Cara Membuat Arang Aktif Secara Mudah dan Praktis
Cara membuat arang aktif - Arang aktif mrupakan suatu karbon yang mempunyai kemampuan daya serap yang baik terhadap anion, kation, dan molekul yang berbentuk dalam senyawa organik dan anorganik, baik berupa larutan maupun gas.Beberapa bahan yang mengandung banyak karbon dan terutama yang memiliki pori dapat berguna untuk membuat arang aktif.Pembuatan arang aktif biasanya melalui proses aktivasi arang dengan cara fisika atau kimia di dalam retort. Perbedaan bahan baku dan cara aktivasi dapat menyebabkan sifat dan mutu arang aktif berbeda pula. kali ini kita akan mengetahui apa itu arang aktif dan cara membuatnya serta apa bedanya dengan arang biasa. Yuk simak penjelasannya!!

Cara Membuat Arang Aktif

Proses pembuatan arang aktif dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu:
  1. Pengaktifan secara fisika: caranya yaitu dengan memanaskan bahan baku pada suhu yang cukup tinggi (600–900 °C) pada kondisi miskin udara (oksigen), kemudian pada suhu tinggi tersebut di alirkan media pengaktif seperti uap air dan CO2.
  2. Pengaktifan kimiawi: bahan baku sebelum di panaskan di campur dengan bahan kimia tertentu seperti KOH, NaOH, K2CO3 dan lain sebagainya. Biasanya pengaktifan secara kimiawi tidak membutuhkan suhu tinggi seperti pada pengaktifan secara fisis, tetapi di perlukan tahap pencucian setelah di aktifkan untuk membuang sisa-sisa bahan kimia yang di pakai.
Sekarang ini telah berlangsung pengembangan penggabungan antara metode fisika dan kimia untuk mendapatkan sekaligus kelebihan dari kedua tipe pengaktifan tersebut.Pembuatan arang ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan salah satunya kebersihan. Jika kebersihan dalam pembuatan arang ini kurang, maka hasilnya juga akan tidak bagus.

Cara Membuatnya:

cara membuat arang aktifBahan Pembuatan

Beberapa bahan yang mengandung banyak karbon seperti kayu, serbuk gergajian kayu, kulit biji, sekam padi, tempurung, gambut, bagase, batu bara, lignit dan tulang binatang dapat kita buat menjadi arang aktif.Walaupun demikian, arang ini yang biasa beredar di pasar umumnya terbuat dari tempurung kelapa, kayu dan batubara.

Alat Pembuatan

Arang yang merupakan residu dari proses peruraian panasterhadap bahan yang mengandung karbon sebagian besar komponennya adalah karbon. Proses peruraian panas ini dapat di lakukan dengan jalan memanasi bahan langsung atau tidak langsung di dalam timbunan, kiln atau tanur.Sebagian besar poripori arang ini masih tertutup oleh hidrokarbon, ter, dan komponen lain, seperti abu, air, nitrogen, dan sulfur (Puziy et al., 2003) yang menghambat keaktifannya atau daya serapnya rendah. Pengaktivasian arang ini menggunakan retort dan steam boiler.Untuk membuat briket, gunakanlah mesin briket arang agar hasilnya lebih maksimal. Untuk briket aneka bahan, gunakanlah mesin briket arang ini agar bisa mengolah berbagai macam briket.

Proses Pembuatan

  1. Buat api berukuran sedang di area aman. Api unggun merupakan cara termudah untuk membuat arang ini, tetapi Anda bisa melakukannya di perapian rumah. Api harus cukup panas untuk membakar kayu.
  2. Masukkan kayu keras berukuran kecil ke kuali logam. Apabila tidak ada kayu keras, Anda bisa menggantinya dengan bahan tanaman berserat lainnya yang cukup padat, misalnya tempurung kelapa. Masukkan kayu keras atau bahan tanaman ke dalam kuali logam, lalu pasang tutupnya.
  3. Masak kuali di api terbuka selama 3-5 jam untuk membuat arang. Ketika bahan dimasak, Anda akan melihat keluarnya asap dan gas dari lubang ventilasi tutup kuali. Hal ini akan membakar semua material pada bahan, kecuali karbon (arang) di dalamnya.
  4. Bersihkan arang dengan air kalau sudah dingin. Sekarang, arang di dalam kuali akan terus panas untuk sementara waktu. Tunggulah sampai arang mendingin. Ketika arang cukup dingin untuk disentuh, pindahkan karbon ke wadah bersih dan bilas dengan air dingin untuk menyingkirkan abu dan segala serpihan yang tersisa, kemudian buang airnya.
  5. Giling arang. Pindahkan arang yang dibersihkan ke lumpang dan pakai alu untuk menumbuknya sampai menjadi bubuk halus. Kalau tidak, masukkan arang ke kantong plastik kuat dan hancurkan menjadi bubuk dengan palu.
  6. Biarkan bubuk arang kering sepenuhnya. Jika Anda memakai kantong plastik, pindahkan bubuk ke mangkuk bersih; kalau tidak, biarkan di lumpang. Dalam waktu 24 jam, bubuk akan kering.
Untuk hasil yang lebih optimal maka anda bisa menggunakan mesin briket arang agar menghasilkan arang aktif yang sempurna. Anda juga bisa mendapatkan mesin briket arang dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.Demikianlah artikel saya yang berisi penjelasan tentang arang aktif dan juga cara membuatnya. Apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini, semoga informasi yang terdapat dalam artikel ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *