Cara Menanam Coklat Agar Berbuah Lebat Yang Perlu Anda Tahu
Cara Menanam Coklat Agar Berbuah Lebat Yang Perlu Anda Tahu- Siapa yang tidak suka coklat? Makanan manis yang sudah lama digandrungi oleh jutaan orang dari segala usia. Berbeda dengan cokelat, ternyata kakao yang menjadi bahan dasar produksinya juga menjadi primadona petani Indonesia, bahkan menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari lima negara penghasil kakao terbesar di dunia. Nilai produksi lebih dari 1.315.800 ton/tahun.

Cara Menanam Coklat

cara menanam coklat agar berbuah lebat 

1. Pilih Biji Kakao Yang Baik dan Berkualitas

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih biji kakao untuk bibit adalah memilih biji kakao yang baik, tanpa cacat dan yang terpenting berkualitas baik. Benih yang dipilih adalah yang kering dan tidak basa. Jadi saat menanam dengan biji, bijinya harus dijemur terlebih dahulu.

2. Tabur Biji Kakao

Penaburan dilakukan dengan mencampur tanah, pupuk organik dan kulit kayu atau kompos ukuran 2:1: Lalu masukkan semuanya ke dalam polybag ukuran 3/4. Setelah itu,masukkan biji kakao ke dalam lubang dan tekan tanpa meninggalkan lubang. Kemudian siram setiap 2 kali sehari sampai berumur 4-6 bulan.

3. Persiapan Tanah Lapang

Saat menanam kakao, kakao harus tumbuh kuat dan siap dilepas dari polybag, dalam hal ini tanah harus humus dan tidak tandus. Jangan sampai tanah menjadi liat dan keras saat penyiangan. Jika tanahnya tidak subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos untuk menggemburkannya. Dan akhirnya, tidak ada rumput liar di sekitarnya.

4. Tanam Biji Kakao

Saat tanaman kakao berumur empat sampai enam bulan, sudah waktunya menanam. Pilih bibit yang daunnya berwarna hijau tua dan batangnya kuat, kemudian buka polybag untuk bibit dan masukkan bibit kakao ke dalam lubang yang sudah diisi pupuk kandang. Kemudian tutup lubangnya dan cuci dengan air. Jadi kita menanam coklat yang baik dan benar, lalu kita lanjut ke langkah berikutnya yaitu menanam kakao.

Cara Merawat Tanaman Cokelat

1. Tanam Saat Musim Hujan

Cara merawat tanaman kakao yang baik adalah dengan menanamnya pada musim hujan, mengingat penanaman selesai ketika curah hujan sudah mencapai 1.100 hingga 3.000 milimeter per tahun.

2. Jangan Lupa Beri Jarak Saat Menanam

Saat merawat tanaman kakao, ingatlah bahwa selama menanam jangan pernah lupa bahwa jarak antara pohon dan pohon adalah tiga kali tiga meter, agar pertumbuhan akar tidak saling mengganggu pohon. Karena hal ini mempengaruhi perkembangan bunga.

3. Menanam Pohon Pelindung di Perkebunan Kakao

Cara merawat tanaman kakao selanjutnya adalah dengan menanam tanaman pelindung di sekitar area pohon kakao. Pasalnya, pohon kakao yang ditanam mendapat pupuk alami dari pohonnya, yaitu tanaman penutup tanah. Contoh yang bisa dipilih adalah pohon Petai. Karena batangnya tetap.

4. Rutin Memberikan Pupuk

Jika Anda ingin mendapatkan banyak buah kakao untuk perkebunan Anda, jangan lupa untuk memberikan pupuk secara teratur dan menyeluruh dari waktu ke waktu - pupuk urea dan pupuk kandang pada bulan Maret-April dan Oktober-November. Tujuannya agar tanah lebih subur dan tanaman kakao menjadi buah yang lebih lebat dan sehat alami.

5. Jangan Malas Memotong Daun dan Batang

Hal terakhir yang harus Anda lakukan saat merawat tanaman kakao adalah jangan pernah terlalu malas untuk memotong daun pohon kakao yang sangat lebat. Begitu juga dengan batangnya yang sudah terlihat tinggi dan menjulur, karena hal ini menghambat perkembangan buah yang seharusnya tumbuh di pohon tersebut. Rumput juga sering dihilangkan.

Manfaat Cokelat

cara menanam coklat agar berbuah lebat

1. Meningkatkan Mood

Khasiat coklat ini sudah tidak diragukan lagi. Cokelat dikenal bisa mengangkat semangat. Penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat dapat mengurangi hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat stres, serta merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak endorfin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

2. Kendalikan Nafsu Makan Anda

Menurut penelitian, makan coklat sebelum atau sesudah makan bisa memberikan efek yang sempurna. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil yang dapat memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, makan coklat dipercaya dapat mengontrol nafsu makan sehingga baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan flavonoid pada coklat dapat memperlancar peredaran darah dan mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. Efek ini membuat cokelat menjadi makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keefektifan cokelat dalam mencegah stroke.

4. Kelola Gula Darah

Yang tak kalah penting adalah manfaat kandungan flavonoid coklat dalam pengendalian gula darah. Oleh karena itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih cokelat yang Anda gunakan. Beberapa jenis cokelat mengandung gula dan justru bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan.

5. Mendukung Fungsi dan Kesehatan 0tak

Konsumsi cokelat juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid pada coklat yang dapat meningkatkan fokus dan daya ingat. Selain itu, kandungan epicatein pada cokelat juga dapat mengurangi risiko gangguan fungsi otak yang dapat berujung pada demensia atau usia tua.Demikian penjelasan tentang cara menanam coklat agar berbuah lebat. Anda bisa menanam dengan cara diatas. Jangan lupa gunakan mesin coklat terbaik di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *