Cara Mengolah Porang Menjadi Beras Shirataki Untuk Diet
Cara Mengolah Porang Menjadi Beras Shirataki - Cara membuat porang menjadi nasi diet - Ada banyak cara untuk membuat porang menjadi menu yang berbeda. Akar pohang bisa menjadi alternatif makanan pokok karena kandungan porang kaya serat, baik untuk pencernaan dan bisa membuat kenyang.Tekstur dari olahan umbi porang ini bisa menjadi bahan utama dalam mengolah makanan khas Indonesia hingga masakan khas Jepang. Namun Anda perlu memastikan bahwa Anda menangani buah porang dengan benar. Karena jika pengolahan ubi jalar tidak tepat akan menyebabkan lidah gatal.

Cara Mengolah Porang Menjadi Beras Shirataki

Cara Mengolah Porang Menjadi Beras ShiratakiSaat ini pengolahan porang menjadi makanan sudah menjadi hal yang mudah, karena banyak sekali jenis mesin yang mengolah porang menjadi tepung atau makanan lainnya.Salah satunya adalah mesin perajang porang dan mesin pencuci porang, keduanya merupakan mesin yang berguna untuk mengolah porang atau akar porang menjadi makanan.Cara membuat Beras shirataki :
  • Cuci pulau yang dipanen dengan air sampai bersih dari tanah.
  • Selanjutnya, gunakan pisau untuk membalik irisan menjadi tipis.
  • Tempatkan di nampan berlubang atau air.
  • Lalu putar irisan hingga kadar air mencapai ±12%. Jika Anda mengeringkan dengan panas matahari akan memakan waktu sekitar 3-4 hari, jika Anda menggunakan tumble dryer/pengering hanya akan memakan waktu sekitar 2,5 jam pada suhu 80°C. Hasil ini sering disebut sebagai "chips" atau chip pulau-pulau.
  • Bawa serutan ke gilingan untuk dijadikan tepung dan pisahkan mannaan dari tepungnya. Anda dapat memisahkan mannan dan tepung dengan 2 cara, baik menggunakan saringan 35 mesh atau menggunakan blower.
  • Mannan belah harus segera ditangani atau disimpan agar tidak mengurangi lengket.
  • Untuk membuat nasi shirrataki, larutkan manam dengan air dengan perbandingan 3 gram manam dan 100 cc air, lalu aduk manam selama 2 jam.
  • Tambahkan garam kalsium sebagai penguat selama pengadukan.
  • Lalu celupkan shirataki yang tercetak di atas nasi ke dalam larutan kalsium (pemutih).
  • Simpan shirataki di dalam kulkas karena tidak tahan lama.
  • Jika ingin makan, Shirataki harus direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit.

Manfaat Mengkonsumsi Porang

Selain manfaat dalam bidang industri, pohon porang juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan kandungan glukomanan yang tinggi, Porang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, mengobati diabetes, mengontrol berat badan, dan dapat digunakan sebagai prebiotik.Ikan porang memiliki kualitas yang tinggi karena kandungan air yang terkandung di dalam tanaman porang. Semakin rendah kadar air seseorang, semakin tinggi kualitas harganya.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 22 orang dengan penyakit glukosa atau hiperglikemia tipe 2, penambahan glucomannan conyaku pada orang dengan penyakit glukosa secara signifikan mempengaruhi kadar kolesterol jahat (LDL) pasien dan volume darah total.Dalam penelitian tersebut, kasus dilengkapi dengan 3,6 gram glukomanan pada siang hari. Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam darah pasien, maka ancaman penyempitan pembuluh darah seperti penyakit jantung dan stroke juga berkurang.Hasil percobaan juga diamati pada uji glukomanan konyaku porang pada tikus laboratorium. Tikus laboratorium yang mengonsumsi makanan tinggi serat, bubuk porang, juga memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

2. Menurunkan Situasi Gula Darah

Sebuah studi tahun 2001 menemukan bahwa glukomanan sangat membantu dalam mengurangi risiko gula darah tinggi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin. Glukomanan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi di usus kecil.Hasil dari penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kaya serat yang mirip dengan porang pada tikus dapat mencegahnya membentuk plak di pembuluh darah karena menyimpan kolesterol. Selain itu, kadar gula darah pasien penelitian secara bertahap menurun setelah sarapan biasa dengan biskuit glukomanan. Hasilnya, gula darah lebih terkontrol.

3. Mencegah Kanker

Studi mencatat bahwa manfaat botani porang bubuk konyaku dapat membantu mencegah pasien kanker paru-paru. Selain menghambat pertumbuhan kanker porang, juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Selain itu, penelitian juga menunjukkan manfaat glukomanan konyaku dalam menurunkan derajat keganasan tumor dan kanker. Cara mengolah porang menjadi beras shirataki saat ini sudah menjadi hal yang mudah, karena banyak mesin untuk mengolahnya maupun membuatnya.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *