Cara Menanam Jagung di Polybag dengan Baik dan Benar
Cara menanam jagung di polybag - Bertani jagung memang cukup menguntungkan. Namun salah satu kendala yang sering terjadi dalam budidaya jagung adalah keterbatasan lahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah menanam jagung dalam polybag. Jadi Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam jagung.Tetapi Anda tidak memiliki tempat untuk pergi atau negara besar. Pertanian saat ini selalu berkembang dengan berbagai ide kreatif khususnya dalam teknik budidaya jagung. Bagi Anda yang tinggal di darah kota, Anda jelas memiliki sedikit lahan atau ruang untuk mulai menanam jagung. Anda bisa mencoba teknik menanam jagung di polybag/pot/gelas air dan sejenisnya. Saat menanam jagung di polybag, pot, gelas air atau yang lainnya tidak membutuhkan tanah yang banyak. Di lahan sempit pun, Anda bisa mulai menanam tanaman jagung hanya dengan membuat polybag. Jika tidak memiliki polybag, gunakan pot atau toples berisi air tanah.Menanam jagung dalam polybag dapat memberikan banyak keuntungan bagi anda, selain menghemat lahan, peralatannya juga cukup sederhana, maka dari itu kami sarankan untuk mengikuti teknik menanam jagung dalam polybag ini. Ok, beli saja tangganya. Untuk dibuat makanan yang lain jagung perlu di mipil dahulu menggunakan alat yang modern yaitu Mesin pemipil jagung.

Tahap Persiapan Menanam Jagung di P111olybag

Sebelum memulai menanam jagung di polybag Anda harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan berikut ini!
  1. Tanah
  2. Sekam Bakar/pupuk kandang
  3. Polybag/gelas aqua dll
  4. ember cat/pot
  5. benih jagung yang berkualitas (hibrida, manis dll)
  6. Pupuk NPK

Langkah-langkah untuk memulai menanam jagung ke dalam polybag

Cara Menanam Jagung Di Dalam Polybag dengan Baik dan BenarSetelah Anda mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai menanam jagung di polybag selanjutnya melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Mencampurkan media tanam

Media tanam dapat menggunakan tanah, sekam bakar dan pupuk kandang yang cukup mudah untuk didapatkan. Campurkan ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1:1:1.
  • Masukkan Media Tanam Ke Dalam polybag atau gelas aqua
Setelah mencampurkan ke tiga media tanam tadi dengan menggunakan tangan, selanjutnya masukkan ke dalam polybag atau gelas aqua hingga terisi dengan penuh. Namun jika tidak dapat menemukan polybag dan aqua gelas, Anda dapat mencari selain keduanya yang mudah di dapatkan.
  • Pemberian Pupuk NPK
Setelah andai mengisi polybag dengan penuh dan rata selanjutnya masukkan pupuk NPK dengan jumlah 1 sendok makan. Dan campurkan dengan rata menggunakan tangan.
  • Penyiraman Media Tanam
Selanjutnya siram polybag yang telah diisi media tanam, gunakan alat penyiraman agar penyiraman lebih merata.

2. Tahap Penanam

Gunakan bibit tanaman jagung yang bersertifikat yang kualitasnya sudah terjamin. Karena benih jagung akan mempengaruhi kualitas jagung nantinya.

3. Tahap Perawatan

  • Proses Penyiraman
3 hari setelah penanaman benih, jagung akan mulai berkecambah. Nah pada saat masa pertumbuhan jagung membutuhkan air. Usahakan air pada jagung tetap terkontrol. Lakukan penyiraman secara berkala 3 hingga 4 hari pada cuaca tidak terlalu panas. Namun pada saat musim kemarau usahakan melakukan penyiraman hampir setiap hari.
  • Pemberian pupuk susulan
Pemupukan dapat dilakukan setala 7 atau 10 hari setala penanaman dan selanjutnya pemupukan kedua dilakukan setala 7 dan 10 kemudian. Pemupukan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan sistem kocor dan tabur.Pupuk yang digunakan adalah NPK, jika Anda melakukan dengan sistem kocor, campur kan pupuk dengan 5 liter air kemudiaan aduk dan siram menggunakan alat penyiraman agar merata.
 
 
Jika menggunakan sistem tabur makan gunakan dosis 5gram pada setiap polybag. Namun sebelum itu lubangi tanah dan masukkan pupuk dan tutup kembali.
  • Pengusiran Hama
Dalam melakukan pengusiran hama Anda dapa menggunakan bahan-bahan alami seperti kulit sirsak, kulit bawang dan lain sebagainya karena kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang dapat mengusir hama. Disarankan tidak menggunakan pestisida kimia karena dapat membahayakan kesehatan tanaman.4. Proses Panen JagungWaktu panen jagung dapat dilakukan setelah 2 bulan lebih atau 70 hingga 75 hari. Jagung sudah dapat dipanen jika rambut pada jagung sudah mulai mengering. Cara panen jagung cukup dengan mencabut tongkol jagung dari batangnya dengan menggunakan tangan atau pisau.Itulah cara menanam jagung di polybag, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *