Tips Design Logo Yang Baik Dan Efisien
Tips design logo- Logo atau yang sering kita jumpai dengan kata simbol merupakan identitas visual yang sering kita jumpai dalam berbagai situasi. Citra visual yang menggambarkan banyak hal ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan branding dan pemasaran suatu perusahaan yang biasanya dijadikan sebagai merek dan kualitas bisnis, serta kemampuan untuk menciptakan citra perusahaan bagi konsumen.Tidak hanya untuk melambangkan sebuah organisasi, logo sekarang sering digunakan untuk menggambarkan satu karakter, momen, objek, dan hal lain yang memerlukan penambahan semacam deskripsi pada objek visual.Bagi kebanyakan orang di dunia bisnis, logo ibarat cermin bagi makna, visi dan ideologi organisasi dan perusahaan yang mereka ikuti. Terlepas dari bentuknya, logo yang baik bisa menjadi simbol dan pesan saat berkomunikasi dengan pelanggan.Untuk berkomunikasi dengan baik, idealnya logo juga harus mudah dikenali, sederhana, fleksibel dan ditempatkan di berbagai ruang, media, ukuran dan latar belakang, tanpa kehilangan bentuk dan esensi dari logo itu sendiri. Logo juga harus meninggalkan kesan inspiratif dan memberikan suasana positif kepada konsumen bahkan masyarakat.Buat kalian yang sedang mencari jasa desain logo, kalian bisa langsung kunjungi web punca.idLalu, bagaimana cara membuat logo yang memenuhi kualifikasi tersebut, berikut dibawah ini adalah beberapa tips dan triknya:

Tips Design Logo

1. Ketahui Desain Logo Juga Tujuannya

Dari pembahasan singkat tentang logo di atas, secara alami dapat ditarik kesimpulan tentang maksud dan tujuan pembuatan logo tersebut. Tujuan utama dari sebuah logo adalah untuk menciptakan merek atau citra perusahaan. Sebuah logo secara tidak langsung menggambarkan kualitas keseluruhannya, namun bentuk logo itu sendiri seringkali tidak secara langsung mengatakan seperti apa keseluruhannya.Bentuk logo tidak harus mengikuti objek dan bentuk merek, misalnya contoh umum adalah bentuk produk yang manis, bukan berarti logo harus berbentuk permen. Atau, jika objeknya berupa jasa percetakan, bukan berarti logo tersebut harus bergambar kertas atau lembaran dokumen. Karena jika demikian, akan terjadi kebingungan di pasar dan di kalangan konsumen. Untuk menghindarinya, logo harus dibedakan dan semenarik mungkin.Dalam hal identitas merek, logo bisa menjadi salah satu atribut lain dari identitas visual. Oleh karena itu penting untuk diketahui bahwa membuat logo saja tidak cukup untuk menciptakan persepsi dan kesadaran merek di masyarakat.

2. Mengenali Kriteria Logo Yang Baik Dan Efektif

A. Dapat Dideskripsikan Saat membuat logo, harus dipastikan bahwa logo yang dibuat mudah untuk ditafsirkan, terutama dari sudut pandang konsumen. Logo harus deskriptif dan mampu menyampaikan esensi merek dan perusahaan serta mewakili apa yang ingin Anda sampaikan dan komunikasikan.Pilihan lainnya adalah, jika Anda menemukan merek yang mudah diingat, jadikan itu sebagai kesempatan untuk mewujudkannya sebagai logo.B. Sederhana Juga Mudah Untuk Di IngatBuat logo yang menarik dan mudah diingat. Logo yang sederhana selain dapat menimbulkan ketertarikan konsumen juga memberikan tempat dan kesan yang baik bagi setiap orang yang melihatnya.Berbeda dengan logo yang terlihat abstrak dan sulit diingat, orang seringkali dengan mudah melupakan entitas merek yang diwakili oleh gambar abstrak yang rumit karena sulit untuk ditafsirkan dan dikaitkan dengan kesan dan identitas merek. Anda juga harus bisa memprediksi apakah semua orang akan menyukai logo yang Anda buat.C. Original Orisinalitas logo adalah salah satu aspek terpenting dari desain logo sehingga orang lain tidak akan mengingat logo Anda ketika mereka melihat produk selain milik Anda dan merek Anda.Apa yang Anda ingat saat melihat tanda centang? Merek fashion olahraga terkenal Nike langsung terlintas di benak. Atau ketika Anda melihat gambar apel yang digigit? Anda sudah bisa menebak bahwa logo itu milik Apple Inc. Jika kemudian Anda menyadari bahwa logo apel yang digigit itu milik orang lain, Anda akan menandai logo tersebut sebagai plagiarisme dan karya tidak orisinal.

3. Tentukan Jenis Logo

Seorang desainer harus dapat memahami beberapa hal dasar tentang merek dan perusahaan serta beberapa hal dasar yang mewakilinya. Ada banyak jenis logo yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *