Cara Bikin Kopra Kelapa Asli dan Berkualitas
Teknologi produksi kopra sangat menentukan kualitas kopra, karena kualitas produk kopra mempengaruhi harga, oleh karena itu pengetahuan tentang metode atau teknik produksi kopra mutlak diperlukan bagi para produsen kopra. Pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang pembuatan cara bikin kopra kelapa asli yang berkualitas dan jenis-jenis kopra. Semoga mau berbagi dan saling memberi manfaat.

Pengertian Kopra

pengertian kopraKopra adalah biji kelapa olahan dan kering yang digunakan untuk mengekstrak minyak kelapa. Tembaga digunakan untuk berbagai keperluan. Ini digunakan sebagai makanan karena merupakan sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin dan mineral.Kopra pengepres panas menghasilkan minyak dengan titik leleh rendah 23 derajat Celcius. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak dan sebagai bahan baku pembuatan minyak rambut, shampo, detergen, margarin dan lain-lain. Residu yang dikenal sebagai bungkil kelapa adalah pakan terkonsentrasi yang berharga untuk ternak. Satu buah kelapa bisa menghasilkan sekitar 80-500 gram kopra.

Cara Bikin Kopra kelapa

cara bikin kopra kelapaNah, berikut proses cara bikin kopra kelapa dengan cara pengeringan yaitu sebagai berikut:

1. Penjemuran Matahari

Cara ini memakan waktu lama, 5-7 hari, sangat tergantung pada kondisi cuaca, dan kualitas kopra sering tidak stabil, berjamur dan kelembabannya tidak optimal, inilah ciri-ciri dari teknik ini.

2. Penjemuran Bertudung Plastik

Variasi penjemuran namun dengan kubah plastik, kopra dijemur di area plastik. Panas yang menembus area plastik membutuhkan waktu lama, sehingga pengeringan bisa lebih cepat dari pengeringan biasa. Teknik pengeringan ini lebih baik daripada menjemur langsung di bawah sinar matahari .

3. Pengasapan

Metode ini merupakan teknik yang berkembang baik di kalangan petani kopra. Daging kelapa dimasukkan ke dalam alat pengasapan dengan membakar batok atau sabut kelapa di bawahnya. Teknik ini memakan waktu 3 hari.

4. Pengovenan

Teknik pengeringan kopra ini paling baik untuk membuat kopra. Teknologi yang digunakan adalah model oven pengisian daya. Prosesnya adalah memasukkan kelapa basah ke dalam lemari oven yang disediakan dan kemudian memanaskannya di ruang tertutup; Panas mengalir ke ruang ini, yang memiliki suhu 40-80 derajat Celcius. Panas dihasilkan dari pembakaran biomassa yang menghasilkan asap dan panas, setelah itu disalurkan oleh kipas untuk dialirkan melalui oven pengering kopra.

Jenis-Jenis Kopra

1. Kopra Asalan

Jenis ini tidak menggunakan kata "hati-hati" tanpa alasan. Karena kelapa yang digunakan untuk membuat kopra tidak memiliki kriteria tertentu. Ukuran kelapa tidak semua sama, ada yang besar dan ada yang kecil. Lembut dan seringkali berlubang atau sobek.

2. Kopra Regular

Kopra biasa merukan jenis kopra yang biasanya berwarna putih kecoklatan. Daging kelapa lebih tebal dari kopra sesekali. Namun, lubang terkadang ditemukan di kopra biasa. Sedangkan kopra yang bolongnya lumayan, kualitas kopranya biasa saja, namun jika kopranya besar dan mudah pecah, maka kopra tersebut termasuk kategori kopra yang tidak disengaja.

3. Kopra Edibel

Di antara berbagai jenis kopra yang ada, yaitu kopra edibel yang merupakan jenis kopra dengan kualitas paling tinggi. Untuk menghasilkan kopra yang dapat dimakan, kelapa terpilih harus melalui proses grading yang ketat, antara lain kelapa varietas hibrida dengan berat sekitar 0,6-0,8 kg, daging buah kecil, tempurung tebal dan halus, dll.Adapun anda yang ingin mengeringkan kopra putih menjadi kopra kelapa kering anda bisa membutuhkan mesin oven kopra putih. Mesin ini dapat berfungsi untuk mengeringkan kopra putih menjadi kopra kelapa kering yang sangat manfaat untuk petani kopra. Adapun jika anda memrlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *