Cara Jualan Online agar Cepat Laku
Cara Jualan Online agar Cepat Laku. Apakah Kalian seorang penjual online yang ingin menjual secara online untuk menjual produk Kalian dengan cepat? Di saat-saat seperti ini, penjual ramai-ramai masuk dan mencoba menjual berbagai barang melalui jalur online.Dengan bertambahnya jumlah penjual, persaingan antar toko meningkat. Oleh karena itu, sebagai pemula, Kalian perlu melakukan sesuatu yang unik dan berbeda agar penjualan Kalian tetap laris dalam menghadapi persaingan yang ketat.Nah, pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan beberapa cara jualan online yang bisa diterapkan pada bisnis online Kalian.

Cara Jualan Online agar Cepat Laku

  1. Pelajari Unique Selling Point

Bagi yang masih asing dengan istilah Unique Selling Point (USP) adalah nilai jual produk Kalian atau keunikan dari produk yang Kalian jual. Pada dasarnya, USP adalah yang membedakan produk Kalian dengan produk lain di pasaran.Ada berbagai keunggulan yang biasa ditawarkan, seperti: harga murah, desain mewah, umur panjang, garansi panjang, dll. Keunggulan ini hampir selalu dimiliki oleh merek-merek besar.Namun apa keunikan bisnis Kalian yang tidak dimiliki pesaing lain? Itulah yang seharusnya Kalian cari. Berikut beberapa contoh USP yang tergolong produk ternama, antara lain:
  • Starbucks: Menawarkan berbagai kopi premium.
  • Domino's Pizza: Pizza gratis tersedia jika Kalian tidak muncul dalam waktu 30 menit.
  • TOMS Shoes: Sediakan sepasang sepatu untuk anak-anak yang tidak mampu membeli satu pasang sekaligus.
Dan masih banyak lagi contohnya. Jadi sekarang terserah Kalian untuk menemukan nilai unik dalam suatu produk sehingga Kalian dapat membedakannya dari yang lain.Memiliki USP memudahkan pelanggan untuk mengingat dan mengenali produk Kalian.
  1. Punya Website Toko Online Sendiri

Cara jualan online sebenarnya bisa dilakukan melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada atau bahkan di media sosial seperti WhatsApp, belanja di Instagram, TikTok Shop, dan lainnya.Marketplace sangat memudahkan penjual, bisa langsung upload foto produk, buat deskripsi dan langsung jualan. Namun, memiliki website toko online sendiri akan lebih baik untuk kemajuan bisnis online Kalian.Mungkin banyak dari Kalian yang menganggap membuat website sendiri itu sulit, mulai dari menentukan layout, tema, dll. Namun justru di sinilah Kalian bisa membuat website dengan branding perusahaan Kalian, seperti pada gambar berikut.Selain itu, ketika Kalian membuat website toko online Kalian sendiri, Kalian akan memiliki kontrol penuh atas toko tersebut. Dari data penjualan hingga data kontak pembeli.Kalian bahkan bisa mendapatkan data terkait tren bisnis yang sedang diminati pelanggan. Data ini kemudian dapat digunakan saat beriklan.Banyak pengusaha baru menganggap membangun website toko online itu sulit.
Baca Juga: Cara Berjualan di Tokopedia agar Cepat Laku
  1. Riset Data

Sebagai pemilik bisnis dan penjualan online, Kalian tidak hanya harus pintar tentang produk yang Kalian jual, tetapi juga memahami data yang Kalian baca.Data merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis, tanpa bantuan data, produk atau brand ternama tidak akan sepenting sekarang.Jadi data macam apa ini dan harus dipelajari? Khususnya data terkait penjualan dan data promosi produk.Data penjualan, data ini bisa Kalian dapatkan dari fungsi pelaporan di CMS yang Kalian gunakan. Laporan tersebut berisi data-data seperti produk terlaris, saat produk sedang ramai, saat penjualan turun dan masih banyak lagi data lainnya.Dari data ini, Kalian dapat mempelajari lebih lanjut dan menyelidiki kembali kebutuhan pelanggan. Sehingga Kalian dapat meluncurkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.Data Periklanan, yang dapat Kalian peroleh dari Google Analytics dan Google Pengelola Tag. Jika Kalian belum memilikinya, Kalian dapat menginstalnya terlebih dahulu.Dengan Google analytics, Kalian dapat melihat performa website toko online Kalian, mendapatkan data seperti di mana pelanggan tinggal, pria atau wanita mana yang paling sering membeli produk dan halaman situs yang paling sering dikunjungi.Data ini dapat membantu meningkatkan strategi pemasaran bisnis dan meningkatkan kinerja situs web.
  1. Aktivitas di Jejaring Sosial

Situs web saja tidak cukup, perlu dikembangkan saluran lain untuk mendukung penjualan online, yaitu jejaring sosial.Hingga saat ini, media sosial masih menjadi platform populer untuk promosi produk. Apalagi dengan penggunaan TikTok yang sibuk saat ini, ini menawarkan peluang kemajuan yang luar biasa.Media sosial seperti langkah awal untuk menarik pelanggan. Awalnya mereka hanya untuk tujuan belajar tentang produk dan akhirnya jika mereka tertarik mereka akan mengunjungi website toko online Kalian.Jadi kamu juga harus aktif di media sosial. Salah satunya adalah membuat konten yang mendukung produk Kalian, ini juga dikenal sebagai pemasaran media sosial.Kalian juga dapat berinteraksi dengan pelanggan Kalian untuk membuat akun media sosial Kalian lebih aktif, termasuk hal-hal seperti.
  • Mencari masukan publik
  • Membalas komentar
  • Ambil Tanya Jawab
  • Tayang langsung sehingga Kalian dapat mengobrol langsung dan banyak lagi.
Selain itu, merek yang aktif di media sosial cenderung meningkatkan kepercayaan pelanggan. Berbeda jika media sosial tidak berfungsi, maka pelanggan akan menanyakan pertanyaan itu.Demikianlah pembahasan mengenai cara jualan online biar cepat laku dari saya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mencapai tujuan kalian kedepanya. Manfaatkan media sosial dengan sebaik baiknya, karena banyak hal menarik di dalamnya. Tentu pintar pintar memilih informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *