Usaha Sabut Kelapa yang Mudah dan Mengguntungkan
Indonesia memliki penghasilan kelapa yang terbesar di dunia. Sehingga dapat cocok untuk peluang usaha sabut kelapa. Tapi pemanfaatnya yang rendah. Sabut kelapa ini biasanya digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga yang menggunakan kayu bakar.Di daerah yang ada  kelapannya, kelapa biasanya cuman dibuang saja. Mungkin hanya tukang batu yang sering membutuhkan untuk usaha dari pembuatan bata dan genteng yang diutuhkan sabut kelaoa untuk proses pembakaran. Namun beberapa perajin memanfaatkan kelapa untuk dioalah menjadi produk yang bernilai.

Produk Sabut Kelapa

usaha sabut kelapaSabut kelapa memang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tentunya banyak peluang usaha produk olahan kelapa yang berkembang dengan baik. Setelah sabut kelapa tersebut diolah menjadi serabut (serat kelapa). Serat inilah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furnitur, pot, geotekstil, dan kasur.Pasar ekspor dan domestik menyerap produk tersebut dalam jumlah besar. Tentunya untuk mengolahnya dan mendapatkan produk yang berkualitas, kita harus siap menggali informasi sebanyak mungkin tentang sabut.Komposisi kimia serat sangat menentukan kualitas bahan baku sabut. Sabut dalam memiliki kandungan selulosa, pentosa, dan lignin yang lebih tinggi daripada sabut genjah dan hibrida, sedangkan kadar abu lebih rendah. Keadaan ini memberikan kualitas kelapa yang lebih baik sebagai bahan baku serabut kelapa.Kualitas produk serat terbaik dicapai saat buah berumur 13 bulan. Pada umur tersebut pertumbuhan buah terhenti, kelembaban kelapa sawit menurun, dan kadar abu relatif rendah.

Keunggulan Produk Olahan Sabut Kelapa

usaha sabut kelapaProduk utama pengolahan sabut kelapa terdiri dari serabut (serat panjang), bristles (serat halus dan pendek) dan serbuk kelapa atau serbuk kelapa. Seratnya dapat digunakan untuk membuat geotekstil, serat karet, matras, karpet dan produk kerajinan/rumah tangga. Geotekstil banyak digunakan untuk perbaikan tanah di bendungan, saluran air, dll., sedangkan tikar dan serat karet banyak digunakan dalam industri pelapis, kasur, dan insulasi termal.Serabut kelapa memiliki keunggulan dibandingkan penggantinya, terutama serat sintetis, yaitu sebagai berikut:
  1. Memiliki daya serap air yang sangat tinggi
  2. Memiliki sifat material ekologis
  3. Memiliki daya serap panas yang sangat tinggi
  4. Pengolahannya tidak mencemari lingkungan
  5. Menggunakan mesin pengolah yang relatif sederhana
  6. Memiliki potensi pasar yang sangat besar baik di pasar domestik maupun di pasar ekspor.

Memulai Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa

Menganalisa Jenis Usaha Yang Terkait

Anda perlu memastikan bahwa bisnis produk olahan kelapa yang Anda jalankan adalah bisnis yang ingin Anda kembangkan. Temukan produk kelapa olahan premium yang dapat semakin mendukung bisnis kelapa Anda. Lakukan analisis keseimbangan untuk mengetahui potensi bisnis Anda. Kemudian jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (perkiraan penjualan, analisis arus kas, dll.). Kemudian susun marketing plan untuk memasarkan produk olahan kelapa Anda.

Perluas Networking Anda

Networking dapat menjadi landasan bagi kelangsungan bisnis produk olahan kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda. Anda dapat melakukan ini sebelum memulai bisnis Anda sendiri. Dalam hal ini, Anda sudah memiliki jaringan yang luas saat mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting ketika memulai bisnis Anda sendiri. Banyak orang ingin memulai bisnis, tapi tidak punya modal, sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan: Modal sendiri dari tabungan, mencari modal dari investor atau meminjam dari bank dan sistem kemitraan. Selain modal awal, Anda harus memiliki anggaran keluarga di bank setidaknya selama tiga bulan.Tentunya, jika ingin membuat sabut kelapa anda memerlukan mesin sabut kelapa agar nantinya bisa lebih praktis dan lebih baik. Adapun jika anda memelukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda. Nah itulah penjelasan tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *