Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Awet dan Segar
Cara menyimpan sayuran di kulkas - Saat kita membeli makanan mentah seperti sayuran, pasti banyak orang yang memilih untuk menyimpannya di dalam kulkas. Tentu saja, alasan yang paling penting adalah tahan lama dan dapat digunakan untuk waktu yang lama. Namun, tahukah Anda bahwa menyimpan sayuran terlalu lama di dalam lemari es dapat menyebabkan sayuran menjadi busuk dan busuk?Perlu diketahui bahwa sayuran memiliki kandungan air yang sangat tinggi, hingga 90%. Dengan kandungan air yang tinggi tersebut, sayur akan mudah busuk jika disimpan terlalu lama, bahkan di dalam lemari es. Cara menyimpan sayuran di lemari es. Pada dasarnya, ada cara agar sayuran tetap segar dalam waktu lama di dalam kulkas.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

1. Selalu Jaga Tingkat Kelembapan Sayur

Pada penjelasan sebelumnya dikatakan bahwa sayuran mengandung 90% air. Ada di kandungan air yang harus dijaga. Dengan cara ini, sayuran bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak cepat busuk.Selain itu, selalu usahakan agar sayuran tetap dingin di lemari es. Caranya adalah dengan memasukkan sayuran ke dalam wadah plastik dan melubangi sisi-sisinya. Lalu masukkan ke dalam kulkas.

2. Selalu Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum di Simpan

Saat membeli sayuran, sebaiknya segera cuci setiap bagiannya dengan air mengalir. Lebih baik jika sayuran dicuci dengan sabun antibakteri. Hal ini dilakukan agar bakteri yang ada pada sayuran cepat mati.Perlu Anda ketahui bahwa bakteri merupakan salah satu faktor penyebab sayuran cepat busuk. Setelah mencuci sayuran, keringkan dengan handuk dapur dan masukkan ke dalam lemari es. Anda juga bisa menggunakan mesin vacuum sealer agar sayuran anda lebih awet, anda bisa mendapatkan mesin ini dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

3. Buah dan Sayuran Harus di Pisahkan

Bagi yang sering membeli sayur dan buah sekaligus, sebaiknya pisahkan keduanya setelah didinginkan. Ini karena buah menghasilkan etilen, yang menyebabkan makanan lain cepat matang. Dalam hal ini, sayur akan cepat busuk bila dicampur dengan buah karena adanya etilen.Jadi selalu pisahkan sayur dan buah saat didinginkan. Jika perlu, gunakan jenis plastik yang berbeda saat meletakkan buah dan sayuran agar tidak saling bersentuhan di dalam lemari es.

4. Selalu Sortir Sayuran Terlebih Dahulu

Cara menyimpan sayuran di kulkas selanjutnya adalah dengan menyortirnya terlebih dahulu. Ini juga berlaku untuk sayuran dari supermarket. Terkadang Anda bisa menemukan bagian sayuran yang berwarna kuning dan coklat. Ini adalah saat Anda perlu memeriksa sayuran sebelum membelinya.cara menyimpan sayuran di kulkasJika Anda membeli sayuran yang sedikit "cacat", lepaskan bagian ini agar luka tidak menyebar ke bagian lain. Selain itu, akar sayuran juga harus dipotong karena terdapat bakteri yang merusak sayuran.

5. Periksa Kondisi Sayuran Secara Berkala

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat menyimpan sayuran di lemari es adalah selalu mengecek kondisinya. Pada penjelasan sebelumnya juga telah disebutkan bahwa sayuran tidak boleh disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Pada umumnya sayuran hanya bisa disimpan selama tiga hari di lemari es untuk menjaga kualitasnya.Bahkan jika Anda ingin menyimpan sayuran lebih dari tiga hari, sebaiknya periksa suhu lemari es secara rutin. Jangan lupa membuang daun yang sudah menguning agar tumbuh di bagian yang masih layak untuk dikonsumsi.

6. Selalu Periksa Suhu Kulkas

Cara lain agar sayuran tetap segar dalam waktu lama di dalam kulkas adalah dengan selalu mengecek suhu kulkas. Bagian ini sangat diperlukan karena suhu yang tepat untuk menyimpan sayuran adalah antara 1 sampai 4 derajat Celcius.Jika suhu jauh lebih tinggi, bakteri akan mudah berkembang biak dan menyebabkan sayuran berbau sangat tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya periksa suhu kulkas secara rutin untuk menjaga kualitas sayuran.

7. Simpanlah Sayuran dalam Bentuk Utuh

Terakhir, menyimpan sayuran utuh juga bisa membuatnya tetap segar di lemari es. Jika ingin dipotong terlebih dahulu, sayuran bisa lebih cepat membusuk. Kalaupun ada bagian yang perlu dipotong, sebaiknya dipotong akarnya saja sebelum disimpan di lemari es.Juga, singkirkan sayuran yang menguning atau membusuk. Dengan begitu, bagian lain yang masih segar masih bisa dimakan.Berikut cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar dalam waktu yang lama. Setelah mengetahui tips di atas, semoga kualitas sayuran di kulkas Anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *