Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri Asli Palembang
Cara membuat pempek ikan tenggiri - Semua orang tahu pempek ikan Palembang. Hidangan khas Palembang ini dikenal di seluruh Indonesia. Rasanya asin asin berpadu dengan manis dan pedasnya pempek kukko, rasanya mantap, tidak ada lawannya!Ada banyak jenis pempek ikan di Palembang, ada pempek lenjer, pempek bawah air besar dan kecil, pempek keriting, pempek pistel, adaan pempek, dan juga kulit garing.Nah resep Pempek Tenggiri Asli Palembang ini sudah saya share di artikel sebelumnya. Lalu apa bedanya dengan resep ini? Ada sedikit perbedaan dari resep sebelumnya dimana tepung tapiokanya lebih banyak dari daging ikannya, namun hasil akhirnya tetap enak dan rasa ikannya tetap ada. Resep yang pertama sangat cocok untuk yang ingin berjualan pempek, karena lebih memberikan hasil.Sedangkan resep ini kandungan ikannya lebih banyak dari tepungnya dan saya tambahkan putih telur agar hasil pempek lebih renyah dan kering saat digoreng nanti. Karena tepungnya lebih sedikit, hasilnya juga lebih rendah. Jadi beda resep ya moms kalau ditanya enak apa? Saya pikir semuanya baik-baik saja. Yuk, simak resep dan cara membuatnya!

Resep Pempek Ikan Tenggiri Palembang

untuk mengawetkan pempek bisa mengunakan vacuum sealer. berikut cara membuat pempek ikan tengiri palembang:Bahan Pempek:
  • 500 gr daging ikan tenggiri (yang sudah dihaluskan)
  • 375 ml air
  • 1 putih telur
  • 1 1/2 sdt kaldu jamur bubuk (kalau tidak ada boleh ganti dengan micin)
  • 1 sdm garam (±17 gr)
  • 400 gr tepung tapioka
  • Minyak sayur
Isian Pempek:
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri

Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri Asli PalembangMembuat Adonan Pempek1) Sekarang masukkan makarel ke dalam mangkuk yang cukup besar lalu tambahkan air. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan putih telur dan aduk hingga rata.2) Tambahkan garam dan kaldu jamur halus, aduk hingga tercampur rata dan mengental. Campuran daging ikan kembung akan mengental saat ditambahkan garam dan kaldu jamur giling.3) Kemudian tambahkan tepung dan aduk perlahan. Tips mengaduk jangan ditekan keras seperti menguleni roti. Cara pencampurannya cukup dengan memutar bolak-balik lalu tekan perlahan agar tepung dan daging ikan tercampur rata dan tercampur rata.Membuat Pempek Lenjer dan Pempek Kapal Selam4) Timbang 100 gram adonan untuk membuat Pempek Lenger, lalu gulung menjadi bentuk Pempek Lenger.5) Kemudian timbang 120g adonan. Jika adonan terlalu lembek, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka agar lebih mudah dibentuk. Pertama kita bentuk mangkuk. Caranya seperti itu, ya. Kemudian tambahkan 1 telur mentah utuh. Kemudian tutup rapat bagian atas pempek agar tidak berantakan saat dimasukkan ke dalam loyang.6) Untuk isian kapal selam kecil, pertama kita siapkan telur untuk isiannya. Tempatkan telur dan garam dalam gelas ukur. Campur dan kocok dengan baik dan sisihkan.7) Timbang adonan dengan berat 20 gram dan bentuk terlebih dahulu menjadi mangkuk. Kemudian isi dengan telur kocok. Tutup rapat-rapat!Merebus dan Menyajikan Pempek8) Rebus air dalam panci. Masukkan pempek lalu tambahkan minyak sayur secukupnya agar pempek tidak lengket dan hasil akhirnya bagus.9) Panggang puff pastry hingga mengapung dan terlihat lebih besar dari sebelumnya. Setelah direbus, diangkat, lalu ditiriskan di atas serbet.10) Panaskan minyak sayur hingga benar-benar panas, lalu masukkan pempek. Goreng hingga matang dan kering. Pempek Lenjer sebaiknya tidak digoreng terlalu kering karena jika terlalu kering Pempek Lenjer biasanya meletup keluar dari wajan sedangkan Pempek Kapal Selam tidak.11) Pempek siap dihidangkan. Sajikan pempek dengan cuka manis dan tajam. Memiliki!Rasa pempek ini enak banget, rasanya gurih dipadukan dengan cuka pempek yang manis dan pedas. Konstruksi pempek juga tidak alot dan tidak tangguh.Itulah cara membuat pempek Palembang. Butuh banyak latihan untuk mengetahui cara membuat pempek, khususnya mengemas kapal selam pempek. Tapi kalau tahu cara mengolahnya, pasti terbayar dengan pempek yang enak, hehehe. Untuk mengawetkan bisa menggunkan vacuum sealer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *