Cara Membuat Nasi Jagung yang Gurih dan Lezat
Cara Membuat Nasi Jagung - Nasi jagung merupakan sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi di beberapa daerah, salah satunya di Madura, Jawa Timur. Hidangan ini dibuat dengan nasi jagung, yaitu campuran nasi putih dan jagung kering.Paling enak dimakan dengan ikan asin, sambal dan pelengkap lainnya. Jika Anda jarang melihat penjual nasi jagung di daerah Anda, cobalah memasak sendiri di rumah.Cara memasaknya mirip dengan nasi putih biasa. Bedanya ada proses perendaman yang perlu dilakukan agar teksturnya menjadi lembut.

Cara Membuat Nasi Jagung Simple

Cara Membuat Nasi JagungNasi jagung sendiri merupakan makanan olahan jagung yang bentuknya seperti nasi. Nasi jagung sering digunakan sebagai campuran nasi putih. Perpaduan antara nasi putih dan nasi jagung menciptakan rasa nasi yang khas. Sebelum diolah sebaiknya jagung digiling terlebih dahulu menggunakan mesin giling jagung.Membuat nasi jagung pada dasarnya sama dengan memasak nasi biasa. Namun jika kurang matang, nasi jagung justru bisa jadi terlalu lembek dan encer. Akibatnya, nasi jagung menjadi tidak enak, apalagi jika disajikan dengan sayur rebus.Padahal, Anda tidak terlalu membutuhkan cara khusus untuk bisa memasak nasi jagung yang enak dan empuk. Anda bahkan bisa mengandalkan rice cooker jika ingin membuat sajian nasi klise itu. Namun, hasilnya lebih halus dan enak lho, ada triknya.Salah satu pengguna, pemilik YouTube/Naniek Lestari, tak segan-segan membagikan caranya. Melalui video yang diunggahnya, menggunakan nasi jagung bertekstur kasar (teksturnya mirip nasi putih). Pemilihan jenis beras ini akan membantu agar nasi menjadi lebih lentur, tidak lembek. Selain nasi jagung, siapkan nasi putih lagi ya.

1. Bahan

  • Bahan-bahan 3 cangkir nasi yang enak, dicuci bersih 2
  • jagung, sisir
  • 3 sdm minyak, untuk menggoreng
  • 10 tangkai bawang merah, ditumbuk kasar
  • 2 siung bawang putih, dihancurkan
  • 5 lembar daun salam
  • 3 batang serai yang dimemarkan
  • 2 lembar daun pandan, sambung
  • Air secukupnya seperti menanak nasi

2. Bahan pelengkap

  • Ikan goreng asin
  • Sambal terasi
  • terong goreng atau rebus
  • salep sayuran
  • Kue jagung
  • tahu kuning dan tempe matang

3. Cara Membuat Nasi Jagung

  1. Siapkan 1 cup nasi jagung dan 1/2 cup nasi putih. Perbandingan jagung dan nasi putih bisa diatur sesuai selera.
  2. Masukkan nasi jagung dan nasi putih ke dalam rice cooker.
  3. Cuci beras sampai bersih. Nasi yang sudah dicuci siap dimasak.
  4. Masukkan rice cooker, tambahkan air 150ml. Jumlah airnya sama dengan saat menanak nasi putih.
  5. Kemudian tutup rice cooker dan tekan tombol "cook". Menunggu untuk memasak.
  6. Setelah nasi matang, aduk segera. Nasi jagung juga cenderung lebih lembut dan tidak lembek.
  7. Makan nasi jagung selagi masih panas atau hangat. Karena kalau sudah dingin teksturnya akan sedikit mengeras (pera).

4. Saran penyajian

  1. Sajikan nasi jagung dengan ikan goreng asin, sambal, terong goreng atau rebus, sayur urur, jagung goreng dan tahu, tempe matang sudah matang.
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam rice cooker agar nasi tetap lembut lebih lama.
  3. Anda bisa menambahkan kerupuk untuk tekstur dan rasa ekstra.
Menggunakan nasi bisa mempengaruhi kondisi nasi jagung matang lho. Hal ini dikarenakan jika menggunakan beras jagung yang lebih halus, maka beras jagung yang dihasilkan cenderung lebih lembek dan lebih mudah lembek. Selain itu, jumlah air yang digunakan juga berpengaruh pada pemasakan nasi jagung.Namun jika ingin memasak nasi jagung tanpa dicampur nasi putih, bahan kuahnya perlu dikurangi secukupnya, jangan terlalu lembek. Berikut cara membuat nasi jagung yang bisa anda coba di rumah, memasak nasi jagung juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *