Resep Opor Ayam Spesial
resep opor ayam spesial - Siapa yang tidak kenal dengan sajian legendaris ini? Dalam kuahnya yang enak, resep Opor Ayam Kuning ini. Namun jika berbicara tentang opor ayam, hampir semua orang setuju bahwa rahasia kenikmatannya terletak pada komposisi bumbu opor ayam yang pas, yaitu perpaduan bumbu halus dan bumbu yang membuat opor ayam raja pedas.Selain menu rumahan sehari-hari, opor ayam biasa disajikan sebagai lauk utama dan bersama lauk lainnya dalam menu one dish Indonesia. Di DKI Jakarta, misalnya, opor ayam menjadi lauk longong atau ketupat sayur. Pendampingnya adalah telur orak-arik, atau telur orak-arik, dan disajikan dengan kerupuk bawang dan saus kacang atau cabai.Sementara itu, di daerah Jawa Tengah seperti Yogyakarta, opor ayam dikenal sebagai pendamping nasi hangat, termasuk sambal krecek. Berbeda dengan di daerah Solo, opor ayam menjadi lauk utama nasi liwet yang juga disajikan dengan labu siam goreng dan telur rebus.Dengan demikian, jelaslah bahwa opor ayam tidak hanya menjadi lauk sehari-hari masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu ciri khas dari rangkaian hidangan satu hidangan Indonesia. Ada tiga versi opor ayam yang populer di Indonesia yaitu opor ayam putih, opor ayam kuning dan juga opor ayam merah.Bagi yang suka pedas bisa menjadikan Opor Ayam Merah sebagai makanan favoritnya, karena warna cabai merahnya menunjukkan rasa pedas dari kuah Opor tersebut.

Resep Opor Ayam Spesial

Resep Opor Ayam Spesial

1. Bumbu Opor Ayam Mudah

Bahan yang digunakan:
  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1 kelapa parut
  3. 3 lembar daun salam
  4. 4-5 lembar daun jeruk
  5. 2 batang serai (potong, geprek)
  6. baca juga : Cara Membuat Gulai Ayam yang enak dan Berkualitas
Rempah-rempah yang dihaluskan:
  • 1 kepala kemiri
  • 6-7 paprika
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 6-7 siung bawang putih
  • 1 sendok makan jintan
  • 1/2 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • bumbui dengan garam)
Cara Pembuatan:
  1. Saring santan, parut menjadi 3 wadah. Misalnya peras santan pertama (kental) ke wadah pertama, santan kedua ke wadah kedua, dan santan ketiga ke wadah ketiga.
  2. Nyalakan api, masukkan santan ketiga ke dalam panci, lalu tambahkan bumbu halus. Masukkan potongan ayam, aduk hingga merata
  3. Setelah santan sudah mendidih dan agak menyusut, tambahkan santan lagi, aduk dan tunggu hingga ayam agak empuk dan santan agak menyusut. Terakhir, ketika santan sudah agak menyusut, masukkan air kelapa pertama.
  4. Tes rasa, jika kurang asin tambahkan lagi garamnya. Tunggu hingga ayam matang dan air menyusut sedikit.
  5. Opor Ayam Sederhana siap dihidangkan

2. Tips memasak Ayam Kelapa Kuning

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasak masakan yang biasanya ditemui hampir sepanjang waktu dari Ramadhan hingga Idul Fitri ini. Mulai dari pengolahan daging ayam hingga bumbu ayam kuning hingga sop opori ayam kelapa kuning yang enak.
  • Ada dua versi pengolahan ayam. Yaitu, ayam kampung direbus beberapa saat untuk menghilangkan rasa ayam kampung yang kuat, atau langsung dikukus dengan bumbu. Jika Anda mendapatkan ayam kampung yang besar atau tua, sebaiknya dimasak dalam air mendidih selama 10 menit terlebih dahulu. Kemudian ayam santan kuning siap untuk latihan.
  • Cuci bersih daging ayam hingga bagian perut untuk menghilangkan bau anyir ayam kampung. Olesi dengan jeruk nipis untuk menutupi rasa dan memberikan rasa daging yang lebih segar.
  • Rempah-rempah juga menjadi kunci kelezatan opor ayam kuning sederhana ini. Gunakan bumbu dasar kuning dengan tambahan daun jeruk, ketumbar, lengkuas dan lengkuas untuk mendapatkan rasa santan yang kental.
  • Aduk sesekali setelah menambahkan santan agar santan tidak pecah. Masak dengan api sedang-tinggi agar air tidak terserap hingga ayam matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *