleh karena itu, Cocopea membutuhkan pupuk tambahan sebagai pupuk. Sebelum di buat cocopeat kelapa harus di pisahkan menggunakan mesin pengupas batok kelapa.Sebagai media tanam organik, Cocopeat memiliki beberapa keunggulan dibanding media tanam lainnya. Manfaat cocopeat adalah :Cocopeat untuk Hidroponik Karena Terbuat dari Serbuk Serabut Kelapa

1. Teksturnya Mirip Tanah

Bentuk dan struktur Cocopeat mirip dengan tanah dan butirannya yang halus memungkinkan tanaman beradaptasi bahkan saat ditanam di tanah. Satu-satunya perbedaan antara cocopeat dan media tanam tanah adalah kandungan nutrisinya, dengan cocopeat tidak mengandung nutrisi seperti tanah. Oleh karena itu, untuk menanam tanaman di atas cocopeat, tanaman tidak hanya direndam dengan air, tetapi juga dengan larutan nutrisi.

2. Kelebihan Cocopeat yang Dapat Menyerap Air dengan Baik

Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki daya tampung air yang cukup tinggi dan dapat menampung air lebih banyak daripada yang tersimpan di dalam tanah. Cocopeat mampu menyimpan dan menahan air sepuluh kali lebih baik dari tanah dan hal ini tentunya sangat baik untuk tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena mampu menahan air, akar tanaman tidak mudah kering dan dapat dibasahi dengan baik.

3. Ramah Lingkungan

Karena cocopeat terbuat dari bahan organik, sangat ramah lingkungan dan memiliki kemampuan terurai yang baik di dalam tanah saat tidak digunakan. Selain itu, Cocopea tentunya juga dapat didaur ulang kembali ke lingkungan pabrik baru dengan menggunakan proses tertentu.

4. Lebih Tahan Hama

Beberapa hama seperti hama tanah tidak suka berada di cocopeat dan hal ini tentunya dapat melindungi tanaman dengan lebih baik dan menjaganya tetap aman dari hama.

5. Lebih Mudah untuk Pemula

Menanam tanaman dengan Cocopeat sangat dianjurkan bagi mereka yang baru mulai belajar cara menanam tanaman secara hidroponik. Cocopea mudah digunakan untuk penanaman awal karena bentuk dan teksturnya yang bersahaja.

Kekurangan  Cocopeat

Meskipun Cocopeat memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :

1. Tidak Steril dari Pathogen

Meskipun cocopeat tidak mengandung hama, cocopeat harus disterilkan dengan cara dicuci dan dikeringkan sebelum digunakan.

2. Kurang Cocok untuk Akar Tanaman yang Tidak Suka Basah

Karena cocopeat dapat menahan air lebih lama, media tanam ini sebaiknya tidak digunakan saat menanam tanaman yang akarnya tidak menyukai kondisi basah, seperti kol atau brokoli.

3. Tidak Mengandung Unsur Hara atau Inert

Meski bentuk dan teksturnya mirip dengan tanah, ingatlah bahwa kokas tidak mengandung unsur hara. Jika digunakan sebagai media tanam, larutan nutrisi dan suplemen harus ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman.Itulah manfaat cocopeat dari serat sabut kelapa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *